Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa awalnya adalah sebuah stasiun kereta api yang kemudian dialih fungsikan menjadi sebuah museum, dimana menjadi museum perkeretaapian pertama di Indonesia. Museum ini menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi kalau kamu berlibur ke Semarang lho!

Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa

Alamat Museum Kereta Api Ambarawa

Alamat: Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614

Harga Tiket Masuk

Wisatawan Lokal: Rp 10.000/orang
Wisatawan Asing: Rp 30.000/orang

Waktu Operasional

Senin-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB

Berbicara tentang perkereta apian tentunya sangat melekat dalam diriku. Aku terlahir dan besar dalam keluarga kereta. Sejak kecil aku selalu diperkenalkan tentang dunia perkereta apian Indonesia ini. Dari mulai naik kereta api yang masih semerawut, ada yang di atap, hingga menjadi bagus seperti sekarang ini. Menaiki kereta api jarak jauh baik ekonomi, bisnis ataupun eksekutif sudah aku rasakan. Eitss pernah sekali juga naik kereta wisata hehe Aku cukup melihat perkembangannya.

Sejarah Kereta Api Indonesia

Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa ini menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Ini adalah kali kedua aku kesini, dan aku selalu excited. Disini kita bisa belajar dan melakukan beberapa aktvitas lho!

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

  • Menikmati Pemandangan Kereta Api Jaman Dahulu

Di Museum Ambarawa ini, kita akan melihat berbagai kereta api zaman dahulu yang memiliki desain unik. Ada kereta api yang sudah berumur sudah ratusan tahun, namun masih terawat hingga saat ini. Ada juga kereta dengan tahun terbaru, seperti tahun 2008.

  • Belajar Sejarah Kereta Api Indonesia

Museum adalah salah satu tempat kita bisa mengenang dan belajar sejarah bukan? Nah disini terdapat Informasi yang cukup lengkap. Dari awal bagaimana kereta di Indonesia ada, hingga terus di revitalisasi sampai saat ini. Bahkan juga ada koleksi loket/tiket dari masa ke masa, dan juga beberapa replika stasiun kecil pada saat itu. Kalau kamu menyukai sejarah, tentunya tempat ini akan membuat kamu betah berlama-lama didalamnya.

Baca juga: Museum De Tjolomadoe

  • Menaiki Kereta Wisata

Ada kereta wisata yang disediakan untuk pengunjung agar bisa berkeliling selama kurang lebih satu jam. Rutenya dari Ambarawa-Tuntang dengan menggunakan Lokomotif Diesel Vintage. Harga tiket perorangnya adalah Rp 100.000/ orang. Untuk pembelian tiketnya dibuka mulai jam 08.00 dengan sistem go show/ tidak ada sistem booking. Jadwal keretanya ada 1,5 jam sekali.

  • Hunting Foto Instagramable

Salah satu tujuan datang ke tempat wisata yaitu untuk mengabadikan moment bukan? Museum Kereta Api Ambarawa ini jadi tempat yang bisa mendapatkan berbagai foto yang cantik dan estetik lho!


Berwisata sambil belajar memang jadi hal yang mengasyikan! Kita bisa mengenang sejarah, mengetahui bagaimana keadaannya, bagaimana perjuangannya, hingga membuat kita sadar kalau apa yang sudah ada saat ini adalah hasil jerih payah di masa lalu. Jadi mari kita jaga dan rawat wisata-wisata seperti ini, agar kelak bisa abadi sepanjang masa.

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

33 thoughts on “Berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa”

  1. Mengingatkan sama lawang sewu yang juga ada banyak cerita sejarah tentang KAI. Tapi, sayangnya aku belum kesini nih mbak, semoga ada kesempatan bisa jalan jalan kesini ya..

    Like

    1. Wah makasih banyak mbak, akhirnya bisa lihat foto foto musem di ambarawa untuk aku yang tinggalnya di sidoarjo ..jauh banget kan kalau kesana….sangat terbantu sekali informasi jalan jalannya

      Like

  2. Waktu saya ke sini, nggak kebagian mau naik tur kereta wisatanya. Huhuhu… Tampaknya sepopuler itu ternyata. Museumnya memang bagus dan terawat. Bagus baik buat wisata sekaligus edukasi. Next time harus ke sini lagi dan naik kereta wisata!

    Like

  3. Wah keren ya, lokomotif kunonya masih terawat… Jadi pengen naik juga hehe. Kalo dari sisi penumpang sendiri, rasanya beda kah mbak naik lokomotif modern dengan lokomotif kuno? Lebih cepet atau lebih lambat mana? Berisik banget nggak?

    Aku suka sih naik kereta, kapan-kapan kalo ke Semarang boleh lah jadi wishlist museum ini…

    Like

    1. Kalau rasanya beda sih kak hihi dan tentunya lebih cepat lokomotif modern.. kalau lokomotif kuno ini agak berisik sih karena kan dia masih pake diesel gitu. Iyaa boleeh jadi wishlist kalo ke semarang 🙂

      Like

  4. wah semakin dalam penyesalanku, tidak jadi menyambangi museum kereta Ambarawa waktu main ke Semarang, huhuhuh.

    Like

  5. iiihhhh pengenn bangett naik yang lokomotif diesel vintage ituu aaaaa. kakk kaka kesini pas kapan kak. apa kakak memang ke ambarawa khusus bikin artikel ini atau gimana. kaka selalu travel edition blog nya kok keren bangetttt

    Like

  6. Kakek saya dulu kerja di sini, duluu banget tapi. Saya malah belum berkesempatan mengeksplorasi museum ini. Detail ya mbak… Lumayan nanti kalau buat wisata edukasi bareng anak-anak

    Like

  7. Pernah dulu pas sekolah ke sini rame-rame. Bangunannya masih zaman-zaman Belanda gitu, jadi bagus buat fotografi. Sayangnya, dulu pas sekolah sering liat film horor dan pas ke sananya mendung, jadi merasa horor juga.. 😂

    Like

  8. menarik mbak, sudah mengagendakan hal ini nih, tinggal pelaksanaannya nih hehehe, anak-anak suka kereta, suami juga ingin berkunjung kesana, semakin lengkap referensinya nih
    terima kasih sharingnya mbak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s