Staycation Impian Dengan Booking Hotel di Traveloka

Istilah staycation kini sedang ngetrend di masyarakat. Begitu banyak ulasan ataupun konten melalui siaran tv ataupun sosial media tentang tips staycation yang aman, rekomendasi hotel untuk staycation, staycation dengan tempat unik, dan sebagainya. Tapi sebenarnya apa sih pengertian dari staycation itu?

Staycation terdiri dari penggabungan dua kata, yaitu stay yang artinya menetap dan –cation berasal dari kata vacation yang artinya liburan. Dua kata ini seakan diterjemahkan secara bebas oleh masyarakat. Menurut Oxford Dictionary, staycation memiliki arti sebagai liburan yang dihabiskan atau didekat rumah. Sedangkan menurut beberapa sumber, staycation diartikan sebagai liburan yang dilakukan dengan cara menetap di suatu tempat (misalnya hotel atau villa).

Belakangan ini banyak sekali konten reels ataupun fyp dari Tiktok maupun Instagram tentang rekomendasi staycation yang nyaman, unik dan kekinian. Ngescroll sedikit ada konten hotel dengan view city light di Jakarta, ngescroll lagi muncul lagi hotel di tengah hutan, ngescroll terus ada hotel privat dengan jacuzzi dan lain sebagainya. Sebagai seorang yang menyukai traveling, tentunya konten-konten yang sedang trend ini membuat hati berkata “ih pengen coba nginep disini deh!”. Ga hanya sekali dua kali, tapi berkali-kali 😀 Ada beberapa hotel yang aku jadikan sebagai wishlist untuk aku datangi suatu saat. Yaa, mungkin buat honeymoon bersama #TemanHidup nanti :D. Salah satu hotel tersebut berada di kota kesayanganku yaitu, Bandung.

Kenapa Bandung jadi kota kesayangan?

Bandung adalah kota yang selalu aku singgahi setiap tahunnya. Atau bahkan bisa kemungkinan dua tiga bulan sekali. Ngapain ya? Iyaa, karena keluarga Ayah dan Ibuku hampir semua berada di Bandung. Tapi ya setiap kali ke Bandung, aku jarang sekali mengexplore kotanya. Padahal saat ini kayanya Bandung jadi kota liburan favorit warga Jabodetabek deh! xixie apalagi banyak kuliner Bandung yang lezat yang menjadi incaran para pengunjung ketika datang ke kota ini.

Berdasarkan pengamatanku, setiap kali aku datang ke Bandung banyak sekali mobil dengan plat B yang memenuhi area parkiran restaurant, mall, public space ataupun yaa dijalanan di Bandung. Hal ini dikarenakan jarak antara Jakarta – Bandung dapat ditempuh dengan cepat melalui jalan bebas hambatan. Cuma 3 jam aja sampe! Apalagi sekarang sudah semakin banyak travel agent yang menyediakan transportasi dengan harga murah untuk bisa dengan mudahnya mengantarkan kita ke kota ini. Tinggal pesan melalui Traveloka melalui fitur bus dan shuttle, bayar dan berangkat!

Bandung juga memiliki banyak destinasi wisata yang ga kalah bagusnya dengan kota-kota lain, dari mulai wisata sejarah, art gallery, kebun binatang, wisata hutan pinus, pasar terapung, bangunan dengan nuansa eropa dan lainnya. Cukup lengkap!

Selain itu banyak penginapan yang unik dan instagram-able yang sangat menarik hati. Aku sudah menandai beberapa hotel impianku untuk staycation di Bandung, salah satunya adalah Blackbird Hotel yang berlokasi di Jalan Terusan Sersan Bajuri No. 9, Cihideung, Kabupaten Bandung Barat.

Tentang Blackbird Hotel Bandung

Blackbird Hotel adalah hotel yang merupakan bagian dari Maja Family, sebuah grup bisnis di bidang hospitality industry yang terkenal dengan konsep hotel maupun restoran yang bertema modern vintage. Tidak seperti hotel pada umumnya yang menjulang tinggi keatas, hotel ini hanya memiliki 3 lantai, yaitu lantai dasar, lantai satu, dan dua. Hotel ini terinspirasi dari lagunya The Beatles, Blackbird. Lagu yang susunannya sederhana namun di dalamnya ada progresi akord yang unik. Jika diibaratkan kedalam metafora desain, hotel ini dibangun dengan konsep yang sederhana, lebih alami tetapi didalamnya ada banyak progresi yang secara ruang, sirkulasi dan bentuk yang dapat dilihat pada lapisan desainnya. Meskipun minimalis, Blackbird tidak hanya tentang tempat, tetapi juga tentang bagaimana tamu dan pengunjung dapat mengisi dan menggunakan ruang yang ada dan menciptakan kenangan baik.

