Mudahnya Investasi Untuk Capai Impianmu Di Masa Depan

Sejak duduk di bangku sekolah, aku berkeinginan untuk bisa menginjakkan kaki di Seoul. Kenapa sih mau ke Seoul? Karena aku merupakan fan girl-ing pada saat itu. Apapun aku lakukan untuk bisa bertemu Idola! Dari mulai nonton konser 2pm, konser music bank, nonton film-film korea yang dulu suka premier di Grand Indonesia, nonton drakor, beli album dan poster hingga datang ke festival-festival korea yang diadakan di sekitar Jabodetabek.

Dari keinginan ini, aku menyadari bahwa aku tidak memiliki tabungan yang tersisa. Karena tabungan baru terkumpul sedikit, cus langsung beli tiket konser. Dapat uang angpau, tertarik untuk beli album Girls Generation. Duhhh.. momen-momen itu masih berasa sekali. Sampai dengan aku lulus sekolah dan memasuki dunia perkuliahan yang dimana semua berubah. Dimana keseharian yang tadinya boros beli a b c untuk per-kpop-an berubah menjadi niat untuk bisa datang ke negaranya langsung.

Aku harus bisa mengelola uang yang diberikan oleh orang tua. Terlebih jarak rumah ke kampus cukup jauh, dan dapat dijangkau dengan sepeda motor. Namun aku harus memikirkan untuk pengeluaran harian seperti bensin, makan, dan berbagai pengeluaran lainnya. Terus gimana yaa caranya untuk bisa tetap nabung dan punya manfaat lebih?

Semester pertama aku masih cukup struggle dalam mengelola keuangan. Sering jajan dan makan diluar seringkali bikin uang tersisa seadanya yang bikin pengeluaran sulit dikontrol. Sampai akhirnya aku bertemu temanku pada acara kegiatan sosial yang kemudian memperkenalkanku pada Galeri Investasi, sebuah tempat untuk mahasiswa yang ingin belajar investasi di kampusku. Aku pun diajak datang dan diperkenalkan tentang investasi saham, reksadana, datang ke seminar investasi hingga mengikuti sekolah pasar modal di IDX.

Perkembangan teknologi yang pesat, membuat orang semakin praktis dalam menjalani berbagai aktivitas. Hampir seluruh waktu kita dalam satu hari dihabiskan pada smartphone. Mulai dari urusan pekerjaan, hiburan, belanja kebutuhan, transportasi, hingga transaksi keuangan. Saat itu aku menyadari bahwa teknologi yang semakin maju ini memang benar-benar memudahkan segala akses informasi dan memudahkan transaksi keuangan salah satunya adalah adanya aplikasi investasi saham dan reksadana dari suatu sekuritas yang bisa dengan mudahnya di akses melalui smartphone.

Aku mulai belajar melakukan investasi dengan menyisihkan uang yang kupunya. Terlebih lagi aku punya goal untuk bisa ke Seoul. Wah semangat sekali rasanya kala itu untuk bisa hemat. Pikiran uang untuk beli kopi 20.000 terasa sayang, karena lebih baik di investasikan aja! Aku merasakan perbedaan yang cukup signifikan ketika aku mulai berinvestasi pada masa kuliah saat itu. Berikut ini aku tuliskan pentingnya melakukan investasi.

Pentingnya Melakukan Investasi - www.jastitahn.com
Pentingnya Melakukan Investasi

1. Melatih Disiplin Dalam Mengelola Finansial

Membiasakan diri untuk melakukan investasi tentu akan membantu dalam mengelola keuangan. Kamu akan membatasi pengeluaran setiap bulannya, dan mengalokasikan sebagiannya untuk investasi. Di tahap ini, seakan kamu akan dituntut untuk terus konsisten demi mencapai manfaat yang menguntungkan di kemudian hari.

2. Mempersiapkan Diri Untuk Masa Depan

Investasi yang disiapkan dari sekarang akan membantu kamu untuk hidup tenang di kemudian hari. Karena mempersiapkan kebutuhan finansial untuk masa depan dapat diukur berdasarkan jangka waktu yang diinginkan, entah jangka pendek, menengah dan panjang. Pengukuran jangka waktu ini berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dan kebutuhan finansial yang ingin dipenuhi.

