Melestarikan Budaya di Museum Layang-Layang Indonesia

Siapa yang suka bermain layang-layang semasa kecil? Kangen gak sih lari-larian di tanah lapang narikin benang bareng teman-teman? Kalo aku jujur kangen banget!

Walaupun permainan ini umumnya dilakukan oleh anak laki-laki, tapi jangan salah waktu kecil pun aku sering bermain layang-layang juga. Main di siang dan sore hari sampe keling! haha

Dulu rasanya senang sekali kalo melihat layang-layang yang terbang di langit dengan sangat indah. Apalagi beberapa kali aku pernah melihat kompetisi layang-layang, yang dimana kita bisa melihat banyak layang-layang cantik dan elegan terpajang di atas langit. Tapi sayang yaa, sekarang udah jarang banget melihat anak-anak bermain layang-layang 😦 karena mungkin udah jarang ada tanah lapang dan juga tergantikan oleh permainan masa kini. Padahal seru sekali permainan ini.

Beberapa waktu lalu aku berkunjung ke salah satu tempat untuk bernostalgia melihat keindahan layang-layang. Yapss ke Museum Layang-layang Indonesia! Hahhh emangnya ada? Ada! Aku pun baru mengetahuinya juga, dan mengajak temanku untuk datang kesana. Dan waaah koleksi layang-layangnya banyak sekali ternyata!

Museum Layang-layang

Alamat Museum Layang-layang

Museum Layang-layang Indonesia terletak di Jl. H. Kamang No. 38 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan 12450

Harga Tiket Masuk Museum Layang-layang

Tiket masuk ke Museum Layang-layang ini terbagi menjadi dua, yaitu

Dewasa Rp 25,000 | Anak Rp 20,000

Jam Operasional Museum Layang-layang

Buka setiap hari, dari Senin – Minggu pukul 09.00 – 17.00

Tentang Museum Layang-layang

Museum Layang-layang berdiri sejak tahun 2003 oleh Ibu Endang W. Puspoyo. Tujuan didirikan museum ini yaitu untuk melestarikan budaya layangan dari setiap daerah. Hingga saat ini, koleksi layangan di museum pun telah mencapai ratusan layang-layang lho!

Layangan yang ada di Museum Layang-Layang ini bermacam-macam. Mulai dari layangan berbentuk kecil hingga yang paling besar, layangan tradisional, layangan modern, layangan dalam negeri, dan layangan yang berasal dari manca negara.

Ohya pada tahun 2018 Museum Layang-layang ini pernah berkontribusi untuk menyambut Presiden India, yang kemudian penyambutan ini diabadikan langsung menjadi layangan Presiden India dan Indonesia. Waah keren!

Selain itu, disini kita juga bisa menemukan layangan-layang yang pernah berpartisipasi dalam festival Internasional dan menjadi juaranya. Dan tentunya ada berbagai bukti kesuksesan museum layang-layang ini dari koleksi pin, sertifikat penghargaan, plakat, hingga postcard layang-layang yang berskala Nasional hingga Internasional.

Baca juga: Museum Sejarah Terbesar di Asia Tenggara

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Museum Layang-layang

Di dalam museum ini, tidak hanya informasi seputar layangan saja yang bisa kita temukan lho! Kita bisa melakukan aktivitas berikut ini.

Melihat Berbagai Koleksi Layang-layang

Koleksi layang-layang yang ada di museum ini cukup banyak dan beragam. Bahkan sepertinya hampir semua ada Layang-layang dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Menariknya, ada layang-layang yang dibuat dari daun palem dan daun pisang. Keren banget kaan?

Menonton Film Sejarah Layang-layang

Sebelum kita melihat koleksi layang-layang, kita akan di persilahkan masuk kedalam ruangan untuk menonton film sejarah layang-layang. Bagaimana layang-layang dulu bisa ada, hingga akhirnya tersebar ke berbagai negara yang salah satunya Indonesia. Juga diperlihatkan bentuk layang layang dari masa ke masa. Jadi dapat banyak pengetahuan baru tentang layang-layang.

Workshop Pembuatan Layang-layang

Setelah melihat koleksi layang-layang, kita bisa membuat layang-layang juga disini. Seru bangett! Dari mulai menggunting, merekatkan dengan lem, mewarnai hingga menautkan benang ke layang-layangnya!

Berkunjung kesini membuatku rindu dengan masa kecil akan bermain layang-layang yang penuh dengan canda dan tawa. Berharap kerinduan ini bisa abadi dan terkenang untuk bisa di ceritakan ke generasi berikutnya.

Untuk kamu yang sedang belajar menerbangkan layanganmu, tetap berusaha dan jangan menyerah! Kadang memang dibutuhkan angin yang kencang untuk menerbangkan layangan agar semakin tinggi. Tapi jangan lupa untuk tetap mengikat talinya di bumi. Hingga kita tidak lupa diri.

Jastitah

Nah kamu tertarik untuk mengunjungi Museum Layang-Layang Indonesia? Yuk kita ikut lestarikan budaya dengan mengunjungi dan mengapresiasi Museum Layang-Layang Indonesia!

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

12 thoughts on “Melestarikan Budaya di Museum Layang-Layang Indonesia”

  1. Wah asyik bgt ini mbak.. baru tau ternyata ada seniman yg mau bikin galeri layang-layang seperti..

    Galeri seni kaya gini bisa jadi tempat & referensi belajar bagi tiap org yg pengen lebih mengenal beragam bentuk seni rupa..

    Trimakasih terlalu berbagi informasinya ya mbak.. smoga semakin banyak artikel kerennya..

    Like

  2. Dulu di Bali rutin diadakan festival layang-layang. Sayangnya pandemi terjadi. Festivalnya jadi terhenti. Padahal seru tuh lihat langit diramaikan layang-layang.

    Like

  3. Sama mba, saya juga perempuan dan waktu kecil sangat suka main layangan, berlarian mengejar layangan putus, dan berlari menerbangkan layangan. Seneng banget kalo layangan udah naik, narik ulurnya itu menyenangkan.

    Like

  4. Wah baru tau kalau ada museum layang-layang. Pasti koleksinya banyak yaa! Jadi inget masa kecil pas main layangan. Semoga bisa ada kesempatan untuk ke museumnya. Thanks ya mba sudah info

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s