Ollon Valley, The Hidden Paradise of Toraja

Lembah Ollon – sebuah surga kecil yang tersembunyi di Toraja. Terletak di Desa/ Lembang Bau, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Untuk mencapai kesini, diperlukan waktu sekitar 3-4 jam dari kota Makale. Melewati berbagai jalanan ekstrem dengan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Baca disini mengenai Perjalanan Menuju Lembah Ollon jika kamu belum mengetahuinya ๐Ÿ˜€

Sesampainya disana, kami berteduh di sebuah Gazebo. Awalnya kami tidak memiliki niat untuk bermalam disini. Namun karena jalanannya yang membuat kami tak mampu untuk kembali lagi di hari yang sama, ditambah lagi dengan adanya pemandangan yang luar biasa, akhirnya kami memutuskan untuk bermalam.

Ollon Valley
Ollon Valley

Untuk pertama kalinya tiba di Gazebo ini, kamu akan takjub dengan apa yang ada didepanmu. Masyaallah… sungguh indahnya! Panorama pemandangan alam dengan perbukitan rapi berwarna hijau, aliran sungai dengan suaranya gemercik indah, beberapa kuda dan sapi yang berkeliaran di area ini, membuat hati ini berdegup kencang, mengucapkan syukur atas alam yang sangat indah ini.

Tak lama kami duduk santai, kemudian ada seorang bapak yang menghampiri kami. Pak Lembang namanya. Beliau lah penggagas pembukaan akses jalan untuk orang luar ke Kampung Ollon ini. Dan beliau cerita banyak mengenai Kampung Ollon ini. Cukup membuatku kagum, dengan semua keadaan yang ada disini.

Mata pencaharian masyarakat disini adalah beternak dan berkebun. Semua ditanam sendiri untuk menjadi bahan makanan sehari-hari. Masyarakat disini hanya sekitar 40KK (Kartu Keluarga). Hampir semua beragama kristen, karena disinipun terdapat satu gereja Toraja yang masih dibawah naungan Kegerejaan Toraja. Dan ada seorang pendeta.

Gereja di Lembah Ollon
Gereja di Lembah Ollon

Sorenya kita bermain ke atas bukit dan juga berkunjung ke sekolahan. Hanya ada sampai sekolah dasar, untuk melanjutkan ke tingkatan yang lebih tinggi lagi, mereka harus berani keluar – untuk bersekolah di kecamatan Buakayu (lokasi terdekat) yang jaraknya bisa 15 – 20 KM.

Pemandangan bukit yang sangat indah yang tak ada habisnya. Benar-benar indah! Menoleh kesana menoleh kesini, bahkan sejauh mata memandang hanyalah bukit hijau rapih ini. Juga kuda dan sapi yang berkeliaran mencari makan dan anjing yang menggonggong. Benar- benar seperti menyatu dengan alam.

Ollon Valley
Ollon Valley

Kami berada di atas bukit sampai sunset tiba. Walaupun hanya melihat langit yang berubah warna menjadi perpaduan ungu, oren, merah. Tapi cukup membuat hati ini tenang seketika. Kemudian kami turun kembali dengan hati-hati.. karena sudah gelap.

Ollon Valley
Sunset di Ollon Valley

Ohyaa di Kampung Ollon ini juga tidak memiliki listrik. Ada sebenarnya, mereka mendapat supply listrik dari solar cell yang merupakan program dari PNPM (kurang tau penjelasannya) namun ada waktu tertentu untuk listrik ini menyala. Sekitar jam 7 – maksimal jam 10 malam listrik menyala. Kemudian lainnya menjadi benar-benar gelap.

Dalam kegelapan inilah… banyak bintang bertaburan dilangit. yang kata teman-temanku ada Milky way! Woww benar-benar indah sekali. Menikmati bintang dilangit ditemani suara gemercik sungai juga angin yang berhembus serta tawa yang memecahkan sunyinya malam. Suatu keindahan yang tidak akan ku lupakan!

Disini kami tidak bisa mengabadikan suasana itu, karena selain gadget kami yang kami juga ga ngerti settingannya haha tapi juga..kadang ada beberapa hal yang tak perlu kamu abadikan dalam sebuah potret foto, hanya perlu dinikmati dan diingat oleh kepala dan hati.

Ollon Valley
Dokumentasi dari @ullamaron

Hari yang benar-benar indah!

Itulah keindahan Lembah Ollon yang bisa kutuliskan disini. Jika kamu berkunjung Toraja suatu hari nanti, pastikan kamu bisa berkunjung ke alam yang menakjubkan ini yaa!

Yuk kita ngetrip bareng ๐Ÿ˜€

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

18 thoughts on “Ollon Valley, The Hidden Paradise of Toraja”

  1. Lihat langit bertabur bintang emang terbaik, rasanya nostalgia pas lihat di dieng. Tapi alam di Indonesia emang top markotop ya kak

    Like

  2. bersyukur bangetlah jadi orang indonesia, dimana-mana banyak tempat wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi

    Like

  3. Indah banget, masyaAllahu. Pemandangannya unik, tidak banyak ditemukan yang semidel gini. Harus ke Toraja berarti. Moga suatu saat…dikasih kesempatan.

    Like

  4. hmm… kangen suasana alam seperti ini.. mestinya didatengin itu sungai kecil.. bermain di air berbatu itu.. ini bisa didatengi pake mobil kah? atau hanya bisa by sepeda motor?

    Like

  5. wah gila. sausana lapag namun tetap hijau. dihadapkandengan perbukitan rapih tanpa hutan. wauw, suasana malam hari di sana pasti sunyi sekali dan damai. Kita telah lupa ketika di kampung ollo bahwa di luar sana, peradaban bagaikan telah kacau. semoga aku bisa ke sana. Nice quality post

    Like

  6. maasyaa Allah keren banget pemandangannya. masih asri dan udaranya bersih. apa lagi ada kuda yang biarkan merumput sendiri. keren banget…

    Like

  7. GILA, INDAH SEKALI. Sampai saya harus menuliskan dengan huruf besar semua dan kondisi capslock menyala. Rumputnya hijau, gunung, bukit, sunsetnya sungguh indah. Pasti adem dan sejuk ya. Kalau kata anak muda sekarang, healing.

    Like

  8. Kalau ke toraja pengen banget lihat prosesi pemakamannya yang bener-bener unik. Terus lanjut jalan-jalan ke tempat hijau yang bagus kaya di lembah ini. Apalagi bisa membaur sama masyarakat sekitar, jadi suatu pengalaman yang luar biasa. ๐Ÿ˜‡

    Like

  9. Astaga, indah banget. Saya yang lihat foto-fotonya saha udah kebayang udaranya pasti segar banget.

    Pengen deh kesana, bak kasih rincian biaya perjalanannya juga dong.

    Nadiar
    nadiar.id

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s