Kalau dilihat dari depan, bangunan lobby nya pun tampak sangat minimalis. Namun ketika pengunjung diantarkan ke kamarnya, ternyata baru terlihat bahwa dalamnya pun luas. Hotel ini berdiri di tengah lanskap alam Cihideung, namun keberadaannya tidak mengganggu lingkungan sekitarnya.

Tipe Kamar Blackbird Hotel Bandung

Hotel ini memiliki berbagai tipe kamar dari mulai medium, large, extra large, studio, drum dan resident. Masing-masing tipe memiliki keunikannya sendiri yang memberikan pengalaman menginap bagi para tamu dalam suasana tenang dan damai. Namun dari banyaknya tipe yang ada, ada satu tipe kamar yang menarik hatiku, yaitu kamar 360 derajat yang berbentuk drum raksasa. Nama tipe kamar ini adalah The Drum Room. Tipe ini memiliki tinggi 32 meter dan terdiri dari dua lantai, dimana lantai pertama sebagai tempat tidur dan penyimpanan, sedangkan lantai kedua adalah kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub.

Bedroom-Blackbird Hotel Bandung | Traveloka
Bedroom-Blackbird Hotel Bandung | Traveloka

Keseluruhan bangunan drum ini dilapisi dengan material kayu. Di sekelilingnya terdapat beberapa ventilasi sebagai tempat pertukaan udara agar kamar tetap sejuk. Pada bagian atas juga ada atap semi outdoor yang tebuat dari kaca. Jadi bisa melihat langit yang cerah, sunset di sore hari ataupun gemerlap bintang sambil berendam air hangat. Waah ngebayanginnya aja udah seru banget!

Bathroom-Blackbird Hotel Bandung | Traveloka
Bathroom-Blackbird Hotel Bandung | Traveloka

Untuk desain kamarnya sendiri bergaya minimalis dan industrial. Kamar mandinya pun didesain dengan modern kekinian yang diperhatikan setiap detailnya. Kalau dilihat melalui aplikasi Traveloka, kamar mandi nya juga dilengkapi dengan water heater dan toiletries yang lengkap.

Baca juga: Daun Lebar Villas, Amazing Villa To Stay in Ubud, Bali

Fasilitas Blackbird Hotel Bandung

Fasilitas lainnya di hotel ini adalah adanya restaurant, playground dan kolam renang yang bangunannya pun di desain secara modern.

Restaurant

Blackbird Hotel memiliki kafe bernama Sea Como Sea yang dibuka untuk umum tanpa harus menginap. Kafe ini juga digunakan untuk breakfast para tamu yang menginap. Terlihat jelas bahwa restaurant ini memiliki estetika interior yang menarik. Konsep desain yang open space tampak menyatu sempurna dengan alam. Menu masakannya pun beragam dari mulai lokal hingga western food.

Playground

Tepat disamping lobby hotel, terdapat arena bermain untuk anak-anak. Sehingga anak-anak bisa melakukan permainan anak seperti perosotan, ayunan, bola basket sambil menunggu proses checkin berlangsung.

Kolam Renang

Hotel ini memiliki kolam renang yang cukup luas untuk dewasa maupun anak-anak. Menurut info dari instagram @blackbirdhotel kita bisa berenang dengan floaties yang gemesin. Setiap tamu yang berenang diberikan keranjang berisi sepasang handuk renang.

Facilities-Blackbird Hotel Bandung | Traveloka
Facilities-Blackbird Hotel Bandung | Traveloka

Harga Blackbird Hotel Bandung

Udah baca tentang Blackbird Hotel Bandung yang kutuliskan diatas, sebagai hotel yang memperhatikan desain dan setiap detail ruang dan sudutnya, juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, pasti penasaran kan berapa ya harganya kalau menginap di hotel secantik ini?