3. Meningkatkan Nilai Aset

Uang yang dialokasikan ke dalam produk investasi terhitung sebagai aset. Karena seiring berjalannya waktu, ekonomi terus bertumbuh. Jika tidak meningkatkan aset yang kamu miliki, aset tersebut akan berkurang nilainya oleh inflasi. Sehingga meningkatkan aset dalam investasi yang kamu jalankan, maka akan dapat menambahkan nilai aset tersebut dan memenuhi tujuan finansial mu di masa depan.

Namun perlu diketahui…

Bahwa tidak selamanya investasi saham ataupun reksadana selalu menguntungkan. Namanya baru mulai, pasti ada saja kerugian yang didapat. Misal beli saham gorengan yang tau-tau nilainya turun drastis. Dari beberapa kegagalan yang aku dapat saat itu, mengajarkanku untuk lebih teliti dan berhati-hati kedepannya. Berikut aku share 3 tips penting dalam memulai investasi untuk pemula, sehingga kamu dapat merasakan pengalaman investasi yang aman, terpercaya dan profesional.

Tips Memulai Investasi - www.jastitah.com
Tips Memulai Investasi

1. Mengetahui Tujuan Investasi

Sebelum melakukan investasi, kamu perlu mengetahui tujuan investasimu. Apakah untuk jangka pendek, menengah ataupun panjang. Karena hal ini akan berkaitan dengan profit yang akan kamu terima selama dalam kurun waktu yang dipilih.

2. Melakukan Riset Sebelum Berinvestasi

Kemudahan teknologi saat ini sangat membantu kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan investasi. Riset ini meliputi instrumen investasi yang mau kamu pilih, memilih sekuritas atau broker yang aman dan terpercaya yang sudah terdaftar di OJK dan menjadi anggota Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pemilihan sekuritas pun perlu di perhatikan, apakah sekuritas ini bisa dimulai dengan modal yang rendah, berapa biaya transaksi jual-beli yang dikenakan, cyber security nya, bisa diakses melalui smartphone kah, dan lainnya.

3. Investasi Sesuai Dengan Profil Resiko

Dalam berinvestasi ada profil resiko yang harus kita pahami, yaitu Agresif (Resiko Tingi), Moderat (Resiko Menengah) dan Konservatif (Resiko Rendah). Profil resiko ini disesuaikan dengan kondisi finansial yang kita miliki. Dengan mengenal profil resiko ini, kita akan terhindar dari rasa cemas jika sewaktu-waktu nilainya turun.

Mengenal Investasi Saham dan Reksadana Pada SFAST Sekuritas

SFAST Sekuritas merupakan aplikasi investasi saham dan reksadana dari PT Surya Fajar Sekuritas yang memberikan kemudahan dalam mewujudkan tujuan keuangan di masa depan. SFAST Sekuritas diisi oleh manajemen professional yang telah memiliki pengalaman panjang dan rekam jejak yang meyakinkan di dunia keuangan, khususnya investasi dan pasar modal.

Kelebihan Melakukan Investasi Saham dan Reksadana di SFAST

Kelebihan Investasi Saham dan Reksadana di SFAST - www.jastitahn.com
Kelebihan Investasi Saham dan Reksadana di SFAST

Transaksi Mudah

Aplikasi ini memudahkan kita untuk melakukan transaksi jual-beli saham dan reksadana hanya dalam satu aplikasi saja. Menarik sekali bukan? Cukup melakukan login, kita dapat secara efisien melakukan transaksi.

Aman dan Terpercaya

SFAST Sekuritas sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) & Bursa Efek Indonesia. Bahkan setiap aksi korporasi dari SF Capital maupun anak usahanya dipantau dan wajib mengikuti aturan yang berlaku di pasar modal.

Biaya Administrasi Terjangkau

SFAST Sekuritas mengenakan biaya administrasi yang terjangkau, sehingga sangat menguntungkan investor dalam melakukan transaksi jual-beli saham maupun reksadana.

