Seoul Central Mosque, Masjid Megah di Sudut Itaewon

Seoul Central Mosque ini adalah satu-satunya masjid di Seoul yang dibangun pada tahun 1976. Seoul Central Mosque ini menjadi pusat pembelajaran Islam di Seoul hingga saat ini..

Traveling ke negara yang muslimnya minoritas, kita akan mengalami kesulitan dalam menemukan masjid yang ada di negara tersebut. Salah satunya adalah di Seoul. Ketika aku berkunjung ke Seoul tahun 2018 lalu, aku sudah membuat list destinasi wisata wajib yang salah salah satunya berkunjung ke Masjid Pusat Seoul atau yang lebih dikenal dengan nama Seoul Central Mosque. 

Seoul Central Mosque ini adalah satu-satunya masjid di Seoul yang dibangun pada tahun 1976. Seoul Central Mosque ini menjadi pusat pembelajaran Islam di Seoul hingga saat ini.

Lokasi Seoul Central Mosque

39 Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul
(Stasiun Itaewon Line 6, Exit 3, jalan kaki sekitar 549m)

Pesona Seoul Central Mosque

Masjid ini berdiri megah dengan dua menara besar yang menjulang tinggi di depannya dan lambang bulan sabit di bagian atas. Masjid Pusat Seoul ini menggunakan nuansa warna putih dan keramik biru yang seakan membawa kedamaian bagi siapa saja yang datang melihatnya.

Uniknya di gerbang utama menuju masjid ini, terpampang bacaan dua kalimat syahadat menggunakan huruf Hangeul. Selain itu pada pintu masuk utama masjidnya terdapat lafaz Allahu Akbar yang ditulis menggunakan huruf Arab berukuran besar.

Masjid ini memiliki tiga lantai, dimana lantai pertama masjid digunakan sebagai kantor Korea Muslim Federation, lantai kedua untuk tempat ibadah jemaah pria, dan lantai ketiga sebagai tempat ibadah jemaah wanita.

Ohya di dalam area masjid juga terdapat Prince Sultan Islamic School yang mengajarkan kajian Alquran, hadits Nabi, serta ilmu fiqih.

Area Seoul Central Mosque

Dengan adanya Seoul Central Mosque, kawasan Itaewon ini jadi banyak restoran halal, penginapan dan juga agent tour umroh maupun haji. Bahkan saat aku berkunjung kala itu banyak juga terlihat wanita berhijab dan orang-orang yang berwajah timur tengah, yang membuat Itaewon bernuansa Islami.

Di kawasan ini banyak penduduk muslimnya. Mereka membangun rumah disini yang kemudian juga dimanfaatkan sebagai toko. Tak hanya sebagai toko souvenir, akan tetapi makanan halal juga dijual untuk umat Islam baik warga lokal maupun non lokal.

Baca juga: Berkunjung ke Line Store, Salah Satu Area yang ada di Itaweon


Aku bersyukur sekali bisa berkunjung ke destinasi wisata yang sudah kutuliskan dan melaksanakan sholat dzuhur di masjid ini. Sungguh indahnya! Aku masih mengingat momen perjalanan sealama disana dengan sangat jelas.

Rindu sekali rasanya bisa berkunjung ke Seoul, sebagai salah satu negara impianku sejak masa sekolah. Semoga masih diberikan waktu dan kesempatan untuk mengunjungi negara ini lagi suatu saat nanti.

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

5 thoughts on “Seoul Central Mosque, Masjid Megah di Sudut Itaewon”

  1. MashaAllah, bener yaa, kalo travelling ke LN tuch pgn berkunjung ke Mesjid yg ada disana, karena pasti ada nilai2 sejarahnya…

    Like

  2. Senang sekali mendapatkan artikel mengenai kondisi umat Muslim di Korea Selatan.
    Apalagi di daerah Itaewon yang merupakan titik kumpulnya orang-orang Seoul.
    Lagi..lagi…kak.

    Gomawoyoo…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s