Mimpi Jelajah Indonesia Tanpa Batas

Traveling ke berbagai kota di Indonesia adalah salah satu impianku. Sejak duduk di bangku kuliah aku mulai berpikir untuk bisa memulainya. Lalu perlahan, satu per satu aku mencoba menapaki kaki provinsi yang ada di Indonesia, hingga membuatku selalu ingin terus menjelajah negeri tercinta ini.

Menurutku traveling itu bukanlah healing. Banyak yang bilang berpergian adalah semacam healing. Namun bagiku tidak, karena traveling sendiri menjadi bagian dari diriku saat ini. Ia menjadi sebuah mimpi, mimpi yang kadang aku sendiri tak tau kapan akan tercapainya.

Perjuangan Menggapai Mimpi

Perjuangan untuk mencapainya tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Berbagai usaha dan pengorbanan selalu ada didalamnya. Hingga aku berani memutuskan keluar dari zona nyamanku, agar bisa memiliki waktu luang yang banyak untuk mengejar mimpi gila ini. Ya bagaimana tidak, ketika bahkan bisa dua bulan sekali pergi berkelana entah kemana. Ketika pos untuk menabung bahkan lebih sedikit dibandingkan pos untuk traveling hehe:( yang terpikir adalah “mau kesana” “mau kesini”. Beruntungnya, aku selalu memiliki teman traveling untuk menjelajah Indonesia bersama.

Money can return but I will never be the 20s again to explore Indonesia with my friends.

Jastitahn

Tapi dari perjalanan ini, aku tidak pernah menyesalinya. Aku selalu bersyukur dengan segala keputusan yang ku ambil hingga membawa ku sampai ke titik ini. Pengalaman tidak akan pernah bisa dibeli bukan? Lalu apakah impianku sudah tercapai semua? Tentu saja belum! Hehe tapi tenang..karena impian ini aku jadikan salah satu project sepanjang hidup.

My Journey’s Map

Bahkan karena begitu antusias dan excited-nya, aku membuat sebuah gambar peta Indonesia, dimana di dalamnya bisa aku pin atau tandai, sudah sejauh mana aku mengejar impianku itu.

Journey Map
My Journey’s Map

Indah sekali bukan? MasyaAllah..

Gambar ini aku print seukuran A2, dan tertempel di dinding kamarku. Setiap kali aku melihatnya, semangatku akan terus ada untuk bisa memberikan buletan pink pada wilayah yang masih kosong itu.

Dan yaap! Kalau dilihat, aku sudah berhasil menapaki kaki di 16 provinsi dan beberapa pulau kecil lainnya yang ada di Indonesia. Alhamdulillah sudah hampir 50%nya dari provinsi Indonesia saat ini.

Tantangan Menjelajah Indonesia

Menjelajah provinsi yang ada di Indonesia tentunya selalu memiliki tantangan tersendiri, seperti akses transportasinya, makanannya, budanya hingga yang ga ketinggalan adalah masalah koneksi Internet. Internet menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan ketika kita melangkahkan kaki kemanapun. Kenapa sih Internet sangat penting selama traveling? Karena Manfaat Internet sendiri sebagai hal untuk kita bisa sampai di tempat yang kita tuju. Dari mulai mengakses tiket pesawat/kereta/bus, menggunakan maps, memesan transportasi online, sampai dengan melakukan transaksi pembayaran menggunakan QR code, internet sangat berperan didalamnya bukan?

IndiHome add-ons

Selama menjelajah ke kota-kota yang ada di Indonesia, aku menggunakan layanan IndiHome add-ons Wifi.id Seamless yang bisa dengan mudahkan dikoneksikan dimanapun. Apa itu Wifi.id Seamless?

Wifi.id Seamless adalah layanan tambahan dari IndiHome, yang bisa tersambung langsung dengan ribuan titik Wifi.id di seluruh Indonesia tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali.

IndiHome
Wifi.id Seamless IndiHome
Sumber: indihome.co.id

Hmm..gimana yaa maksudnya? Bukannya IndiHome itu salah satu Internetnya Indonesia yang dipakai untuk wifi rumahan yaah?

Iyaa, Indihome memang wifi rumahan. Dan salah satu syarat untuk bisa memakai wifi.id seamless ini harus berlangganan IndiHome terlebih dulu. Karena berhubung dirumah aku menggunakan Internet dari IndiHome, makanya aku bisa menambahkan layanan add-ons ini.

Layanan Wifi.id Seamless ini sudah tersedia di 100.000 titik hotspot yang tersebar di seluruh Indonesia. Harganya pun cukup murah, yaitu Rp10.000 per bulan untuk setiap perangkat.

IndiHome
Titik Hotspot Wifi.id Seamless IndiHome
Sumber: indihome.co.id

Tapi worth it gak sih?