Memiliki Fitur Update Informasi

Aplikasi ini menyediakan fitur update informasi, dimana kita dapat menemukan berbagai informasi secara gratis dari mulai data keuangan perusahaan, data jual-beli, riset keuangan, analisis reksadana, berita keuangan dan lainnya.

Memulai investasi dengan SFAST pun cukup mudah! Kamu hanya perlu mendaftarkan diri dengan melakukan pengisian formulir pembukaan rekening untuk dilengkapi, lalu melakukan deposit dana ke dalam rekening efek atau rekening dana nasabah untuk mengaktifkan akun, kemudian kamu bisa mulai bertransaksi secara langsung.

Penutup

Memahami pentingnya berinvestasi dan memulainya menjadi salah satu hal yang mengubah kehidupanku. Aku bisa mewujudkan mimpiku ke Seoul saat itu dan mengexplore berbagai kota di Indonesia tanpa khawatir akan kebutuhan finansialku di kemudian hari akan terganggu. Karena dengan berinvestasi, aku percaya kita mampu mewujudkan tujuan yang kita punya di masa depan.

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

13 thoughts on “Mudahnya Investasi Untuk Capai Impianmu Di Masa Depan”

  1. Investasi memang penting dan perlu dilakukan sejak dini, namanya investasi harus bisa dibagi jangka pendek dan jangka panjang.. serem ngeliat berita tentang inflasi beberapa waktu terakhir

    Like

  2. betul banget kak kalau investasi harus dilakukan di usia muda karena dengan begitu bisa mendapatkan profit bisa untuk jangka pendek, menengah dan panjang

    Like

  3. Saya sering dapat saran dari pakar keuangan bahwa jika ingin sukses dan mencapai kebebasan finansial di masa depan, kita harus rajin berinvestasi. Saran yang sangat masuk akal, tapi tak kunjung saya lakukan. Mudah-mudahan ke depan saya mulai bisa berpikir untuk berinvestasi meski dalam skala kecil.

    Like

  4. Terjawab sudah. Jujurly, selama ini aku penasaran gimana caranya kak Jastitah bisa keliling Indonesia traveling tanpa beban gitu. Ternyata emang udah investasi sejak awal ya. Keren banget sih, salut aku..

    Sekarang aku juga lagi belajar investasi ini kak, ya ada yg liquid ada yg gak liquid juga. Salah satu tujuannya ya itu, biar bisa traveling bebas. Doain bisa ngikutin jejak kaka yaa…

    Like

    1. Sama, penasaran juga sama mba Nur ini bisa traveling. Buat saya klo sudah berkeluarga rasanya kaya makin sulit aja untuk bisa menjelajah Indonesia hehe. Kuncinya dengan investasi. Makasih sharingnya mba.

      Like

  5. ah, bener banget. investasi membuatku untuk terus bermimpi supaya bisa jalan-jalan keliling dunia. tanpa investasi, aku ngerasa enggak punya mimpi apa-apa. infonya sangat membantu sekali membuka wawasan soal investasi

    Like

  6. ah, bener banget. investasi membuatku untuk terus bermimpi supaya bisa jalan-jalan keliling dunia. tanpa investasi, aku ngerasa enggak punya mimpi apa-apa

    Like

  7. Wah, keknya aku padamu, kak..
    Hahha.. Gak bisa banget liat konser nganggur, pokoknya kudu gercep nonton. Kalo belum bisa nonton langsung ke venue, pasti deh, nobar sama temen-temen.
    HUhu… Emang jatuhnya jadi gabisa nabung yaa..

    Kudu banget keuangan diatur dengan cara investasi. Kebayang goals keuangan tercapai karena rajin menabung dan berinvestasi menggunakan SFAST Sekuritas.

    Like

  8. Mau investasi takut kalau ada tipuan-tipuan. Dari dulu hanya belajar teori investasi. Kak jastitah punya materinya? Mungkin bisa dishare ilmunya di sini. Biar gak salah jalan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s