Museum De Tjolomadoe, Museum Pabrik Gula Berkonsep Modern

Museum De Tjolomadoe berada di Jalan Adi Sucipto No. 1 Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Museum ini pada awalnya merupakan sebuah pabrik gula yang bernama Pabrik Gula Colomadu yang didirikan pada 1861. Kini De Tjolomadoe diubah menjadi objek wisata baru, landmark bersejarah, dan sebagai pusat konvensi.

Museum De Tjolomadoe
Museum De Tjolomadoe

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional

Harga tiket masuk Museum adalah Rp 35.000
Jam Operasional: pukul 11.00 – 18.00 (Selasa- Kamis) atau 11.00 – 20.00 (Jumat – Minggu). Sedangkan Senin tutup, seperti museum pada umumnya.

The Transformation of Colomadu Sugar Factory
The Transformation of Colomadu Sugar Factory

Pengunjung yang datang kesini dapat belajar sejarah tentang bagaimana pabrik gula ini beroperasi pada saat itu. Dari mulai mendapatkan bahan baku, proses pembuatan gula, hingga pendistribusian.  

Disini terdapat 5 stasiun yang bertransformasi menjadi corner De Tjolomadoe yakni St. Gilingan, St. Penguapan, St. Karbonatasi, St. Betali dan St. Ketelan. Dimana stasiun ini, adalah stasiun kerja dalam proses pembuatan gula.

Selain terdapat museum yang menjadi objek wisata utama, De Tjolomadoe menyediakan outlet-outlet seni dan kerajinan untuk mendukung UMKM lokal serta melestarikan budaya melalui produk yang dijual, seperti lukisan, batik, dan sebagainya. Dan juga terdapat resto dan cafe didalamnya.

Berkunjung kesini, cukup membuatku senang. Melihat bagaimana pabrik gula beroperasi dari zaman dahulu, disertai dengan mesin-mesin besar yang digunakan pada saat itu, penataan ruang yang modern dan atraktif, membuat aku semakin menyadari bahwa hari ini ada karena ada masa lalu yang telah menjadi bagian dari sejarah.  

Baca juga: Museum Fatahillah Jakarta

Nah kamu tertarik untuk mengunjungi serunya destinasi De Tjolomadoe? Yuk jadikan list wisatamu kalau berkunjung ke Solo!

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

2 thoughts on “Museum De Tjolomadoe, Museum Pabrik Gula Berkonsep Modern”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s