3 Usaha Sampingan Buat Moms Yang Suka Nulis

Di era digital saat ini, membuka semakin banyak peluang usaha yang bisa dilakukan, salah satunya bagi moms yang suka menulis. Mari simak 3 usaha sampingan yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan.

Menjadi seorang ibu rumah tangga selalu identik dengan hal pekerjaan rumah, seperti merawat anak, menyapu, mencuci pakaian dan berbagai pekerjaan rumah tangga lainnya. Di era digital saat ini, membuka semakin banyak peluang usaha yang bisa dilakukan, khususnya bagi moms yang suka menulis. Moms pasti sudah sering melihat banyak tulisan yang terbit setiap harinya, entah melalui sosial media, website ataupun berbagai platform lainnya. 

Tulisan yang terbit memiliki tujuan yang berbeda-beda. Oleh karenanya menulis bukanlah hal yang mudah dan tidak boleh diremehkan. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang ingin memasarkan produknya. Tentu seseorang yang ahli dalam menulis konten atau yang dikenal dengan sebutan content writer sangat dibutuhkan di dalam prosesnya. 

Menjadi seorang content writer bisa menjadi peluang usaha sampingan yang bisa moms manfaatkan. Selain akan menambah penghasilan, moms juga bisa mengasah kembali kemampuan menulis yang dimiliki. Berikut ini 3 usaha sampingan yang bisa moms lakukan dari kemampuan content writing untuk menambah penghasilan.

1. Blogger

Moms pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Ya, blogger adalah salah satu profesi yang banyak diminati. Sudah banyak kisah blogger sukses yang menghasilkan income dari konten tulisan yang mereka buat. Bahkan ada yang sampai membentuk sebuah tim untuk menghasilkan konten yang berkualitas pada blognya. Melalui blog pribadi yang dimiliki, moms bisa membuat artikel unik dengan ciri khasnya moms. Moms bisa memonetisasi blog dengan menulis review produk yang mencantumkan link affiliate, hingga menjual produk digital, menawarkan content placementsponsored post, dan lainnya. 

2. Copywriter

Copywriter berfokus untuk menarik perhatian audience yang mampu menyampaikan materi dengan kata-kata persuasif terhadap konten yang dibuat untuk promosi. Copywriter membutuhkan banyak informasi yang mendalam tentang sebuah produk atau jasa. Peran copywriting dan content writing sangat erat, keduanya saling melengkapi dalam pembuatan konten, baik konten website ataupun sosial media. Makanya tak heran kalau banyak perusahaan yang mencari orang yang ahli di bidang ini. 

4. Penulis Freelance

Setelah mendalami dunia menulis, moms dapat juga mendapatkan penghasilan sampingan dari menawarkan jasa menulis lepas. Tulisannya dapat berupa tulisan jurnalistik, creative writing seperti cerpen atau puisi, hingga content writing untuk pihak maupun perusahaan tertentu untuk kebutuhan marketing produk, review, dan sebagainya. Industri penulis freelance cukup menjanjikan dengan jam kerja yang fleksibel. Moms dapat mengunjungi beberapa platform freelance seperti sribulancer, freelancer indonesia, projects.co.id, fastwork, dan masih banyak lagi.

Tips Menjadi Content Writer Profesional

Menjadi seorang content writer bukanlah hal mudah. Karena ada hal hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis. Moms juga perlu fokus untuk terus berlatih menulis dan memahami kebutuhan pembaca agar moms bisa menjadi seorang content writer profesional yang mampu membuat sebuah tulisan yang menarik dan enak dibaca oleh audiens. Berikut beberapa tips menjadi seorang content writer profesional

1. Rajin Membaca

Moms pasti tau bahwa dengan rajin membaca, moms dapat memperkaya wawasan terkait apapun baik itu kosakata maupun informasi. Ga hanya itu aja, moms juga bisa belajar bagaimana berkomunikasi melalui tulisan kepada audiens. 

Di era sekarang ini, membaca tidak harus melalui buku fisik saja, tapi bisa melalui e-book yang bisa dengan mudahnya diakses melalui ponsel pintar atau smartphone. Selain buku, moms juga bisa membaca artikel yang bagus dan berkualitas. Agar moms bisa mengetahui alur penulisan dalam artikel tersebut. 

2. Melakukan Riset

Sebelum menulis, moms bisa melakukan riset terlebih dahulu terkait konten yang ingin dibahas. Riset ini akan memudahkan moms dalam menulis bagian-bagian penting yang ingin dicantumkan didalam penulisan. Moms juga bisa mencantumkan keyword penting, agar artikel yang dibuat mudah terbaca oleh mesin pencarian.

3. Meningkatkan Kemampuan

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “pelaut ulung tidak lahir dari laut yang tenang”. Tidak ada yang tiba tiba sukses tanpa adanya kegagalan dan berbagai kerja keras yang dilaluinya. Oleh karenanya moms perlu mengasah dan meningkatkan skill yang dimiliki. Moms bisa mengikuti pelatihan menulis atau latihan secara mandiri, bahkan moms dapat mengasah skill menulis dengan mengikuti lomba menulis atau blog yang diadakan pihak tertentu.

Saat ini sudah banyak pelatihan online yang menyediakan berbagai ilmu dan materi untuk meningkatkan skill content writer. Salah satunya moms bisa mengikuti kursus menulis di Impactfulwriting.com. Disini, moms dapat belajar banyak tentang pengetahuan dasar untuk menulis dan menjadi content writer. Materinya juga lengkap, dengan modul dan video yang berisikan teori dasar menulis dan konten sosial media. Moms juga dapat mengikuti webinar yang diadakan reguler oleh Impactfulwriting. Skill menulis moms juga diasah melalui uji kompetensi menulis artikel.

4. Bergabung Dalam Komunitas 

Manfaat bergabung dalam sebuah komunitas adalah untuk bisa berjejaring dengan para content writer lainnya. Moms bisa belajar dari mereka serta meminta kritik dan saran agar bisa mendapatkan masukan dalam penulisan dan lebih baik lagi. Biasanya juga dalam komunitas blogger ada namanya program blogwalking, yang dimana moms saling berkunjung ke blog teman-teman dan memberikan komentar pada artikel mereka. Akan terasa menyenangkan bukan?

Tips Menjadi Content Witer Profesional
Tips Menjadi Content Writer Profesional

Penutup

Memanfaatkan skill content writing yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah salah satu usaha sampingan yang dapat moms lakukan. Terlebih kalau moms punya hobi menulis dan ingin menghasilkan uang dari menulis. Akan menjadi hal yang menyenangkan bukan? Usaha ini cukup mudah dilakukan, namun moms harus siap berlatih dan meningkatkan skill menulis secara konsisten. Selamat berkarya ya moms!~

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: