Pantai Batu Pintu, Pantai Eksotis di Ujung Selatan Indonesia

Sebagai pulau terselatan Indonesia, Rote menyuguhkan berbagai destinasi wisata yang mengagumkan. Banyak pantai yang masih belum terjamah oleh masyarakat umum membuatnya bersih dan nyaman bagi siapapun yang datang. Salah satu pantai eksotis yang ada di Rote adalah Pantai Batu Pintu.

Pantai Batu Pintu adalah pantai berpasir putih yang dihiasi dan dikelilingi oleh batu cadas yang besar. Pintu masuknya pun berasal dari bongkahan batu cadas yang tengahnya berlubang yang seolah menyerupai pintu gerbang yang akan mengantar kita untuk melihat keindahannya. Oleh sebab itu pantai ini dinamankan Pantai Batu Pintu. Sebelum memasuki pintu gerbang, disebelah kiri terdapat undakan kecil untuk pengunjung bisa naik ke atas batu karang yang jadi semacam bukit. Disini pengunjung bisa melihat panorama pantai batu pintu yang mempesona dari ketinggian.

Pada sisi kiri bukit terdapat sebuah teluk dengan ombak yang relatif tenang. Sebuah pantai dengan padang rumput di belakangnya mengelilingi teluk ini. Sedangkan di sebelah kanannya, terlihat ombak yang silih berganti menuju pesisir. Agak ke tengahnya, terlihat sebuah pulau karang yang tidak berpenghuni. Kemudian lebih jauh lagi, terdapat pulau Ndana yang berbatasan dengan perairan Australia.  

Pantai ini sangat sepi, sehingga deburan ombak terdengar syahdu sekali. Rasanya seakan private beach karena menengok ke kanan dan kiri tidak ada siapapun. Pengunjung dimanjakan dengan air pantai yang sangat bersih dan jernih yang membuat pegalaman yang mengesankan selama berada disini.

Alamat Pantai Batu Pintu

Pantai Bantu Pintu terletak di Tj. Lelete Barat, Kabupaten Rote Ndao, Boa, Kec. Rote Barat, Nusa Tenggara Timur.

Cara Menuju Pantai Batu Pintu

Dari Pusat Kota Ba’a, kamu bisa menggunakan motor ataupun mobil yang bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Pantai Batu Pintu berada di kecamatan Boa, yang letaknya berdekatan dengan Pantai Loedik. Kamu bisa melewati jalan utama yang sudah bagus melalui Pantai Nemberela ataupun melalui jalan yang bisa membawamu ke Telaga Nirwana. Kamu pun bisa menginap di resort yang ada didekatnya, salah satunya di Loedi Bungalows Resort.

Cara Menuju Pulau Rote

Cara menuju Pulau Rote ada dua cara, yaitu:

  1. Mengambil penerbangan langsung ke Bandar Udara D. C. Saudale (Bandara Rote), dan kita langsung tiba pulaunya.
  2. Mengambil penerbangan ke Bandar Udara El Tari (Bandara Kupang), lalu melanjutkan perjalanan menggunakan kapal cepat yang kurang lebih ditempuh dalam waktu 2 jam.

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: