Menyusuri Keindahan Telaga Nirwana, Rote

Rote merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak kekayaan alam serta destinasi wisata. Rote sebagai pulau paling selatan di Indonesia ini ternyata sangat mempesona. Salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi adalah Telaga Nirwana.

Telaga Nirwana adalah telaga indah berbentuk hati yang luar biasa. Lokasinya Berada di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.

Telaga Nirwana

Sewa Kapal ke Telaga Nirwana

Untuk bisa menyusuri Telaga Nirwana ini, kita harus melalui Pantai Oeseli, dimana nantinya akan ada kapal-kapal nelayan yang siap untuk mengantarkan kita melihat keindahan Telaga Nirwana ini. Harga sewa kapalnya berkisar Rp 250.000 – Rp 300.000.  

Telaga Nirwana

Pemandangan Telaga Nirwana

Pemandangan Telaga Nirwana ini sangat mempesona! Airnya berwarna biru kehijauan dan sangat tenang. Bahkan permukaannya sangat jernih sampai kita bisa melihat dasar telaga ini dengan jelas. Kalau kamu ingin berenang atau ingin melakukan kayaking pun sangat diperbolehkan.

Kapal akan menepi pada sebuah tebing yang dijadikan sebagai spot foto di Telaga Nirwana. Lalu, kita akan trekking sedikit untuk melihat Telaga Nirwana dari ketinggian. Sungguh indahnya!

Di tengah telaga ada sebuah lempengan batu besar berbentuk hati yang dikelilingi bentangan pasir putih di dasar air yang tembus pandang. Batu tersebut akan jelas terlihat ketika airnya surut. Kita juga bisa menginjakkan kaki di Batu Hati tersebut jika ingin berfoto diatasnya.

Baca juga: Menapaki Kaki di Titik Nol Kilometer Selatan Indonesia

Telaga Nirwana
Sumber: rotetrip

Selama menyusuri telaga ini, suasananya terasa asri, karena telaga ini dikelilingi oleh pepohonan hijau rindang yang tumbuh subur. Banyak kicauan burung, dan percikan air dari ikan yang loncat ke permukaan. Rasanya syahdu sekali.

Telaga Nirwana bagaikan surga yang tersembunyi di pulau Rote. Hanya saja akses jalan menuju ke tempat ini masih rusak. Jalanannya masih bebatuan pasir putih yang perlu ekstra hati-hati jika melewatinya. Semoga wisata ini bisa ditingkatkan lagi fasilitasnya agar wisatawan nyaman berkunjung kesini. Selamat berwisata~

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

6 thoughts on “Menyusuri Keindahan Telaga Nirwana, Rote”

  1. impianku adalah pergi ke pulau Nusa Tenggara. Nuansa tropis ala florenya lebih kerasa. beuh indah ebener telaga nirwana ini

    Like

  2. Indah bukan main ya kak telaganya.. Ternyata masih banyak tempat indah di Indonesia, smg bisa punya kesempatan keliling Indonesia..

    Like

  3. MashaAllah~
    keindahan Telaga Nirwana seperti di foto-foto di Pinterest yaa..
    Kayaking itu apakah?
    Kebayang menyelupkan diri di telaga yang airnya jernih begini..

    Like

  4. Cantiknya pemandangan Telaga Nirwana. Airnya jernih biru kehijauan.. Terlihat masih alami belum terlalu terekspos untuk wisatawan.. Oya, biaya sewa kapalnya apakah ada patokan jamnya atau untuk berapa lama Kak?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s