Melihat Pameran Seni di 2Madison Art Gallery

2Madison Art Gallery adalah sebuah galeri seni independen untuk karya-karya terkurasi dari perupa, desainer, kreator lokal yang dinilai unik dan marketable. Kurasi ini dilakukan melalui kontes #2madison_search yang dilakukan secara berkala melalui Instagramnya @2madison_gallery. Pameran ini bersifat sementara sehingga memiliki konsep yang berbeda-beda sesuai kurun waktunya.

Saat weekend lalu aku berkunjung kesini, 2Madison Art Gallery ini sedang memiliki collective exhibition dengan konsep 2Madison Berkumpul, dengan 5 seniman yaitu Edrike Joosencia (Bandung), Elma Lucyana (Jakarta), Erianto (Yogyakarta), Sunny Jung (Seoul), Tri Pandrong (Yogyakarta), dan Zeta Ranniry (Surabaya). Pameran ini berlangsung mulai tanggal 1 April – 15 Mei 2022.

Alamat 2Madison Art Gallery

Gedung Promenade 20
Jl. Bangka Raya No.20 Unit B, Kemang, Jakarta Selatan

Karya Seni di 2Madison Art Gallery

2Madison Gallery ini memiliki 3 lantai, dimana lantai pertama adalah sebuah art cafe yang sangat estetik. Interiornya cukup mengesankan dengan beberapa lukisan yang digantung. Aku tidak sempat untuk mencicipi makanan ataupun minuman di cafe ini karena bulan puasa. Di lantai ini juga menjual merchandise yang didesain artsy seperti pouch, notebook, bucket hat, masker, gantungan kunci, dll.

Lantai dua dan tiganya digunakan sebagai tempat multi-fungsi. Biasanya digunakan oleh Perusahaan/ Brand lain untuk mengadakan launching, seminar, atau juga berbagai acara keluarga. Namun kali ini, lantai tersebut sedang diisi oleh karya-karya seni yang sangat mengagumkan dari para seniman yang tergabung dalam 2Madison Berkumpul.

Cukup menyegarkan melihat karya yang terpampang didepan mata yang membuatku penasaran dan jadi bertanya-tanya apa, kenapa dan bagaimana karyanya dilukis menjadi seperti ini. Dari senimannya pun menyampaikan deskripsian singkat tentang karya yang mereka ciptakan yang bikin aku bergumam “Oh.. jadinya ini maksudnya”.

Ohyaa karya seni ini juga dijual yaa, kalau kamu tertarik bisa langsung hubungi staf yang ada disana atau bisa juga membeli via online melalui websitenya.

Pada konsep 2madison Berkumpul ini, aku jatuh hati dengan karya seniman Erianto asal Yogyakarta. Kenapa? Karena karyanya disini menggunakan simbol pigur ikan yang katanya sebagai perwujudan refleksi manusia yang hidup secara sosial, bersama berkelompok dan berkomunitas.

Ikan yang selalu bergerak kedepan, bahkan mereka tak pernah mundur. Mereka pun selalu hidup berkelompok agar sama sama bisa mengarungi samudra yang luas dan derasnya arus.

Sama persis bukan dengan filosofi manusia? Dengan adanya kebersamaan dan persatuan kita bisa sama-sama meraih cita-cita yang diimpikan bersama dan melangkah maju.

Kalau kamu penyukai seni dan masih cukup kejangkau jaraknya dengan lokasi ini, bisa banget datang ke Galeri ini. HTM nya gratis kok! Bisa juga sekalian singgah di art cafenya.

Bagiku menikmati seni adalah salah satu hal untuk menyegarkan hati dan pikiran. Semoga aku juga bisa datang ke galeri seni lainnya yaa!

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

6 thoughts on “Melihat Pameran Seni di 2Madison Art Gallery”

  1. menarik dan keren.. sya suka bgt dengan pameran seni kriya semacam ini.. menambah pengetahuan dan ide baru utk kita untuk pengembangan bentuk2 seni rupa yang baru dan inovatif..

    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com

    Like

  2. Masyaallah mbak berasa cuci mata saya mbak, melihat seni dekorasi indah dan estetik bikin hati plong, segar, bisa nambah ide untuk menulis juga ya mbak

    Like

  3. Melihat seni emang jadi salah satu hal yang tidak membosankan. Penasaran banget kadang kalo pas liat lukisan pasti nanya “Ini kenapa lukisnya gini yaa.. judulnya padahal ini..” hihi but thanks kak sudah sharing pameran seni ini

    Like

  4. Astaga…aku pikir ini di luar negeri. kecele sama namanya dong aku hahahaha. Bagus banget ini art galery nya. Lukisannya pun unik-unik. Kayaknya aku harus rekomenin art galerry ini untuk spot foto campaign. thank you iya kaa infonya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s