Mencicipi Kopi Klotok Cisarua

Siapa yang pernah coba kopi klotok?

Kopi klotok adalah salah satu sajian kopi tradisional yang dimana pembuatannya dilakukan dengan cara merebus air bersama bubuk kopi dan dimasak diatas panci bertungku arang. Kopi klotok ini menjadi kuliner unik khas Jogja yang cukup terkenal. Hingga setiap harinya warung kopi ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Awal tahun ini, kopi klotok akhirnya membuka cabang baru di kota lain, yaitu di Cisarua Bogor. Setelah berwisata ke Telaga Saat Puncak, aku menyempatkan waktu untuk singgah sejenak di warung kopi klotok ini. Ekpetasi ku beraneka ragam terhadap warung kopi ini, karena nyatanya aku sudah sering datang ke tempat aslinya.

Alamat Warung Kopi Klotok Cisarua

Warung Kopi Klotok Cisarua ini berada di Jl.Raya Puncak Km 7.9 No 25, Kopo, Cisarua, Bogor.

Bangunan Warung Kopi Klotok Cisarua

Jika dilihat dari luar, bangunan warung ini berupa Rumah Joglo, rumah tradisional Yogyakarta yang terbuat dari kayu jati dengan pilar-pilar kayu penyangganya. Nuansa kental khas Yogya begitu terasa ketika pertama kali masuk kedalamnya. Konsepnya dibuat sama persis dengan aslinya dengan didominasi perabotan kayu pada meja dan kursinya.

Baca juga: Jembarati, Hidden Resto in Yogya

Konsep Dapur dan Pemesanan Warung Kopi Klotok Cisarua

Konsep dapurnya dibuat sama, yaitu konsep dapur terbuka yang dibagi menjadi 2 bagian sebagai dapur makanan dan minuman. Untuk makanannya dibuat dengan sistem prasmanan, sehingga kita bisa bebas mengambil sesuka kita untuk nasi, lauk pauk dan sayurnya. Sedangkan untuk minumannya kita hanya tinggal menyebutkan pesanan kita langsung, dan diberi nomer meja. Lalu setelah semua dipesan, kita bisa membayarnya ke kasir yang letaknya berdekatan.

Ciri khas lainnya yang tetap dibawa adalah perabotan makan yang tradisional, seperti baskom enamel dengan motif loreng hijau khas tempo dulu, centong sayur yang terbuat dari kayu dan batok kelapa, serta cobek batu sebagai wadah sambal.

Area Warung Kopi Klotok Cisarua

Warung kopi klotok cisarua ini bisa dikatakan cukup luas. Areanya terbagi menjadi 2, yaitu ada area indoor dan outdoor. Pada bagian indoornya sengaja dibuat redup, dimana cahaya utamanya berasal dari lampu tradisional yang berada ditengah. Di bagian ini terdapat beberapa meja dan kursinya yang lumayan banyak.

Sedangkan pada bagian outdoor, tersedia juga beberapa gazebo yang letaknya berada disamping bangunan utama, malah pengunjung juga bisa makan secara lesehan di atas tikar yang digelar. Jadi ga perlu khawatir akan kehabisan tempat.

Area Kopi Klotok Cisarua - jastitahn.com

Menikmati Hidangan Warung Kopi Klotok Cisarua

Menu andalan di warung ini adalah beberapa jenis sayur lodeh khas Jawa yang manis dan gurih. Jadi sudah pasti aku mengambil menu itu dan juga dilengkapi dengan telur krispi dan ikan peda. Yang pastinya ga ketinggalan juga, aku memesan kopi klotok dan pisang goreng yang terkenal enaknya.

Untuk rasa lodehnya sendiri sepertinya tidak ada yang salah. Manisnya masih oke di lidahku karena bercampur dengan rasa gurih dari santannya. Telur krispinya pun terasa enak dan renyah. Cuma kayanya kurang besar deeh! Haha dan mungkin bisa dikasih topping an kali yaaa, agar lebih nikmat.

Nah kalau pisang gorengnya terbuat dari pisang kepok yang masih segar dan manis. Jadi ini tetap juara sih pisang gorengnya sama kaya yang di tempat aslinya. Ohya selain itu aku coba pesan tempe mendoan juga, kiran bakal biasa aja taunya malah kuranggg mau nambah lagi alias emang rasanya juga enak!

Warung Kopi Klotok Cisarua

Baca juga: Kopi Kawa Daun, Kopi Khas Sumatera Barat

Penutup

Waah over all rasa warung kopi klotok cisarua ini sama persis dengan yang di tempat aslinya. Hanya saja, harganya yang jauh berbeda sekali. Hiksss… mungkin karena letaknya juga jauh di Bogor yaa. Ngeboyongnya juga susah soalnya xixie!

