Keindahan Danau Kembar, Solok, Sumatera Barat

Sumatera Barat memiliki alam yang luar biasa indahnya. Mungkin kebanyakan dari kita taunya kalau Sumatera Barat terkenal dengan Padang dan Bukittinggi. Tapi lebih dari itu, ada satu daerah yang juga ga kalah indahnya. Alahan Panjang namanya. Alahan Panjang merupakan salah satu Nagari (kelurahan/desa) yang berlokasi di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Alahan Panjang berada di kaki Gunung Talang yang merupakan bagian dari gugus Bukit Barisan, yang berjarak sekitar 65 kilometer dari Kota Padang. Alahan Panjang terkenal sebagai daerah dengan suhu paling dingin di Sumatera Barat. Rata-rata suhu mencapai 10–18 derajat. Bahkan, ketika matahari sedang bersinar terik di atas kepala pun tidak terasa panas dan gersang. Ohya salah satu destinasi wisata disini adalah Danau Kembar.

Danau Kembar
Danau Kembar

Danau Kembar merupakan julukan yang diberikan untuk Danau Diateh (Di Atas) dan Danau Di Bawah. Kedua danau ini memiliki luas hampir sama dan terletak berdekatan sehingga disebut Danau Kembar.

Danau Kembar menyajikan panorama yang sangat indah, berlatarkan pegunungan yang dibalut kabut. Aktivitas para petani sayuran menjadi pemandangan yang cukup mengasyikan tersendiri yang bisa kita temui di sini.

Danau Kembar
Danau Kembar

Kedua danau terhampar saling berdekatan. Satu danau terletak lebih tinggi dari yang lainnya. Uniknya, danau yang lebih tinggi justru disebut sebagai Danau Di Bawah sementara yang lebih rendah disebut Danau Di Atas.

Me on Danau Kembar
Me on Danau Kembar

Sepanjang perjalanan menuju danau ini, kita disuguhi perkebunan teh yang luas, rapi dan segar. Banyak wisatawan yang hanya sekedar singgah untuk berfoto di tengah-tengah perkebunan teh dengan latar Gunung Talang, menikmati pemandangan sambil melihat pekerja yang sedang memetik daun teh, maupun menikmati sajian minuman hangat di warung kopi sekitar perkebunan. Mengabadikan moment perjalanan memang sudah menjadi hal wajib yang selalu dilakukan oleh wisatawan ke berbagai tempat.

Baca juga: Jenis-jenis Travel Photography yang Harus Kamu Ketahui

Kebun Teh Danau Kembar
Kebun Teh Danau Kembar

Setelah hamparan perkebunan teh dilewati, akan ada jejeran tanaman-tanaman hias yang dijual oleh warga lokal serta terlihat aneka tanaman sayuran dan palawija yang menghijau di lereng-lereng bukit. Disini, kita bisa membeli hasil tanaman sayuran dan palawija langsung ke petaninya, lho!

Baca juga: Lembah Terindah di Barat Indonesia

Destinasi wisata ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat kalau kamu berwisata di Sumatera Barat. Kamu juga akan akan disuguhi panorama yang begitu asri dan hamparan pemandangan yang menyejukkan mata.

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

10 thoughts on “Keindahan Danau Kembar, Solok, Sumatera Barat”

  1. Wahhh.. ternyata Sumatra Barat ternyata keren2 ya alamnya..

    Pengen suatu saat pergi ke sana, hunting foto pemandangan & arsitektur rumah gadang ato masjid raya.

    Artikelnya keren.. smoga semakin berkembang ya

    Like

  2. Aku dlu pernah ke sumatra Utara, medan. Ke beras tagi yg ada air terjun nya. Slain itu gk pernah, hehe

    Like

  3. Wah keren yaa, belum pernah nih aku menginjakkan kaki ke sumatera kayaknyaa banyak tempat bagus yaa disini. Next trip ah!

    Like

  4. View gunung dan laut selalu membius. Suuuka banget kalau nemu postingan mengenai suatu wilayah kayak gini. Suka mempikan suatu saat bisa kesana juga.
    Nice post.
    Salam kenal yaa πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s