Harga menginap di tipe The Drum Room Blackbird Hotel Bandung ini adalah 1,6 juta/malam. Namun harga ini bisa kamu dapatkan kalau kamu booking di Traveloka, aplikasi travel terbaik yang selalu memberikan promo menarik kepada setiap usernya.

Penutup

Baru melihat dari foto-foto dan video yang ada di internet aja aku sudah bisa menggambarkan dan membayangkan bagaimana nyamannya hotel ini untuk para tamu yang berkunjung. Dengan desainnya yang unik, detail pada setiap sudutnya, juga fasilitas yang lengkap tentunya akan menciptakan pengalaman menginap yang seru selama di Bandung. Duhhh gak sabar banget buat honeymoon kesini! Eh.. cari calonnya dulu deeeh hehe. Ohya tipe The Drum Room hanya ada 3, jadi kalau kamu mau booking hotel murah di Traveloka pastikan jauh-jauh hari yaa! Happy staycation and happy holiday~

Yuk ‘#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi’ dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini:  https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

19 thoughts on “Staycation Impian Dengan Booking Hotel di Traveloka”

  1. Kereeen kontennya. Traveloka emang ngidamain. Pokoknya terus ngeblog ya bak. Desain jg apik nih. Betah blog walking ke sini. Wooo !!!

    Semoga banyak blogger yang makin kreatif

    Like

  2. Wah bandung! Aku rindu (kata dilan) heheh..
    Aku ke bandung cuma numpang lewat doang, belum merasakan di sana. Tapi yang aku tahu selama dua jam ada di sana, banyak banget kulinernya apalagi di deket ITB. Hehehe..
    Dan salah satu andalah kalo ngetrip pakainya selalu traveloka yang banyak banget pilihan hotelnya. ☺️

    Like

  3. Traveloka menjadi aplikasi yang pertama saya install ketika beberapa bulan lalu ke Bandung, Jogja dan Solo, karena didasarkan atas rekomendasi teman, dan terbukti memang menjadikan liburan tenang dan aman. Tapi sayang banget waktu menginap di Bandung, saya belum tau kalau ada hotel sebagus ini, but, thanks for sharing 🙂

    Like

  4. Cerita tentang Bandung selalu menarik minat saya. Seumur-umur baru sekali ke Bandung, itu pun hanya beberapa jam saja. Saya punya cita-cita bisa ke Bandung suatu saat. Terima kasih sudah berbagi cerita tentang Bandung.

    Like

  5. anjay desain hotelnya keren, kayaknya betah piknik kesitu. makin seneng sekarang banyak yang suka buat konten ginian, jadi nambah wawasan tentang wisata. Makasih ya ka referensi travelingnya,

    Like

  6. traveloka memang jagonya memberi inspirasi dan referensi untuk wisata melalui blognya. Lihat saja blognya, mampu membuat orang terinspirasi untuk melakukan wisata, dan ujung-ujungnya mencari referensi di traveloka. Untuk trafik blognya saja 15jt/bulan. Datanya saya tulis di artikel terbaru tentang Manfaat blog Untuk Bisnis

    Like

  7. Anjaaaaay.. 1,6 juta semalam.. bisa buat makan sebulan, kalo anak kost, bisa buat bayar kostan 2 atau bulan… hehehe.. ini hotel buat orang-orang mapan yang dalam ukuran kantongnya uang 1 juta adalah uang receh.. hehehe

    Like

  8. Hotel sekarang unik unik banget yaa. jadi ngiler saya liat reviewnya. Keren kak! Padahal cuma liat dr foto atau video ajaa ya, tp bisa lengkap gini jelasinnya. Makasih udah sharing ka

    Like

  9. Semakin banyaknya tempat rekreasi semakin banyak orang mencari referensi tempat terbaik dan membutuhkan penginapan/hotel yg nyaman …ditraveloka semua bisa didapat dengan mudah dan juga dengan diskon2 yang disediakan bikin tambah menarik…agendakan yuu untuk liburannya

    Like

  10. Sejak konten staycation menjamur, Jadi mulai banyak hotel-hotel unik yang ngasih experience secara tempat dan pengalaman yang beda banget. Seru untuk dicoba jadi agenda travelling selanjutnya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s