Mencicipi Kuliner Khas Aceh

Aceh adalah kota yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekkah, karena ke-Islaman kota ini benar-benar terjaga, layaknya Kota Mekkah. Selain keunikan adat dan peraturan yang ditetapkan, di kota ini pun terdapat berbagai kuliner enak yang wajib kamu coba. Beberapa kuliner dibawah ini pun pernah didatangkan oleh Pak Jokowi lho!

  1. Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

Warung Nasi ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli, apalagi setelah Presiden Jokowi datang kesini. Menu andalan di Lem Bakrie adalah ayam goreng panas, ayam tangkap dan kari kambing.

2. Mie Razali

Siapa yang mau makan mie aceh di Acehnya langsung? Heheh!
Mie Razali sudah berdiri sejak 1967. Awalnya, pemiliknya berdagang dengan menggunakan gerobak di emperan jalan loh! Sampe akhirnya berkembang hingga besar seperti sekarang ini.

Kedai ini dibuka sejak pukul 09.00 pagi. Makanan andalan di Mie Razali adalah mi campur, mi kepiting dan mi seafood. Mie aceh di olah dengan bumbu-bumbu racikan khas Mie Razali, lalu ditambahkan kuah kaldu, kecap, air gula dan cuka. Setelah itu disajikan dengan bawang acar, jeruk nipis, mentimun dan kerupuk emping.

Baca juga: Kuliner Khas Yogyakarta

3. Kopi Solong

Minum kopi sudah menjadi tradisi yang melekat di masyarakat Aceh. Tentunya sangat mudah untuk menemukan lokasinya karena tersebar di mana-mana. Salah satunya Kopi Solong. Kopi ini terbuat dari biji kopi Robusta pilihan yang diracik oleh para ahlinya sehingga mendapatkan kopi dengan aroma khas dan sangat nikmat.

Atau yang terkenalnya sekarang adalah Kopi SP, atau Sanger Puncung. Kopi sanger hanya kopi dicampur sedikit susu.

4. Bu Si Itek Bireuen

Rumah makan Bu Si Itek Bireuen berdiri sejak tahun 2002. Hidangan dari tempat makan ini terdiri dari bebek dan ayam. Uniknya di Bu Si Itek Bireuen menghidangkan makanan andalan bebek kari, bukan bebek goreng. Di dalamnya terdapat kentang, labu. Selain itu sebagai makanan pendamping terdapat potongan nanas. Nanas berguna untuk makanan pencuci mulut setelah menyantap bebek.

Nah itu dia beberapa kuliner yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Aceh. Selamat kulineran~

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

10 thoughts on “Mencicipi Kuliner Khas Aceh”

  1. Dari dulu belum ke sampaian mau ke aceh. Terakhir ke area sumatra baru ke bukit tingginya. Semoga dijabah bisa ke aceh, terus ke tempat yang di rekomendasikan ini.. šŸ¤­

    Like

  2. Wahh.. sya sebagai penggemar berbagai jenis mie bakalan milih Mie Aceh nih sbg kuliner favorit yg wajib di coba ketika berkunjung ke Aceh..

    Maknyus bgt kayanya kalo makan langsung di Aceh.. hehee

    Artikelnya bermanfaat sekali.. smoga semakin berkembang yaaa

    Like

  3. Aku pernah makan mie Aceh tapi di Bekasi. Tapi pasti beda ya rasanya dengan kalo makan di Aceh asli? Kayak rendang, kalo udah keluar dari Sumbar, apalagi dibawa ke Jawa, rasanya beda dan pedesnya berkurang. Hehe.

    Like

      1. saya pernahh coba mie aceh dan kopi sanger. kebetulan saya asal medan jadi ga susah menemukan makanan2 aceh hihihi. enakkk kopi sangernya hahahahahaa

        Like

  4. Baca ini aku jadi teringat umah makan aceh yang di daerahku mba. Enaak… Sayang beberapa kali mau mampir pas banget tutup.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s