Air Terjun Sipiso-piso Nan Indah dan Megah

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Sumatera Utara. Air terjun ini berada di di ketinggian 1.860 Mdpl dan memiliki ketinggian sekitar 120 meter..

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Sumatera Utara. Air terjun ini berada di di ketinggian 1.860 Mdpl dan memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Karena ketinggiannya ini Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia lho!

Lokasi Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso berada di kawasan Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatra Utara. Kecamatan Merek terletak kurang lebih 24 km dari Kota Kabanjahe.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sipiso-piso

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sipiso-piso sebagai berikut:

Tiket masuk dewasaRp 7500
Tiket masuk anak-anakRp 5000
Parkir Rp 5000
Harga Tiket Masuk Air Terjun Sipiso-piso 2022

Akses Menuju Air Terjun Sipiso-piso

Ketika sampai di pintu masuk, kita masih harus menuruni kurang lebih 500 anak tangga untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso dari dekat. Cukup melelahkan bukan? Banyak pengunjung yang harus beristirahat berkali-kali, saat turun ataupun naik. Namun rasa lelah tersebut akan tergantikan dengan melihat keindahan air terjun ini.

Anak Tangga di Air Terjun Sipiso-piso
Menaiki Anak Tangga Air Terjun Sipiso-piso

Ohyaa kalau merasa tidak kuat untuk menuruni dan menaiki anak tangganya, kita masih bisa menikmati keindahan dari pos pengamatan yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk seperti yang aku lakukan. Dari pos pengamatan ini, kita bisa memandang air terjun ini sekaligus juga memandang keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir dari kejauhan.

Pemandangan Danau Toba dari Gardu Pandang
Pemandangan Danau Toba dari Gardu Pandang

Keindahan Air Terjun Sipiso-piso

Saat berlibur kesini tahun 2014 lalu, aku melihat bagaimana megahnya air terjun ini. Airnya jatuh sangat deras membentuk garis vertikal sempurna. Waktu itu di ceritain sama pak supir yang mengantarkanku keliling sumatera utara, kalau air terjun ini berasal dari aliran sungai bawah tanah, yang kemudian keluar di sebuah goa di sisi kawah Danau Toba. Nah dari goa tersebut aliran air langsung jatuh dan membentuk air terjun yang memesona ini. Unik sekali bukan?

Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso

Berkunjung kesini sangat menyegarkan. Walaupun saat itu aku tidak turun kebawah karena kesorean, tapi aku tetap bisa merasakan dan mendengar suara gemuruh air terjun. Kita dapat melihat bukit-bukit hijau yang mengelilingi, ditambah dengan pemandangan air terjun yang menyatu dengan hijaunya pohon pinus. Sungguh indahnya! Udaranya pun sejuk apalagi adanya butiran air terjun yang terbawa angin.

Baca juga: Pesona Keindahan Curug Cikanteh

Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso

Melihat Air Terjun Sipiso-piso baik dari jauh ataupun dekat aku rasa sebenarnya sama indahnya. Bedanya kalau dari dekat, kita bisa lebih merasakan sensasi berada di air terjun yang sangat tinggi ini.

Air terjun Sipiso-piso ini sangat unik, indah, dan megah. Apalagi termasuk salah satu air terjun tertinggi di Sumatera dan di Indonesia. Kalau kamu berkunjung ke Sumatera Utara suatu saat, bisa datang ke Air Terjun Sipiso-piso ini yaa!

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

6 thoughts on “Air Terjun Sipiso-piso Nan Indah dan Megah”

  1. Paling seneng kalau wisata ke air terjun,
    soalnya biasanya untuk ke lokasi perlu hiking dulu.
    bisa nyantai jalan sambil menikmati indahnya alam.

    Like

  2. Demen sekali sama tempatnya yang full hijau, pasti suara air terjunnya berisik tapi menenangkan. Ah jadi pengen ke sana suatu hari hehe.

    Like

  3. Waah cantiknyaa 😍😍 kalo aku liat di situ kayaknya deket banget sama danau toba. Realitanya emang deket nggak mbak? Ada penginapan terdekat nggak di sekitar sana?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s