Roadtrip ke Jogjakarta!

Wohooo! Berawal dari obrolan random sama kakak-ku di tahun lalu, kayanya seru juga ya kalau bawa mobil sendiri ke Jogja. Dan Alhamdulillah akhirnya rencana roadtrip ke Jogjakarta terlaksana!

Aku sangat excited dengan trip ini. Aku lansung berinisiatif untuk menuliskan itenary selama disana. Dari mulai berangkat hingga pulang lagi kerumah. Walaupun memang cukup singkat hanya 4 hari, namun aku mau perjalanan sekeluarga ini berkesan indah.

Perjalanan dimulai pukul 05.00, kami berangkat dari rumah menuju tol cikampek yang masih cukup sepi. Karena belum sarapan, kami berhenti di Cirebon untuk sarapan di Empal Gentong Krucuk.

  • Empal Gentong Krucuk 

Ini adalah Kuliner Khas Cirebon yang sudah melegenda yang wajib dicoba kalau kamu berkunjung ke Cirebon. Ohya ini adalah kuliner daging Sapi yang kuahnya memakai kuah kuning yang sangat kental dan lezat. Cara pembuatannya pun tetap terjaga dari dulu; empal dimasak dalam gentong dengan menggunakan kayu bakar. Hal ini yang membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap. Yumm!

Baca juga: Kulineran di Bintan

Empal Gentong
Empal Gentong

Setelah sarapan, kami melanjutkan perjalanan sampai dengan waktu Dzuhur. Kami melakukan carpool karoke bersama dengan seru hingga waktu adzan pun tiba, dan kami keluar tol semarang untuk bisa sholat di Masjid Agung Jawa Tengah.

  • Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid terbesar dan termegah serta merupakan ikon dan kebanggaan masyarakat provinsi Jawa Tengah. Salah satu ciri khas masjid ini adalah terdapat enam buah payung hidrolik raksasa yang berada di teras masjid. Payung yang dapat membuka dan menutup secara otomatis, dengan mengadopsi model yang terdapat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Bagus banget!

  • Tahu Bakso Semarang

Tahu Bakso jadi salah satu makanan yang dijadikan sebagai oleh-oleh Semarang. Setelah sholat dzuhur, kami mampir kesini untuk membeli 1 box tahu bakso sebagai cemilan diperjalanan.

  • Mangut Lele Pak Gianto

Mangut lele Pak Gianto ini sempat viral di tiktok beberapa waktu lalu. Namun, pas aku datang kesana kok ga ramai kaya yg di medsos yaa hehe. Cara masaknya Ikan lelenya yakni diasap terlebih dahulu sebelum kemudian digoreng, dan setelah itu kembali dimasak dengan kuah mangut yang pedas. Rasanya enak, Pedas gurih. Dan kuahnya bisa dipisah juga

Mangut Lele

Baca juga: Kuliner Khas Jogja

  • Sampai di Penginapan!

Untuk hari pertama, kami menginap di Hotel Garage Business Jogjakarta, yang lokasinya di wilayah Malioboro. Sengaja didekat sini biar lebih mudah untuk jalan-jalan disini sekalian menikmati udara malam jogja. Harga per kamarnya juga cukup terjangkau.

  • Malioboro

Malam harinya, kita keluar untuk jalan-jalan malam di Malioboro. Dan pas banget kesini, ketika para pedagang kaki lima di pinggir jalan sudah dipindahkan ke tempat yang namanya Teras Malioboro.

Baca juga: Wisata Sejarah di Jogjakarta

Nah itu dia perjalanan hari pertama roadtrip ke Jogjakarta. Seru sekali ternyata! Adakah yang punya pengalaman yang sama roadtrip ke jogja atau ingin sekali kesana? Sharing yuk!

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

7 thoughts on “Roadtrip ke Jogjakarta!”

  1. Kalau aku sih udah beberapa kali road trip ke jogja. Mulai dari naik motor single, berduaan sampai punya anak pertama. Ntah kenapa ya, walapun cuma gitu-gitu aja tapi ttp mau balik lagi.
    4 hari gak capek banget ya kak?

    Like

  2. Ini udah masuk wishlist sejak lama. Mau kesana masih kena pandemi. Terus sampe sekarang jadi tertunda. Padahal udah pengen banget ke jogja…

    Btw, mangut lelenya pake cobek ya itu? Aku nyoba masak sendiri di rumah, resepnya kan ada nemu di google. Enak. Seger-seger pedes gitu..

    Like

  3. Wahh.. sya klo melakukan trip kaya gini udah pasti menargetkan wisata kuliner.. hehee.. emang paling enak deh kuliner2 yg ada d Indonesia, apalagi Jogja

    Artikelnya bermanfaat sekali.. smoga semakin berkembang yaaa

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s