Mengintip Koleksi Peta dan Foto Antik di Bartele Gallery

Berjalan-jalan di waktu weekend, memang menjadi hal seru mengasyikkan. Merefresh kembali pikiran dari padatnya rutinas senin – jumat untuk melihat dunia luar. Kali ini ada satu tempat yang membuatku tertarik untuk dikunjungi. Iya, sebuah galeri seni, namanya Bartele Gallery.

Bartele Gallery merupakan sebuah galeri yang menjual foto, peta antik, buku, pajangan atapun barang-barang antik lainnya dari seluruh penjuru Indonesia hingga Asia.

Lokasi Bartele Gallery

Bartele Gallery terletak di Mandarin Oriental Hotel Lantai 2
Jl. MH Thamrin, RT.1/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Jam Operasional Bartele Gallery

Buka setiap hari, mulai pukul 11.00 – 20.00

Koleksi Bartele Gallery

Pemilik galeri ini adalah Bartele Santema. Ia mengumpulkan semua koleksinya bersama dengan kurator galeri dan ahli peta (kartografer), David E. Parry. Galeri ini didirikan pada tahun 2009 dan menjadi satu-satunya toko khusus di Indonesia di mana kamu dapat membeli cetakan peta antik.

Di galeri ini, kita dapat menemukan bermacam-macam koleksi peta antik dari berbagai lokasi di Indonesia.  Koleksinya pun sangat beragam, bahkan ada yang telah berumur 100 tahun hingga 500 tahun, lho!

Banyak pulau yang digambarkan dalam sebuah peta, yang bahkan ada peta Indoensia ketika bentuknya belom seperti sekarang. Mengagumkan sekali! Peta-peta ini lah yang menjadi sebuah karya seni nyata dalam melacak evolusi dari satu masa ke masa lainnya.

Baca juga: Pameran Seni di 2Madison Art Gallery

Ohya disini juga disediakan meja dan kursi untuk kita bisa membaca dan melihat-lihat karya yang ada. Seru banget! Benar-benar menambah pengetahuan tentang dunia dari masa lalu.

Nah buat kamu pencinta ilmu geografi dan kartografi, galeri ini menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa melihat perbedaan gambaran peta pada abad ke-15 sampai dengan peta modern seperti sekarang ini.

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

18 thoughts on “Mengintip Koleksi Peta dan Foto Antik di Bartele Gallery”

  1. Mbak kamu tuh emang suka banget iya tempat-tempat macem museum dan yang antik-antik kayaknya. Selalu nemu aja asli deh yang unik-unik begini. Vibes tokonya kerasa banget isinya barang antik banget.

    Like

  2. Waw, aku baru tahu ada orang yang ngoleksi peta-peta antik. Keren banget ya, itu dia berapa lama ngumpulinnya, gak kebayang gimana caranya ngumpulin peta-peta itu.

    Aku sebetulnya suka barang-barang antik, tapi nggak pernah kepikiran buat koleksi sih. Soalnya yang antik-antik gitu biasanya mahal kan… Jadi penasaran harga peta antik di sini berapa kak? Spill dong bestie hehe

    Like

    1. Hihi iyaa aku sempat mikir juga gimana ngumpulin peta peta ini πŸ˜€ Kalau untuk harganya dimulai dari 800 ribu kak kalau tidak salah sampai ratusan juta

      Like

  3. Kayak di luar negeri, yaa. Keren bangeeet. Lihat gini jadi ingat drama-drama Korea gitu. Kesannya klasik dan cozy. Sayangnya jauh. Semoga ada rezeki ke sana.

    Like

  4. Bagus sekali kak tempatnya, apalah daya didesa bisa liat sawah aja sudah bahagia haha, oh ya ngomong ngomong kakak migrasi ke wordpress ya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s