Benarkah Rumput Tetangga Selalu Terlihat Lebih Hijau?

Kita mungkin sering banget merasa atau bahkan berpikir tentang orang lain “Dia enak banget yaa hidupnya. Pengen apa apa kayanya ada aja.” atau “Enak deeh jadi dia, bisa jalan-jalan terus. Kaya ga ada mikirin yang lain” atau juga iri sama teman “Duuh si X udah beli rumah. Kok bisa ya?”

Kadang kita sebagai manusia suka ga sadar sama yang kita pikirin tentang orang lain. Kita fokus sama mereka, padahal kita punya rumput juga loh dirumah kita sendiri.

Kenyataannya, kita ga akan pernah bener-bener tau apakah iya rumput tetangga beneran lebih hijau dan sehat? Iyasih, memang terlihatnya rumputnya lebih hijau dibanding punya kita. Tapi bisa jadi ada masalah didalamnya, misalnya akarnya sebenarnya di rayapin atau bisa jadi warnanya emang hijau tapi daun nya bolong-bolong dimakanin ulet. Ya kaan?

Terus kalau pun rumput tetangga lebih hijau dan lebih sehat juga, apakah kita tau perjuangan tetangga untuk ngerawat rumputnya? Siapa tahu dia emang effort-nya lebih ekstra dibanding kita. Nyiramin lebih sering, dikasih pupuk secara berkala, atau bahkan pakai pupuk kualitas top supaya rumputnya selalu hijau. Kalau musim kemarau datang, jangan-jangan mereka juga effort bikinin peneduh biar rumputnya ga terpanggang langsung sama matahari.

Atau…ada juga kemungkinan bahwa itu rumput sintetis, makanya selalu tampak sempurna hijaunya.

Entah rumput tetangga lebih hijau karena mereka merawatnya dengan lebih baik, atau rumput tetangga lebih hijau karena sintesis, alias palsu. Kita tidak tau pasti.

Kadang bisa jadi rumput kita memang ga sehijau kriteria rumput idaman, tapi malah rumput kita lebih sehat. Yang ga setiap hari kita siram tapi masih bisa survive, yang kena terik matahari tapi ga langsung gersang. Who knows?

Jadi, daripada kita terus musingin rumput tetangga yang tampak lebih hijau, let’s take a closer untuk lihat ke rumput taman kita. Kita evaluasi apakah effort kita sudah cukup baik untuk mengusahakan biar rumput kita hijau dan sehat? Kita bisa cari tahu lho tentang kesehatan rumput kita, akarnya gimana, daunnya seperti apa.

Selain rumput, kita mungkin juga punya bunga yang wanginya semerbak setiap hari di taman kita. Mari kita menikmati kehadiran bunga ini. Kita bisa membuat daftar apa yang kita punyai di dalam rumah, dan bagaimana upaya atau kerja keras yang sudah kita lakukan untuk mendapatkannya. Kita syukuri!

Baca juga: Bersyukur Terus, Emangnya Gampang?

Membandingkan kehidupan kita dengan orang lain memang ga akan ada habisnya. Toh jalan hidup setiap orang berbeda. Kita hidup di bumi yang sama, dengan kisah yang berbeda.

Ketika lagi menulis hal ini, aku pun juga akhirnya berpikir bahwa: Gapapa kok untuk terinspirasi dengan “hijaunya rumput” kehidupan orang lain. Tapi yang harus kita sadari bahwa untuk menuju “hijau” yang sama, kita mesti lihat proses seperti apa yang telah dia lalui.

Kita bisa ambil hal baiknya, jangan ikuti hal buruknya. Aku rasa kita semua sudah paham bahwa manusia selalu memiliki sisi baik dan sisi buruk. Terinspirasi boleh, tapi jangan mau untuk menjadi sama plek-plekan. Karena kita masing-masing punya cerita yang berbeda, punya petualangan hidup yang berbeda.

So stop comparing our life to other people’s life. 

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

19 thoughts on “Benarkah Rumput Tetangga Selalu Terlihat Lebih Hijau?”

