Kuliner-an di Bintan dan Tanjung Pinang!

Pulau Bintan tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai, gurun pasir dan laguna buatan terbesar. Tapi juga menawarkan kuliner yang membuat kita tidak akan lupa dengan rasa dan sesansinya! xoxo

1. Pondok Makan Teluk Bakau Bay View

Pondok Makan Teluk Bakau Bay View

Pondok makan ini berada di pinggir pantai Trikora, menyediakan aneka seafood yang rasanya cukup memuaskan dengan harga yang menurutku masih terbilang murah. Kami memesan sotong asam manis, kerang, gonggong dan juga tumis kankung. Dan dengan lahapnya kami menghabiskan semuanya dalam sekejap! Hahah Ohyaa disini untuk pertama kalinya aku mencoba Gonggong. Gonggong adalah hewan laut sejenis siput yang menjadi makanan khas Kepulauan Riau. Kalau kamu berkunjung ke Bintan, atau ke Kepulauan Riau lainnya, wajib banget untuk coba Gonggong yaa!

Gonggong – siput laut

Ohyaa karena letaknya berada di pinggir pantai, jadi kita makan seafood sambal ditemani desiran ombak kecil yang menggulung ke bibir pantai. Nikmatnya!

2. RM Awang Sungai

RM Awang Sungai terletak di Kampung Bugis. Kira-kira sekitar 11km dari kota Tanjung Pinang. Rumah makan ini menyediakan berbagai macam seafood, mulai dari udang, sotong, gonggong, ketam, kerang dan lainnya! Rasanya? Enak bangeeettt! Seafoodnya fresh, dan bumbunya benar-benar meresap. Apalagi ditambah sambal gonggong yang bikin nagih banget! Yummm..

RM Awang sungai ini berada di tepi Mangrove. Sehingga kita bisa menikmati seafood sambal melihat mangrove didepan mata. Menjadi pengalaman baru yang menyenangkan

3. Otak – Otak Sotong

Hayooo apasih otak otak sotong?

Hmm pasti banyak juga diantara kawan yang belum tahu apa itu sotong. Sotong adalah sejenis cumi-cumi. Namun bentuknya lebih besar (?)

Otak-otak sotong ini juga salah satu kuliner khas Bintan. Dan biasanya bisa dijumpai di warung makan ataupun dijual menggunakan gerobak. Namun aku mencicipi otak-otak ini di pusat otak-otak kampung Sungai Enam, yaitu di kabupaten Kijang.

Otak-otak sotong khas Bintan

Ohyaa bedanya dengan otak-otak yang ada di Jakarta, Otak-otak sotong ini dibungkus dengan daun kelapa yang kemudian dibakar menggunakan batok kelapa atau arang hingga membuat aroma yang cukup menggoda. Nah otak otak disini telah dicampur dengan bumbu yang terbuat dari berbagai macam rempah rempah jadi cara makannya tidak perlu dicocol dengan sambal.

Sebenarnya Otak-otaknya bermacam-macam, ada otak-otak tulang, otak-otak isi dan otak-otak sotong. Namun menurutku yang terenak adalah otak-otak sotongnya!

Harganya pun murah, untuk satunya hanya Rp 1000. Wajib banget cobain kalau berkunjung ke Bintan!

4. Mie Lendir

Mie Lendir adalah Mie khas kepulauan Riau. Salah satunya bisa dijumpai di Tanjung Pinang. Aku mencicipi Mie Lendir Pak Soemardi yang berdiri sejak 1986. Dan antrinya panjanggg ceuuu ternyata! Hahaha

(Foto dari Google)

Mie Lendir ini adalah mie kuning yang direbus bersama tauge, ditambah sebutir telur yang diiris-iris, lalu disiram dengan kuah kacang yang kental. Kuahnya berasa manis dan sedikit pedas, terasa pula beberapa bumbu yang dimasukkan kedalamnya.

Kuahnya yang agak kental inilah kunci dari kelezatannya!

5. Sedaun Café

Lokasi Sedaun café ini berada di KM 0 Tanjung Pinang. Katanya sih bisa dibilang berada di puncak – dataran paling tinggi di kota ini. Kita bisa melihat kota Tanjung Pinang dari café ini. Apalagi kalau kesininya dimalam hari, bisa sambil menikmati secangkir coklat panas dengan banyaknya lampu yang terlihat dari atas.

6. Kedai Kopi Ujung

Katanya kedai kopi ujung ini adalah tempat anak gaulnya Tanjung Pinang! Xixixe letaknya persis di pinggir laut. Menyajikan makanan khas kedai serta pemandangan sunset yang sangat memikat hati membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.

Itu dia beberapa kuliner yang aku coba ketika berada di Bintan dan Tanjung Pinang. Sebenarnya masih ada beberapa seperti Opak khas Bintan dengan sambalnya yang super duper enak, Ikan asam pedas melayu, dan lainnya. Selamat mencoba! 😀

Cheers,

Jastitahn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: