Nongkrong dan Ngopi Santai di Omah Kopi 78

“Ngopi yuk!” adalah dua kata yang sering kali di lontarkan oleh anak muda sekarang. Kata ini menjadi seruan ajakan untuk bertemu dengan seorang teman di sebuah coffee shop. Bahkan tak hanya itu, keberadaan coffee shop saat ini seakan menjadi tempat untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bekerja, mengerjakan tugas, atau sekedar me time sambil membaca buku.

Dari sekian banyak coffee shop di setiap sudut kota, sudah pasti ada beberapa yang menjadi favorit bagi setiap orang. Tak terkecuali aku, yang suka bertemu dengan teman-teman untuk membahas bisnis ataupun ngobrol ngalor ngidur dari A – Z. Salah satu coffee shop favoritku adalah Omah Kopi 78, yang terletak di Depok.

Alamat Omah Kopi 78

Omah Kopi 78 berlokasi di Jl. Gg. Kecapi No.78, Leuwinanggung, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16456

Awal Mula Berdirinya Omah Kopi 78

Omah Kopi 78 adalah sebuah kedai kopi yang memiliki konsep unik jadoel seperti ala rumahan. Omah Kopi 78 ini dimiliki oleh seorang Ibu yang kerap disapa Ibu Adelia, yang menyukai tanaman hias. Awalnya Ia memenuhi lahan ini dengan tanaman hias sebagai bisnisnya. Di lahan ini pun terdapat warung-warung kecil. Kemudian Ia mendapat saran dari seorang temannya untuk belajar tentang kopi, karena saat itu belum ada warung-warung kopi seperti sekarang ini. Singkat cerita, akhirnya Ibu Adelia tertarik dan mulai membangun warung kopi yang dinamakan Omah Kopi 78.

Bangunan Omah Kopi 78

Begitu memasuki tempat ini, bangunannya memang bernuansa lawas dan didominasi perabotan kayu. Dinding kasir dan coffee bar nya pun menggunakan kayu yang berasal dari bantalan rel kereta api, dan dindingnya disertai dengan aneka pajangan antik.

Omah Kopi 78
Kasir dan Coffee Bar Omah Kopi 78

Berjalan mengikuti arah petunjuknya, kita akan melihat sebuah Danau yang berisi ikan-ikan. Disekeliling Danaunya ini terdapat banyak Gazebo yang terbuat dari kayu, sebagai tempat untuk kita duduk. Kita bisa memilih Gazebo mana yang mau kita tempati. Dalam satu Gazebo terdapat satu meja, yang kira-kira bisa diisi oleh 4 orang. Setiap Gazebo terdapat stop kontak dan lampu untuk menerangi ketika malam hari. Terasa eksklusif sekali bukan?

Danau di Omah Kopi 78
Omah Kopi 78
Gazebo Omah Kopi 78

Di ujung jalan, ada sebuah bangunan bertingkat. Bangunan ini bertuliskan Omah Kopi 78, yang diatasnya bisa kita tempati, karena terdapat meja dan kursi. Dari atas bangunan ini, kita bisa melihat view Danau yang ada dibawahnya. Sungguh menyejukkan!

Omah Kopi 78

Selain terdapat Danau ditengah, disisi lainnya ada kolam teratai. Beberapa teratai tumbuh indah didalamnya. Di sekelilig tempat ini pun banyak ditanami pohon-pohon. Sehingga rasanya teduh sekali dan kita bisa menikmati suasana nyaman disini.

Omah Kopi 78
Kolam Teratai Omah Kopi 78

Menu Omah Kopi 78

Menu yang ada di Omah Kopi 78 ini tergolong lengkap. Mulai dari kopi, teh, snack hingga makanan berat. Harganya pun affordable kok! Untuk makanannya sendiri, menurutku tidak ada yang fail sih yaa! Aku beberapa kali mencoba makanannya dan rasanya memang enak! Bahkan terakhir saya berkunjung bersama teman, dia kepingin pesan lagi pesan lagi hehe :D. Beberapa menu yang pernah saya pesan adalah Ice Caramel Latte, Mango Yakult, Sate Taichan, Chicken Cordon Blue, Kentang Goreng, Pempek Kapal Selam, dll.

Konsep Pemesanan Omah Kopi 78

Konsep Pemesanan disini cukup menarik. Begitu sampai di pintu masuk, akan ada staf yang memberikan buku menu dan memberi tahu untuk pesannya silahkan chat melalui whatsapp yang tertera di bawah. Nomer yang tertera disertai dengan barcode yang bisa kita scan untuk langsung menuju halaman chat pemesanan. Lalu, staf akan menjawab chat tersebut. Dan kita hanya tinggal menunggu pesanan kita datang.

Penutup

Nongkrong dan ngopi santai di Omah Kopi 78 menjadi satu hal yang membuatku ingin terus kembali te tempat ini. Walaupun lokasinya cukup jauh dari rumahku, namun rasanya nyaman sekali jika berkumpul disini. Apalagi menunya pun enak-enak! Buat kamu yang berada di Depok atau sekitarnya, kalau ingin mencoba suasana ngopi yang teduh, nyaman bisa datang ke kedai kopi ini yaa. Omah Kopi 78 ini buka setiap selasa – minggu, mulai pukul 11.00 – 22.00. Selamat berkuliner~

Cheers,

Jastitahn

15 thoughts on “Nongkrong dan Ngopi Santai di Omah Kopi 78

  1. tempatnya sepertinya cocok untuk mencari inspirasi, tenang dan sejuk. by the way angka 78 apakah tahun lahir pendirinya?

    Like

  2. Konsep caffe yang ala rumahan biasanya akan memanggil untuk datang kembali. Kalau di Jogja ada caffe yang berkonsep kopi rumahan, namanya Pitutur. Bisa jadi destinasi ngopi kalau lagi ada di Jogja.

    Like

  3. Waah.. cozy yang tempat ngopinya.. berapaan secangkir kopinya ini? mesti mahal tho.. karena pasti kena biaya buat sekalian beli makanan ikan di kolam, bayar tukang kebun dan tukang sapunya, juga tukang bersihin sarang laba-laba di pondok2nya.. wkwkwk.. hahaha..

    Like

  4. Beuh, saya kalo ke tempat kopi 78 kayaknya bisa seharian. Dari cerita dan gambar aja udah kebayang udaranya seger banget, belum lagi kopinya bikin melek terus..

    Like

  5. Tempat minum kopi sekarang banyak yang jual nuansa ya kak, jadi nggak cuma jual kopi doang. Apalagi ada omah kopi, terus sebut aja janji jiwa, dan beberapa kedai kopi lain. Jadi betah minum kopi berjam-jam. 🤭

    Like

Leave a comment