Menurutku cukup worth it! Salah satunya ketika aku berkunjung ke Pulau Sabang pada akhir tahun 2021, ada beberapa titik yang dimana aku cukup kesulitan dalam menemukan sinyal Internet. Saat itu aku sedang berada di Pantai Anoi Hitam dan ingin memberi kabar kepada ibuku. Namun aku dan juga temanku tidak bisa mengirimkan pesan apapun. Kalau pakai istilah dulu, ada simbol jam pasirnya 😀 yang artinya pesan tidak terkirim karena harus memerlukan koneksi internet. Lalu aku pun mencoba untuk mencari sinyal wifi, dan Alhamdulillahnya.. di lokasi yang aku datangi ini muncul Wifi.id Seamless nya Indihome yang bisa dikoneksikan. Waah senangnya! Aku cukup terbantu karenanya, bahkan aku sempat melakukan video call pada saat itu bersama ibuku.

Seperti yang kita tau bahwa IndiHome adalah salah satu produk layanan Telkom Indonesia yang sudah pasti kualitasnya selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu dan tentunya titik hotspot Wifi.id Seamless ini akan terus ditambah di setiap titik di Indonesia.

Penutup

Perjalanan ku menjelajahi Indonesia tentunya akan terus berlanjut. Nantinya aku sudah berencana akan mengajak suami dan anak-anak ku untuk mengunjungi satu per satu wilayah di Indonesia xixie! Whoaa so excited about my lifetime project!

Terimakasih untuk orang-orang yang selalu mendukungku. Entah bagaimanapun bentuknya, aku selalu percaya bahwa kita akan merasa kuat menjalani kehidupan ini kalau kita dikelilingi oleh orang-orang baik yang support dengan apa yang kita lakukan. So, let’s dream, try and pray. You will find your way someday!

Cheers,

Jastitahn

Referensi:
https://indihome.co.id/addon/wifiidseamless

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

14 thoughts on “Mimpi Jelajah Indonesia Tanpa Batas”

  1. Nice article! So inspiring untuk bermimpi jelajah indonesia tanpa batas. Seperti halnya Internetnya yg memang diperlukan dimanapun dan kapanpun. Sukses selalu!

    Like

  2. Keren banget emang temen gue! So proud of you Jas 🙂 Akhirnya bisa satu per satu menjejaki kaki di tempat-tempat yang selalu dibicarain xixie Lanjutkan terus!

    Like

  3. Internet dan tourism itu memang tanpa batas. Kemanapun kaki ini melangkah, kita selalu memerlukan akses wifi cepat untuk berbagi keindahan pesona alam Indonesia. Terima kasih sudah berbagi pengalaman indahnya*

    Like

  4. Bener bener ya kak, sekarang karena ada internet kita bisa memberi kabar dimanapun dan kapanpun.. Apalagi kalau suka traveling gini, ngabarin keluarga jd mudah..

    Like

  5. Mimpi menjelajah Indonesia ini keren banget. Semua diwujudkan dengan doa dan kayuhan yang tanpa henti untuk selalu berusaha.
    Aku suka caranya menempelkan peta di kamar. Jadi sebagai milestone perjalanan ya..

    Semoga dimudahkan dilancarkan menjelajah bumi Allaah yang lain.

    Like

  6. Waaah mantap abis!
    Saya baru tau kalau ada indihome add ons ini mba. Cuma beneran worth it gak yaa? Jadi pengen baca lebih lanjut terkait ini

    Like

  7. Keren banget mba. Semoga bisa terus menjelajahi Indonesia dan berbagi perjalanan ya kepada orang2! very nice blog

    Like

  8. Indonesia adalah tanah yang indah dan subur, selalu mengharukan melihat keindahan alam dan keragaman budayanya, terus tapaki setiap jengkal tanah di Indonesia Mba Jastis sebuah anugerah dan sebuah impian yang harus diwujudkan, catatan sejarah yang akan bernilai untukmu dan untuk kami yang mencintai NKRI dengan sepenuh hati . Fighting 💪😍

    Like

  9. Senang sekali baca tulisan ini mba! bertekad untuk terus menggapai mimpi secara perlahan. Saya jadi pingin, kadang saya masih terus saja merelakan mimpi-mimpi saya karena terhalang oleh sesuatu hal, padahal ketika kita bikin dream list dan berusaha terus saatu persatu insyaAllah akan terwujud ya, meski gatau kapan. Keren banget mba! Salam kenal yaa dari bandung 🙂

    Like

  10. Whoaaa so inspiring kak 😍 keren banget bisa wujudin mimpinya perlahan. Jadi pengen jugaa realisasiin cita citaku yang selalu terlewat. Makasih yaa kak atas sharingnya! Semoga bisa terus menjelajahi Indonesia negeri kita tercinta ini

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s