APRIL2030 by APRIL Group Wujudkan Green Economy di Indonesia

Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) Group adalah salah satu perusahaan yang memproduksi produk pulp dan kertas terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki teknologi mutakhir dan efisien dalam proses produksinya. Produknya digunakan oleh jutaan orang setiap harinya baik dalam kemasan cair, kertas, tisu, tas belanja, kemasan makanan, majalah, dan buku. Salah satu produk andalannya adalah PaperOne, dimana produk ini dipasarkan dan dijual di lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan ini dibangun berdasarkan Kebijakan Pengelolaan Hutan Berkelanjutan (Sustainable Forest Management Policy). Dimana kegiatan operasionalnya yang meliputi pabrik pulp dan perkebunan hutan tanaman dengan teknologi paling mutakhir berlokasi di Provinsi Riau, Sumatera, Indonesia. Ditengah kesuksesannya, perusahaan ini tetap menjaga berbagai aspek di sekitarnya agar tetap lestari. Dari mulai kekayaan alam, masyarakat, lingkungan sekitar, hingga aspek global. Hal ini yang menjadi dasar prinsip sustainability dalam konsep green economy.

Apa itu green economy?

Green economy adalah sebuah visi pembangunan alternatif yang bisa mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dengan cara-cara yang berkelanjutan. Menurut Greeneconomycoalition, green economy merupakan konsep ekonomi yang memberikan kesejahteraan untuk semua dan masih dalam batasan ekologis planet bumi. Sederhananya, green economy merupakan konsep pembangunan yang harus memenuhi nilai kelestarian dan keberlanjutan. Hal ini yang sedang diupayakan oleh APRIL Group dalam mendukung program pemerintah Indonesia.

Mengapa Green Economy Penting untuk Diterapkan di Indonesia?

Perlunya menjaga lingkungan hidup bisa dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda, yaitu:

  1. Dari sisi lingkungan sendiri. Bumi beserta isinya mengalami berbagai perubahan akibat dari eksplorasi dan eksploitasi manusia, sehingga menimbulkan dampak kerusakan yang relatif besar dan sulit diperbaiki maupun direhabilitasi. Pembangunan gedung pencakar langit yang menimbulkan efek rumah kaca dan polusi dari hasil pengolahan pabrik merupakan contoh nyata yang kita hadapi sehari-hari.
  2. Jika dilihat dari sisi sosial lingkungan hidup harus terus dijaga dan dipelihara keberadaannya, agar generasi berikutnya tetap dapat menikmati kehidupan di bumi beserta isinya.
  3. Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, pengelolaan sumber daya alam (SDA) beserta lingkungannya harus mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia, tanpa harus mengabaikan faktor alam dan merusak lingkungan.

Pentingnya Green Economy

Melihat pentingnya menjaga kelangsungan lingkungan hidup berdasarkan ketiga sudut pandang yang disebutkan diatas, yang tujuannya untuk kesejahteraan umat manusia, baik untuk generasi sekarang maupun generasi berikutnya. Dimana kegiatan ekonomi yang memproduksi barang dan membuka lapangan kerja tidak boleh mengganggu kelestarian alam. Kegiatan produksi di sektor ekonomi sebisa mungkin menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan, sehingga mampu mencegah kerusakan ekosistem, dan mengurangi emisi karbon. Untuk itulah, green economy diperlukan dalam rangka mendukung kesejahteraan manusia maupun kualitas hidup yang lebih baik.

Beberapa negara telah memiliki cetak biru terkait dengan green economy, seperti Singapura memiliki The Green Plan 2030, Thailand yang telah menyusun rencana strategis yang disebut The Bio Circular and Green Economy 2021-2026 guna mendukung pertumbuhan ekonomi. Lalu, Vietnam mempunyai Vietnam Green Growth Strategy dengan jangka waktu 2011-2050.

Dengan memiliki cetak biru terkait dengan green economy, negara-negara tersebut telah memiliki pedoman dan arah yang lebih jelas mengenai tujuan jangka panjang yang akan dicapai. Bagaimana strategi mencapai tujuan dan tahap implementasinya. Dengan demikian, tujuan jangka panjang untuk mencapai target green economy itu dapat dilakukan dengan lebih baik, terencana, dan sistematis.

APRIL2030 Oleh APRIL Group

Dalam mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia menuju green economy, pada 17 November 2020, Perusahaan APRIL Group merilis program untuk mencapai berbagai target sustainability di tahun 2030. Program ini dinamakan APRIL2030, yang merupakan sebuah komitmen keberlanjutan transformatif yang berisi serangkaian aksi nyata yang akan berkontribusi positif terhadap iklim, alam dan pengembangan masyarakat dalam 10 tahun kedepan. Secara garis besar, komitmen APRIL2030 berisi:

  1. Menciptakan iklim positif dengan menurunkan emisi karbon secara drastis;
  2. Mengupayakan lanskap yang berkembang dengan pendekatan proteksi-produksi;
  3. Mengupayakan kemajuan inklusif dengan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  4. Menciptakan pertumbuhan berkelanjutan dengan menerapkan diversifikasi, sirkularitas, dan produksi yang bertanggung jawab;
Target APRIL2030 by APRIL Group
Target APRIL2030 by APRIL Group

Dalam mewujudkan program APRIL2030 ini, perusahaan APRIL Group tidak hanya sekedar janji, oleh karenanya sejumlah prakarsa nyata yang dilakukan perusahaan sebagai berikut.

  • Memperluas Komitmen pada Konservasi dan Restorasi Hutan
    Di tengah upaya memenuhi janji melestarikan satu hektare hutan untuk setiap hektare hutan tanaman industri (1-for1). Perusahaan akan mendukung inisiatif konservasi dan restorasi lainnya dan menyiapkan pendanaan dari setiap ton serat yang digunakan dalam produksi hingga sekitar US$10 juta per tahun untuk investasi di bidang lingkungan.
  • Mendukung Perlindungan Satwa Liar
    APRIL memberikan dukungan penuh untuk melindungi satwa liar di Indonesia melalui kemitraan serta kolaborasi. Perusahaan sangat bersemangat melindungi satwa liar di kawasan konservasi dan restorasi yang dimilikinya serta wilayah lainnya.
  • Pusat Penelitian Lahan Gambut Tropis
    Perusahaan telah menyelesaikan pembangunan Eco Research Camp di Semenanjung Kampar. Dimana fasilitas ini akan menerima ilmuwan dan akademisi, baik nasional maupun internasional, serta para pemangku kepentingan yang ingin mendapatkan pengalaman langsung bagaimana restorasi ekosistem terjadi di lapangan. Eco Research Camp bisa dilihat disini
  • Panel surya 20MW pada tahun 2025
    Untuk segera memulai peralihan ke sumber energi terbarukan sekaligus bagian dari komitmen untuk mengurangi emisi karbon. APRIL akan memasang panel surya 20MW di pabrik dan operasi serat mulai tahun 2021. Instalasi pemasangan ini akan rampung di tahun 2025 dan akan menjadi salah satu Instalasi panel surya terbesar di Indonesia yang dibangun oleh sektor swasta.

Dari program nyata yang dilakukan, dalam periode setahun hasilnya memberi dampak yang cukup besar. Berikut merupakan Sustainability Report APRIL Group tahun 2021 lalu.

Sustainability Report APRIL Group 2021
Sustainability Report APRIL Group 2021

Berdasarkan laporan tersebut, perusahaan APRIL Group telah melakukan efisiensi yang baik, yaitu melakukan recovery pada bahan kimia sebesar 96,1%, mengurangi 35% penggunaan bahan bakar fosil dan mengurangi 16% sampah padat ke TPA. Selain itu perusahaan juga meningkatkan produktivitas sebanyak 5% pada serat yang diambil dan melakukan kolaborasi dalam merecycle 20.000 Tons sampah kertas.  

Penutup

Upaya yang dilakukan oleh APRIL Group dalam mendukung Pemerintah Indonesia menuju green economy ini tidak serta merta untuk kepentingan perusahaan saja, melainkan untuk menjaga bumi dan seisinya serta untuk seluruh masyarakat Indonesia dalam menciptakan kehidupan yang layak di masa yang akan datang. Oleh karenanya, green economy ini perlu diterapkan oleh perusahaan perusahaan yang ada di Indonesia agar terciptanya kehidupan yang asri dan bermanfaat di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

3 thoughts on “APRIL2030 by APRIL Group Wujudkan Green Economy di Indonesia”

  1. APRIL Group adalah tempat yang sangat berkesan bagi saya, 4 tahun lebih saya bekerja di sana, mulai ditempat dalam program Management Trainee selama 11 bulan, kemudian bekerja selama sekitar 3 tahun.. Senang melihat Group perusahaan ini kian maju dan peduli lingkungan..

    Like

  2. Luar biasa ya. Baru tau perusahaan APRIL ini yang produksi kertas paper one, dari riau sumut. Rencana green economy ini bagus sekali ya. Semoga bisa terwujud dengan baik agar negara kita juga memiliki ekonomi dan lingkungan yang baik. Amiin

    Like

  3. mengambil manfaat dari alam, tetapi tetap merawatnya agar terjadi kesinambungan dan berkelanjutan. Langkah yang diambil APRIL bagus ya, termasuk mendukung green economy Indonesia. Tidak hanya mengambil keuntungan dari bumi Indonesia tetapi juga mendukungnya agar tetap berkelanjutan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s