Eittss tapi warung kopi klotok Cisarua ini bisa menjadi pilihan yang bagus buat yang sedang berkunjung ke kawasan Puncak. Atau buat warga Jabodetabek dan sekitarnya yang kangen sama kopi klotok ataupun ingin mencicipinya, ga perlu jauh jauh ke Jogja. Karena bisa dateng ke cabang Cisarua hihi

Gimana menurut kamu? Apakah kamu juga tertarik untuk berkunjung? Selamat berkuliner~

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Menghirup Udara Segar di Telaga Saat Puncak

Puncak Bogor terkenal dengan udaranya yang dingin dan sejuk. Letaknya yang berada di ketinggian dengan jalanan berkelok-kelok dilengkapi oleh hamparan kebun teh yang luas menjadikan perjalanan ke puncak terasa menyenangkan. Banyak orang berkunjung kesini hanya karena menyukai perjalanannya ataupun untuk sekedar makan jagung bakar dan indomie rebus. Siapa nih yang sering melakukan hal seperti ini? 😀

Belakangan ini, banyak tempat wisata ataupun resto yang dibangun di sepanjang jalan menuju Puncak. Hal inilah yang membuat Puncak semakin ramai dikunjungi, entah dari pagi hingga malam hari. Salah satu tempat wisata di Puncak yang baru saja dilakukan renovasi adalah Telaga Saat.

Telaga Saat adalah sebuah telaga yang dikelilingi hamparan kebuh teh dan bukit-bukit yang indah. Berdasarkan tulisan yang ada di lokasi, Telaga Saat ini merupakan titik 0 KM dari sungai ciliwung dan merupakan danau tertinggi di Bogor. Pemandangan disini sungguh indah ditambah udara yang sejuk dan suasana yang teduh.

Telaga Saat Puncak
Telaga Saat Puncak

Alamat Telaga Saat Puncak

Telaga Saat akan kita lewati ketika kita melakukan perjalanan ke Puncak, tepatnya di Cibulao, RT.02/RW.06, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750.

Tiket Masuk Telaga Saat Puncak

Tiket masuk Telaga Saat Puncak sendiri cukup murah, yaitu Rp 10.000/ orang. Namun karena kawasan ini sudah dikelola oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga untuk memasuki wilayah ini akan diminta biaya retribusi sebesar Rp 25.000.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Telaga Saat Puncak

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Telaga Saat Puncak ini loh! Dari mulai hunting foto, naik perahu, hingga berkeliling telaga. Waah seru banget! Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama disini.

1. Naik Perahu

Kamu bisa mengelilingi telaga dengan menaiki perahu. Kamu bisa menyaksikan pemandangan gunung, hutan hijau dan kebun teh dari tengah telaga secara leluasa. Kalau tidak salah harga untuk sewa perahunya, yaitu Rp 100.000 untuk kapasitas 6 orang.

2. Berkeliling ke Hamparan Kebun Teh

Kamu bisa bebas mengelilingi hamparan kebun teh yang luas. Bebas berfoto ria bersama pasangan ataupun keluargamu untuk mengabadikan momen berharga.

3. Fun Offroad

Jika mau mencari suasana yang lebih seru, kamu bisa menyewa jeep untuk offroad keliling telaga. Rute yang dilaluinya akan melewati hamparan perkebunan teh Ciliwung, melintasi perkampungan asri para pekerja teh dan tentunya bisa jalan-jalan santai dan berfoto-foto sampai puas.

Baca juga: Lava Tour Merapi, Yogyakarta

4. Hunting Sunset

Telaga Saat menjadi spot yang bagus untuk kamu yang ingin berburu Sunset loh! Kamu cukup bersantai ria di pinggiran telaga ataupun gazebo untuk menunggu momen matahari terbenam di kala senja hari untuk menutup hari.

5. Foto Pre-Wedding

Telaga Saat memang cocok untuk menjadi spot foto pre-wedding yang berkonsep alam. Namun untuk melakukan sesi ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 700ribu – Rp 1 juta.

6. Aneka Jajanan

Banyak warung-warung kecil yang ada disini. Jadi kalau kamu laper, kamu ga perlu khawatir karena kamu bisa menikmati jajanan yang ada, dari mulai telur gulung, bakso, hingga nasi ayam!

Galeri

Penutup

Waaah seru sekali bukan berkujung ke Telaga Saat ini? Rehat sejenak dari hiruk pikuk ibu kota dengan menghirup udara segar dan pemandangan alam memang jadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Selain itu, kini fasilitas yang ada di Telaga Saat pun sudah lengkap dan cukup terawat, seperti musholah dan toilet. Tertarikkah kamu berkunjung kesini? Yuk ajak keluargamu untuk berwisata ke alam! Selamat berlibur yaa~

Cheers,

Jastitahn