  1. Tentu saja akan selalu seperti itu, karena apa? karena sudah ada dalam sifat dasar manusia itu sendiri…iri? ingin selalu lebih baik? so…kecuali kita sudah bisa mengendalikan sifat itu

    Like

  2. Hemm.. Betul banget tuh, kelihatannya rumput tentangga lebih hijau dari pada punya kita, akan tetapi pemahaman ini harusnya dilurukan..

    Dimana, setiap usaha yang dilakukan oleh seseorang tidak bisa dianggap mudah, belum tentu orang yang kamu lihat tersebut hidupnya selalu enak, soalnya kita cuman bisa melihat diluarnya saja, belum dalamnya..

    Jadi, jangan membandingkan kehidupan kamu dengan orang lain disekitar kamu, tetap bersyukur dan pecaya diri aja dengan jalan dan tujuan mu sebelumnya… Oke 😉

    Liked by 1 person

  3. Media sosial punya urun besar untuk sih dalam membanding2kan hidup kita, apalagi kalau lihat selebritas yang ekspose kehidupan terus, pada akhirnya semua kembali pada diri kita ya. bersyukur.

    Liked by 1 person

  4. Namanya manusia, susah untuk bersyukur. Kalau tidak bersyukur, pasti ada aja kurangnya. Seakan-akan tetangga lebih baik dari apa yang kita punya. Padahal, belum tentu juga.

    Liked by 1 person

  5. Sooooooooo powerfully writingg sistt!!! lovee this writing so muchh. kerenn kakkkk.
    itulah kedagingan manusia, kita malah fokus ke orang lain. Tidak fokus ke berkat-berkat yang sudah dipercayakan Pencipta ke kita. Melihat dari kelebihan kita, pun juga tanpa mengcompare dengan kekurangan yang dimiliki orang lain.

    Bersyukur karena kita tahu Tuhan baik, bukan karena keadaan kita yang sedang baik. Kala keadaan sedang tidak baik pun, kita tetep bersyukur karna yang kita tahu Tuhan tetep baik.

    Thankyouuuu kakkk

    Liked by 1 person

  6. Betul, karena qt g tau cerita dibaliknya, karena dpt cerita seorang teman yg bergaji puluhan juta, tp ibunya sakit kanker. Mudah2an qt semua selalu bersyukur dgn rejeki yg d berikan, Aamiinn

    Liked by 1 person

  7. Iyaa, banyak loh tapi orang yang lebih fokus iri dengan rumput tetangga tapi ga berusaha nyiram rumput sendiri. Padahal hidup kayak gitu malah bikkn capek, karena diatas kita selalu akan ada atasnya lagi.

    Liked by 1 person

  8. “Atau…ada juga kemungkinan bahwa itu rumput sintetis, makanya selalu tampak sempurna hijaunya.”

    Benerrr bangett ini, kalau kata orang jawa “urip iku sawang sinawang”.
    Jadi enjoy saja.

    Liked by 1 person

  9. kadang kita gaktau ya kak seberat apa yang sudah dilalui sama tetangga sampai rumputnya terlihat hijau. kita taunya sudah hijau aja. semoga kita semakin mensyukuri setiap cerita dihidup kita kak..

    Liked by 1 person

  10. Emang sih, kita selalu suka membandingkan kehidupan kita sama orang lain yang kelihatannya lebih bahagia. Padahal kita nggak tahu juga masalah mereka kayak apa, perjuangannya kayak apa?
    Fokus aja sama diri sendiri jangan tengok kanan kiri dan malah nggak bersyukur.
    Semangat💪

    Liked by 1 person

  11. Sering banget ngerasa kayak gini. Kok orang lain bisa dapat sesuatu yang lebih baik dari kita. Padahal ya ngga tau apa yang mereka rasain. Jadi, penting banget bersyukur dengan apa yang udah aku miliki saat ini.

    Liked by 1 person

  12. terkadang kita juga tidak mengetahui perihal yang terjadi dibawah rumput itu, rumput boleh hijau namun terkadang ada hal yang ditutupi mereka agar siapapun tidak mengetahui sebuah masalah yang sedang dialami.

    Liked by 1 person

  13. hidup juga hanya sawang sinawang kak, jadi terkadang yang kita lihat hanya kulitnya saja. Dalamnya tidak ada yang tahu, padahal setiap keluarga mempunyai cobaan yang berbeda. Terima kasih ulasannya sangat menginspirasi.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s