Bahagia itu sederhana

Bahagia itu sederhana.
Tentang bagaimana kita bersyukur,
Tentang bagaimana kita belajar ikhlas,
Tentang bagaimana kita bersabar,
ridha atas segala ketentuan Allah dan percaya bahwa Allah teramat cinta sama kita.

Ada 5 hal yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan kebahagiaan yang sederhana:

  1. Jangan takut dan khawatir
    Perasaan takut dan khawatir merupakan pikiran kita yang paling tidak produktif. Padahal sebagian besar hal yang kita khawatirkan dan takutkan tidak pernah terjadi. Kita ga perlu takut untuk tak mendapat rezeki. Takutlah karena tak ada syukur yang dipanjatkan saat rezeki diberikan. Atau takutlah ketika jodoh kita tak sedikitpun mempunyai nilai keberkahan
  2. Jangan pernah menyimpan dendam
    Ciri orang yang bahagia adalah hatinya tidak memendam rasa sakit hati kepada siapapun. Karena bila berbuat salah kepada orang lain, ia segera meminta maaf, lalu beristighfar atas kesalahanya.
    Bila orang lain berbuat salah kepadanya, ia dengan lapang memaafkannya, melepaskan segala kesal yang tertanam dihatinya.
    Jangan sia-siakan energi kita dengan menyimpan dendam. Gunakanlah energi kita untuk hal-hal yang positif.
  3. Jangan hidup pada masa lalu
    Mungkin iya, terasa nyaman bagi kita mengingat hal-hal yang menyenangkan pada masa lalu. Tapi jangan kita terlena didalamnya.
    Mungkin juga terasa menyedihkan bagi kita ketika mengingat luka dan kenangan di masa lalu. Oleh karenanya, jangan terus memikirkan hal itu. Tetaplah hidup ke depan dan biarkan segala pengalaman dan kepahitan pada masa lalu menjadi pijakan kita untuk melangkah lebih baik.
  4. Selalu bersyukur
    Segalanya dalam jangkauan kita saat bersyukur akan apa yang telah kita dapatkan. Bersyukurlah atas semua yang telah kita dapatkan. Jangan fokus pada apa yang belum kita miliki, tapi pusatkanlah rasa syukur kita atas segala yang telah kita miliki.
  5. Berprasangka baik kepada Allah
    Siapa yang hidup tanpa masalah?
    Semua orang memiliki masalahnya sendiri. Tapi apapun yang terjadi dalam hidupmu, tetaplah berprasangka baik kepada Allah..

Dari kelima hal diatas, sudahkah kamu menerapkannya dalam kehidupanmu? Jika sudah, tetaplah konsisten untuk menjalankannya. Jika belum, maka saatnya kamu belajar untuk tetap bisa berbahagia dalam segala kondisi.

Nah, kelima hal diatas pun adalah tips yang dibagikan dalam buku yang aku baca. Menarik banget bukan? Masih banyak banget yang bisa kamu dapatkan dari buku ini. Tulisannya yang sederhana tapi juga jadi pembelajaran buat kita untuk terus memperbaiki diri dan mendekatkan diri pada Allah.

Kamu bisa beli bukunya di toko buku, e-commerce atau bisa di tempat aku beli nih -> Aku Tanpa Allah? Nothing!

Cheers,

Jastitahn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s