Mencicipi Kuliner khas Yogyakarta

Membahas kuliner adalah salah satu hal yang menyenangkan bagiku. Nah kali ini, aku melakukan perjalanan ke Yogyakarta untuk kulineran! Waah ketika merencanakannya saja, aku sangat excited. Karena jujur, aku bisa dibilang tukang makan 😀

So, yaaps ini dia beberapa kuliner di Yogyakarta yang bisa kalian coba: 

  1. Mie Kopyok dan Lontong Kikil Mbah Waji

    Mie Kopyok ini berupa mie putih yang disajikan dengan kuah hangat lengkap dengan tetelan daging sapi hingga tahu. Harganya cukup murah, yaitu Rp 12.500. Satu kata saja untuk mie kopyok ini, yaitu enak.

    Rating: ⭐⭐⭐

2. Gudeg Sagan

Kalau ke Yogya, tentunya yang terbesit pertama adalah Gudeg. Beberapa kali mencoba gudeg di sejumlah tempat, semuanya memang enak, tapi ya itu kemanisan. Tapi di Gudeg Sagan ini, Gudegnya enak, manisnya pas, porsinya pas, dan aneka lauk pendampingnya juga macam macam seperti tahu,tempe,ayam dan lain lain.

Rating: ⭐⭐⭐⭐⭐

3. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum ini adalah satu warung yang menjadi pelopor ayam geprek di Yogyakarta. Warung ayam geprek ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang silih berganti. Rasanya enak dan tentunya murah hanya Rp 12.000. Kita bisa ambil nasi sepuasnya, dan memilih ayam dan lauk lauk pendamping lainnya, seperti tempe, terong, ceker ayam.

Rating: ⭐⭐⭐⭐

4. Sate Klatak Pak Pong

Sudah tau dong kalau Sate Klatak ini menggunakan jeruji sepeda untuk menusuk daging kambing yang akan dibakar di atas tungku arang. Menurutku, sebagai pecinta daging kambing, rasanya kurang berasa dan dagingnya tidak seempuk yang ku bayangkan hehe Harga satu porsinya (2 tusuk sate) yaitu Rp 29.000.

Rating: ⭐⭐

5. Jamu Tradisional Trah Mbah Mangun

Jamu ini baru dibuat kalau kita pesan. Jadi dijamin fresh banget! Warung Jamu ini buka mulai pukul 17.00 – malam hari. Kemarin aku pesan kunyit asem, harganya Rp 10.000 dan rasanya juara sih!

Rating: ⭐⭐⭐⭐⭐

6. Kopi Klotok

Ciri Khas Kopi klotok adalah dibuat dengan cara merebus air bersama dengan bubuk kopi dan dimasak di atas panci dengan tungku arang. Kopi ini cocok dinikmati bersama dengan pisang goreng hangat. Di warung kopi klotok ini juga menyajikan beragam hidangan rumahan khas Jawa dengan aneka lauk yang bisa diambil secara prasmanan.

Rating: ⭐⭐⭐

Baca juga: Kuliner Khas di Tanjung Pinang

Untuk kuliner selanjutnya adalah kuliner di Magelang. Sebenernya hanya satu tempat yang aku datangi. Dan ini rasanya enak banget! Yaitu Sop Empal Bu Haryoko. 
Sop empal ini berisi bihun dan kol dengan kuah yang sedap! juga empal sebagai topping utamanya. Bisa juga ditambah paru jika mau. Harganya Rp 27.000

Rating: ⭐⭐⭐⭐⭐



Nah itu dia beberapa kuliner yang bisa kamu coba kalau sedang berlibur ke Yogyakarta. So far harganya murah kok, tidak akan menguras kantong hihi
Semoga bisa jadi list kuliner kamu yaaa!

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s