Pantai Drini, Pantai Eksotis di Gunung Kidul, Jogjakarta

Jogja, selalu punya cerita.

Begitulah yang orang-orang katakan.

Dari banyaknya wisata alam yang indah di Jogja, berbagai pantai di Gunung Kidul selalu menjadi favorit dan diincar oleh para wisatawan, karena rata โ€“ rata pantai di kabupaten yang ada di selatan Jogja ini berpasir putih. Salah satu pantai pasir putih di Gunung Kidul yang ramai pengunjung adalah Pantai Drini.

Lokasi Pantai Drini

Lokasi: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Lokasi Pantai Drini ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Pusat kota Jogjakarta dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih dua jam perjalanan. Aksesnya cukup bagus dengan jalan aspal menuju kawasan Pantai Drini.


Pantai Drini ini juga termasuk pantai berombak besar. Namun sepertinya hal itu tidak membuat para pengunjungnya untuk tidak bermain air di kawasan pantai. Waktu kesini aku lebih memilih menikmati deburan ombak dan trekking sedikit ke pulau kecil didepannya, yaitu Pulau Drini.

Pulau Drini

Pulau Drini adalah sebuah pulau kecil yang terhubung dengan jembatan yang memisahkan pantai menjadi dua bagian. Bagian barat yang ombaknya agak besar, dan Pantai Drini bagian timur yang memiliki ombak lebih tenang sehingga disini diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin bermain air ataupun bermain kano.

Untuk ke pulau drini ini, kita hanya perlu melewati jembatan penghubung dengan membayar tiket masuk seharga Rp 3000. Disini kita bisa melihat keindahan pantai drini dari ketinggian. Terdapat beberapa spot selfie dan sebuah mercusuar. Buat yang penasaran, gak ada salahnya untuk main ke Pulau Drini.

Trekking Pulau Drini
View Pantai Drini dari Pulau Drini
Puncak Pulau Drini

Kenapa Harus Berkunjung Ke Pantai Drini?

1. Bisa Bermain Air Dan Pasir Pantai

Walaupun sudah aku sebutkan diatas kalau ombak pantai selatan itu besar, tapi kalau sekedar bermain air di tepian Pantai aja tidak apa. Kamu bisa ke bagian sebelah timur Pulau Drini yang jauh lebih aman untuk digunakan sebagai tempat bermain air.

2. Bibir Pantai Luas Dan Cukup Datar

Bibir pantai yang landai dan datar jadi salah satu pantai yang menyenangkan untuk dikunjungi. Karena ga semua orang yang datang ke pantai itu mau berenang. Bisa jadi ada yang berkunjung ke pantai hanya untuk bersantai.

3. Bisa Bermain Kano

Kalau ku pikir jarang ya ada pantai yang meyediakan perahu kano untuk kita bisa bermain, tapi disini kita bisa bermain kano dengan ombak yang tenang! Perahu kano yang ada pun terhitung cukup banyak. Sungguh mengasyikkan bukan?

4. Menikmati Pemandangan Pantai Drini dari Ketinggian

Di pantai ini terdapat tebing yang cukup tinggi, yang memungkinkan kamu menikmati pemandangan pantai dari tas. Sehingga tidak perlu punya drone kalau kamu ingin menikmati keindahan pantai ini. Kamu juga bisa naik ke puncak Pulau Drini lho!

5. Kulineran di Pinggir Pantai

Berhubung pantai ini merupakan pantai nelayan, jadi banyak perahu nelayan ditepi pantai. Makanan seafood yang disediakan pun bisa dibilang fresh karena langsung dari sumbernya! Harganya pun tidak terlalu mahal dan rasanya pun cukup enak.

Minum Es Kelapa di Pinggir Pantai

6. Fasilitas Penunjang yang Lengkap

Fasilitas yang ada di Pantai Drini sudah cukup lengkap. Kamu bisa menyewa payung dan gazebo, fasilitas dasar seperti tempat makan, toilet, tempat ibadah, tempat parkir juga tersedia dan bahkan penginapan di dekat Pantai Drini juga ada lho!

Seru banget kan bekunjung ke Pantai Drini? Selain banyak aktivitas yang bisa dilakukan, fasilitas yang tersedia juga sudah bagus dan kita bisa menikmati deburan ombak yang memecah bibir pantai. Tentunya membuat perjalanan ke pantai kali ini terasa begitu menyenangkan. Tertarik berkunjung ke Pantai Drini ini? Selamat berlibur~

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

14 thoughts on “Pantai Drini, Pantai Eksotis di Gunung Kidul, Jogjakarta”

  1. Dari dulu kalo kejogja pengen banget ke daerah gunung kidul karena info yang didenger bahwa disana banyak pantai yang bagus dan indah, setelah baca artikel ini.. jadi ingin sekali datang kepantai drini.. semoga bisa terwujud suatu hari nanti

    Like

  2. Di Jogja selatan memang banyak pantai yang cantik-cantik. Sayangnya karena di pantai selatan lautnya jadi agak berbahaya untuk berenang. Tapi duduk-duduk bersantai di pinggir pantai aja udah cukup menyenangkan. Thanks infonya, Kak.

    Like

  3. Gunung Kidul itu pantainya cantik-cantik sih memang, dan banyak sekali list yang belum di explore.
    Thank ulasannya ya mbak… nanti bakal dijadikan next destination hhehehe :))

    Like

  4. paket lengkap kalo main kesini ya kak, bisa main kano, kuliner pula. pantai. Bisa sambil hiking juga ya sambil liat pemandangan dari ketinggian, mantap banget ini

    Like

  5. wah.. keren bgt lokasinya mbak.. bener2 bikin betah kalo ke Jogja nih.. hahaa
    Jogja emang tempat yang penuh pesona yaa..terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com

    Like

  6. jadi ingat masa SMA dulu, liburan ke pantai drini dan pantai-pantai disekitarnya. yang berkesan waktu itu, mobil yang kami pakai mogok pas perjalanan pulang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s