Microlibrary Wayak Kayu, Perpustakaan Unik di Semarang

Buku adalah jendela dunia

Sejak kecil kita pastinya pernah melihat tulisan diatas, yang seakan kalimat itu akan terus ada dibenak kita. Iya, buku adalah jendela dunia. Melalui buku kita bisa mengetahui segala sesuatu tentang indahnya dunia, pengetahuan baru, ilmu baru dan tentunya akan mendapat pelajaran penting lainnya dari buku yang kita baca.

Menumbuhkan minat membaca buku sebenernya sebuah tantangan sendiri bagi setiap orang. Karena semakin dewasa, keinginan untuk membaca kadang kala hilang tergantikan oleh hal lainnya. Padahal saat ini pun sudah tersedia banyak e-book yang dengan mudahnya bisa diakses melalui gadget yang kita miliki. Sayang sekali, minat membaca itu banyak yang hilang, yang bahkan aku sendiri pun juga merasakan kelunturan minat membaca buku, hingga baru belakangan ini mencoba untuk bisa membuka lembaran halaman kembali.

Baca juga: Review Buku: The Power Of Now

Microlibrary Series

Beberapa tahun lalu, aku melihat ada project Microlibrary series yang di desain oleh SHAU Architects. Awal pengerjaan microlibrary ini adanya di Bandung, yang namanya Microlibrary Bima. Waah! Sungguh.. aku sangat terpesona dengan desain yang dibuat. Unik sekali! Aku ingin sekali berkunjung ke microlibrary ini, namun belum nemu waktu yang pas. Sampai akhirnya, aku berkunjung ke Semarang dan ada project Microlibrary Seriesnya mereka disini, yaitu Microlibrary Warak Kayu.

Microlibrary Warak Kayu diinisiasi oleh Arkatama Isvara Foundation (AIF) yang menjadi sponsor dalam pembangunan perpustakaan ini. Microlibrary Warak Kayu merupakan perpustakaan warga pertama di Semarang yang sepenuhnya terbuat dari kayu bersertifikat Forest Stewardship Council (SFC) yang memenuhi prinsip-prinsip hutan berkelanjutan.

Alamat Microlibrary Warak Kayu

Microlibrary ini berada di Semarang, tepatnya di Jl. DR. Sutomo, Barusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50245

Desain Microlibrary Warak Kayu

Microlibrary Warak Kayu terlihat sangat kokoh dan gagah dengan bentuk seperti rumah panggung, memanfaatkan lahan di bawah sebagai ruang bermain dan beraktivitas.

Bangunan ini pun terlihat dominan karena bentuk bangunan yang terbuat dari kayu dengan bentuk banyak lobang yang menyerupai wajik. Selain dari design yang unik, secara fungsipun dijadikan sebagai ventilasi udara. Sehingga tanpa pendingin (AC), para pengunjung tetap akan merasa sejuk karena banyaknya angin yang masuk kedalam ruangan. Selain itu juga berfungsi agar pencahayaan sinar matahari lebih banyak yang masuk ke ruangan.

Pada bagian sisi belakang bangunan, Microlibrary Warak Kayu dikelilingi pepohonan yang lumayan besar dan rindang, sehingga membuat kesan Microlibrary Warak Kayu ini tetap terlihat sejuk dan asri walau berada di perkotaan. Sedangkan di bagian depan halamanya memang difokuskan untuk area parkir sehingga tidak tersedia tanaman.

Saat ingin naik ke lantai atas, Microlibrary Warak Kayu menggunakan tangga yang dimana sisi samping tangga difungsikan sebagai tempat baca dan tempat menaruh sepatu dibagian bawahnya. Dengan dibuatnya tempat baca yang cukup unik ini, menjadikan pengunjung akan merasa lebih nyaman untuk membaca buku disini.

Dilantai atas tentunya tersedia rak buku yang bentuknya dibuat membentuk letter U yang bisa menampung banyak buku. Pada sisi depan dari rak buku tersebut, tidak menggunakan lantai melainkan dibuat menggunakan jaring yang terbuat dari tali yang sangat kuat. Fungsi dari jaring tali tersebut difungsikan sebagai tempat baca dengan suasana yang berbeda, sehingga akan memberikan pengalaman membaca buku yang berbeda bagi pengunjung. Tersedia juga meja dan kursi sebagai spot membaca lainnya.

Penutup

Dengan adanya Microlibrary Warak Kayu ini, semoga minat membaca masyarakat sekitar menjadi lebih baik lagi. Dan aku berharap konsep perpustakaan yang dibangun dengan konsep desain yang unik ini bisa tersebar di berbagai kota di Indonesia. Juga bisa menggerakan hati masyarakat untuk datang ke Microlibrary sebagai tempat untuk membaca dan berekreasi menikmati interior bangunannya.

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

10 thoughts on “Microlibrary Wayak Kayu, Perpustakaan Unik di Semarang”

  1. Asyik, menarik bgt.. sya terpesona dg seni desain kontemporer dari bangunan perpustakaannya, berbahan kayu & punya pola2 dekoratif yg terkesan futuristik.. asyik bgt..

    Terimakasih telah berbagi ceritanya ya mbak jastitah, smoga sukses

    Like

  2. Bagus bangettt yaaaa, aku taunya cuma yang di Bandung aja Mba dan itupun belom kesampean buat dateng kesana dan ternyata di Semarang juga ada ya. Aku suka konsep yang terbuka gini, udah pasti terangnya alami dan sejuk angin itu beda banget feelnya dibandingkan pake AC. Makasih sharenya Mba! Semoga kesampean buat kesini ya minimal yang di Bandung dulu deh 😆

    Like

  3. Asli keren sih ini perpustakaannya kak, pengen sekali buat perpustakaan kayak gini di desa saya biar sekaligus jadi tempat kreasi gitu.

    Like

  4. Wah keren sekali ya micro librarynya, melihat ini aku jadi pengen punya rumah yang terbuat dari kayu karena ramah lingkungan dan sejuk juga.

    Like

  5. Wah keren banget! Selama ini, ke perpustakaan daerah aja saya sudah betah, apalagi kalau perpustakaannya seperti ini. Bagus juga untuk menerapkan kebiasaan membaca karena tempatnya nyaman.

    Like

  6. Wah keren banget! Selama ini, ke perpustakaan daerah aja saya sudah betah, apalagi kalau perpustakaannya seperti ini. Bagus juga untuk menerapkan kebiasaan membaca karena tempatnya nyaman.

    Like

  7. Wah, saya baru dengar konsep Microlibrary, jadi pengen ikut kesitu juga.

    Tapi dalam postingannya belum terlalu dibahas tentang koleksi buku nya ya Kak?
    Kalau mau berkunjung bayar apa tidak Kak?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s