Mencicipi Kopi Klotok Cisarua

Siapa yang pernah coba kopi klotok?

Kopi klotok adalah salah satu sajian kopi tradisional yang dimana pembuatannya dilakukan dengan cara merebus air bersama bubuk kopi dan dimasak diatas panci bertungku arang. Kopi klotok ini menjadi kuliner unik khas Jogja yang cukup terkenal. Hingga setiap harinya warung kopi ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Awal tahun ini, kopi klotok akhirnya membuka cabang baru di kota lain, yaitu di Cisarua Bogor. Setelah berwisata ke Telaga Saat Puncak, aku menyempatkan waktu untuk singgah sejenak di warung kopi klotok ini. Ekpetasi ku beraneka ragam terhadap warung kopi ini, karena nyatanya aku sudah sering datang ke tempat aslinya.

Alamat Warung Kopi Klotok Cisarua

Warung Kopi Klotok Cisarua ini berada di Jl.Raya Puncak Km 7.9 No 25, Kopo, Cisarua, Bogor.

Bangunan Warung Kopi Klotok Cisarua

Jika dilihat dari luar, bangunan warung ini berupa Rumah Joglo, rumah tradisional Yogyakarta yang terbuat dari kayu jati dengan pilar-pilar kayu penyangganya. Nuansa kental khas Yogya begitu terasa ketika pertama kali masuk kedalamnya. Konsepnya dibuat sama persis dengan aslinya dengan didominasi perabotan kayu pada meja dan kursinya.

Baca juga: Jembarati, Hidden Resto in Yogya

Konsep Dapur dan Pemesanan Warung Kopi Klotok Cisarua

Konsep dapurnya dibuat sama, yaitu konsep dapur terbuka yang dibagi menjadi 2 bagian sebagai dapur makanan dan minuman. Untuk makanannya dibuat dengan sistem prasmanan, sehingga kita bisa bebas mengambil sesuka kita untuk nasi, lauk pauk dan sayurnya. Sedangkan untuk minumannya kita hanya tinggal menyebutkan pesanan kita langsung, dan diberi nomer meja. Lalu setelah semua dipesan, kita bisa membayarnya ke kasir yang letaknya berdekatan.

Ciri khas lainnya yang tetap dibawa adalah perabotan makan yang tradisional, seperti baskom enamel dengan motif loreng hijau khas tempo dulu, centong sayur yang terbuat dari kayu dan batok kelapa, serta cobek batu sebagai wadah sambal.

Area Warung Kopi Klotok Cisarua

Warung kopi klotok cisarua ini bisa dikatakan cukup luas. Areanya terbagi menjadi 2, yaitu ada area indoor dan outdoor. Pada bagian indoornya sengaja dibuat redup, dimana cahaya utamanya berasal dari lampu tradisional yang berada ditengah. Di bagian ini terdapat beberapa meja dan kursinya yang lumayan banyak.

Sedangkan pada bagian outdoor, tersedia juga beberapa gazebo yang letaknya berada disamping bangunan utama, malah pengunjung juga bisa makan secara lesehan di atas tikar yang digelar. Jadi ga perlu khawatir akan kehabisan tempat.

Area Kopi Klotok Cisarua - jastitahn.com

Menikmati Hidangan Warung Kopi Klotok Cisarua

Menu andalan di warung ini adalah beberapa jenis sayur lodeh khas Jawa yang manis dan gurih. Jadi sudah pasti aku mengambil menu itu dan juga dilengkapi dengan telur krispi dan ikan peda. Yang pastinya ga ketinggalan juga, aku memesan kopi klotok dan pisang goreng yang terkenal enaknya.

Untuk rasa lodehnya sendiri sepertinya tidak ada yang salah. Manisnya masih oke di lidahku karena bercampur dengan rasa gurih dari santannya. Telur krispinya pun terasa enak dan renyah. Cuma kayanya kurang besar deeh! Haha dan mungkin bisa dikasih topping an kali yaaa, agar lebih nikmat.

Nah kalau pisang gorengnya terbuat dari pisang kepok yang masih segar dan manis. Jadi ini tetap juara sih pisang gorengnya sama kaya yang di tempat aslinya. Ohya selain itu aku coba pesan tempe mendoan juga, kiran bakal biasa aja taunya malah kuranggg mau nambah lagi alias emang rasanya juga enak!

Warung Kopi Klotok Cisarua

Baca juga: Kopi Kawa Daun, Kopi Khas Sumatera Barat

Penutup

Waah over all rasa warung kopi klotok cisarua ini sama persis dengan yang di tempat aslinya. Hanya saja, harganya yang jauh berbeda sekali. Hiksss… mungkin karena letaknya juga jauh di Bogor yaa. Ngeboyongnya juga susah soalnya xixie!

Eittss tapi warung kopi klotok Cisarua ini bisa menjadi pilihan yang bagus buat yang sedang berkunjung ke kawasan Puncak. Atau buat warga Jabodetabek dan sekitarnya yang kangen sama kopi klotok ataupun ingin mencicipinya, ga perlu jauh jauh ke Jogja. Karena bisa dateng ke cabang Cisarua hihi

Gimana menurut kamu? Apakah kamu juga tertarik untuk berkunjung? Selamat berkuliner~

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: