Virtual Tour ke Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia akhirnya menghadirkan virtual tour Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia. Tujuannya agar para penikmat seni dan juga anak-anak sekolah bisa tetap belajar..

Galeri Nasional Indonesia adalah sebuah museum seni rupa modern dan kontemporer. Galeri seni ini berlokasi di Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.

Sejak pandemi dua tahun belakangan ini, Galeri Nasional Indonesia akhirnya menghadirkan virtual tour Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia. Hal ini tentunya dilakukan agar para penikmat seni dan juga anak-anak sekolah bisa tetap belajar dan menikmati seni dengan mudah dalam kondisi saat ini.

Berhubung tulisan ini dibuat saat bulan ramadhan, pas banget bisa untuk ngabuburit dengan melihat pameran seni yang ada di Galeri Nasional Indonesia. Let’s go!

Mengikuti Virtual Tour ini cukup menyenangkan lho! Kamu bisa langsung ke websitenya galeri nasional, atau bisa klik disini 

Pada bagian awal, terdapat menu di sebelah kiri. Pameran tetap di Galeri Nasional Indonesia memang terbagi menjadi 2 Galeri, yaitu Galeri 1 tentang Monumen Ingatan, Koleksi Seni Indonesia sedangkan Galeri 2 tentang Koleksi Seni Internasional.

Virtual tour tour ini persis sekali dengan tata letak asli yang ada di Galeri Nasional Indonesia. Ketika masuk kedalam galeri, akan ada lingkaran yang bisa kita lihat di lantai. Ini menunjukkan urutan spot untuk kita bisa runtut melihat karya seni yang ada.

Setelah kita klik, maka kita akan diarahkan kebagian spot tersebut. Seperti gambar dibawah ini, yang menunjukan spot ini menghadap kebagian karya seni ini.

Disini terdapat lingkaran yang berada disebelah karya. Lingkaran ini menunjukkan pop up info, ketika di klik maka akan muncul pop up gambar yang berisi tulisan/penjelasan dari karyanya. Contohnya seperti ini:

Kalau karya seninya kurang jelas terlihat, mau lebih detail lagi, ada beberapa karya yang menyediakan fitur pop up juga seperti tulisan. Akan ada tanda lingkaran diatas karya.  Kemudian klik bagian itu, maka karyanya akan tampak seperti ini.

Kalau untuk pindah ke ruangan, kita hanya perlu meng-klik lingkaran yang berada di ruangan sebelah. Lalu, otomatis akan terpindah.

Ohyaa kita bisa melihat karya seni dengan mengarahkannya sendiri juga lho! Tanpa harus mengklik tanda lingkaran yang ada di lantai. Cukup menggerakan mouse ataupun trackpad kita kekanan ataupun kekiri. Maka kita akan bisa melihat galeri seni secara 360 derajat! Keren banget kaan?

Serunya lagi, kita melihat seolah kita benar-benar berdiri didepan karya seni itu, dan terkagum dengannya.

Virtual tour galeri ini bisa sebagai media belajar anak sekolah tentang pengenalan karya seni Indonesia dari masa ke masa. Apalagi kita bisa berulang kali mengunjungi websitenya. Dan tentunya untuk kita yang belum punya waktu untuk datang langsung ke lokasi. Semoga bisa membuat harimu menyenangkan yaa dengan mengikuti virtual trip ini!

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

32 thoughts on “Virtual Tour ke Galeri Nasional Indonesia”

    1. Iyaa keren banget yaa canggihnya teknologi saat ini jadi sangat memudahkan. Aku udah beberapa kali kesini kak, dan untuk virtual pameran tetapnya ini persis sekali dengan tata letak aslinya. Yuk kapan-kapan bisa dateng kesini ka

      Liked by 1 person

  1. Tempat idaman yg wajib dikunjungin nih.. cocok utk yg mau belajar seni rupa & skalian jadi objek2 fotografi nih… Keren bgt..

    Smoga suatu saat bisa berkunjung kesitu, bisa menambah referensi artikel2 utk blog sya nih..

    Like

    1. Iyaa lebih enaknya memang lihat langsung πŸ˜€ Tapi virtual pamerah tetap ini pun sama persis tata letaknya dengan aslinya. Cukup bisa menghibur jugaa

      Like

  2. beneran. baru tahu sekarang kalau untuk tour ke galeri nasional Indonesia sekarang sekarang ini sudah bisa dilakukan secara virtual. saya langsung klik link nya nih

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s