Gamplong Studio Alam, Hollywood-nya Jogja

Gamplong Studio Alam adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan berbagai desain replika bangunan unik yang konon disebut sebagai ‘Mini Hollywood”.

Waktu roadtrip ke Yogyakarta, aku memasukkan destinasi wisata Gamplong Studio Alam. Lokasinya berada di kabupaten Sleman, yang jaraknya 16KM dari Kota Yogyakarta.

Menurut info yang beredar, awalnya tempat ini dijadikan sebagai lokasi syuting film Sultan Agung The Untold Love Story, yang merupakan film dari karya sutradara Hanung Bramantyo. Kemudian lokasi ini pun dipakai untuk syuting film lainnya, seperti Bumi Manusia dan juga Habibie & Ainun 3.

Gamplong Studio Alam ini terbagi menjadi 3 set lokasi. Dimana masing-masing lokasi ini menunjukkan tempat syutingnya film yang kusebutkan diatas.

Untuk harga tiket masuknya aku kurang tau pasti. Tapi kemarin karena kami datang bertujuh orang, kami membayar Rp 50.000. Sedangkan kalau kita mau masuk ke 3 set lokasi lainnya dan naik kereta dikenakan tambahan biaya Rp 10.000/orang/lokasi.

Di depan pintu masuk kita bisa melihat ada gerbang keraton. Kemudian bergeser kesebelah kirinya ada kampung kumuh, yang dipakai untuk syuting film Habibie & Ainun 3 saat Ibu Ainun mengajar anak-anak.

Tempat ini merupakan replika bangunan pada abad masa kolonial. Ada gerbang keraton, pendopo alit dan pendopo ageng keraton karta, benteng holandia atau batavia, kawasan kampung mataram, mobil jaman dulu, hingga kampung pecinan masa lampau yang membuat kita seakan-akan berada pada Indonesia di masa lalu.

Bangunan – bangunan inilah yang menjadi daya tarik utama tempat wisata ini yang dijadikan background foto oleh para pengunjung yang datang. 

Selama berkunjung ke tempat ini, kita juga bisa belajar sedikit tentang proses pembuatan film. Properti dan setnya ternyata dibuat sedetail mungkin sehingga tak heran jika tempat ini juga pas digunakan sebagai wisata edukasi perfilman.

Ohyaa ga cuma bisa foto foto aja, kita juga bisa naik kereta yang juga dipakai syuting film Bumi Manusia loh! Rel nya tidak begitu panjang. Tapi cukup membuat senang! Juga agar kita tidak jalan jauh 😀

Disini juga ada beberapa toko makanan seperti batagor, tahu walik, tahu gejrot dan juga minuman seperti kopi, es tebu, air mineral. Kalau semisal lapar atau haus, bisa mampir untuk kesini. Harga pun terjangkau kok!

Baca juga: Geblek Menoreh View, Angkringan Kekinian di Jogja

Datang kesini bersama dengan keluarga menjadi pengalaman yang cukup seru dan menyenangkan! Tapi kalau bisa datang di pagi atau sore hari agar tidak terlalu terpapar sinar matahari. Banyak spot foto menarik dan tentunya jadi sedikit belajar tentang keadaan di masa lalu.

Nah kalau kamu berlibur ke Jogja, bisa sempatkan sebentar ke wisata Gamplong Studio Alam yaa!

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

6 thoughts on “Gamplong Studio Alam, Hollywood-nya Jogja”

  1. Aku kangen nonton film perjuangan Republik Indonesia.
    Kemarin nonton Soekarno, bahkan Bumi Manusia, aku baca bukunya, belum nonton fimnya.
    Lokasi Gamplong Studio Alam sangat vintage sekali… Tinggal pakein filter pas foto, serasa terlempar ke masa lalu yaa..

    Like

  2. Keren jogja. Semoga perfilman Indonesia dan pariwisata Indonesia semakin maju ya kak. Saya jadi teringat juga dengan drama korea yang menggunakan promo wisata seperti ini yaitu mengelola lokasi syuting drama populer menjadi sebuah objek wisata yang dapat mendatangkan turis domestik maupun mancanegara.

    Like

  3. Pertama kali tahu tentang studio Gamplong ini dari Youtube-nya Zaskia Adya Mecca. Bener-bener menarik sih tempatnya, semoga kalau ke Jogja ada kesempatan main ke sana nih.

    Like

  4. wah, selalu seru petualangan mbak jastitah nih.. banyak menampilkan beberapa spot foto yang menarik dan keren..

    terimakasih telah berbagi informasinya ya..

    Like

  5. WAHHH! Jogja makin banyak wisatanya yaaa sekarang. Kereeen! Lumayan bagus juga yaa tempat ini, bisa sekaligus edukasi juga ke anak tentang masa lalu. Thanks ya mba sudah sharing, ditunggu post-an wisata lainnya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s