Menjelajah Labirin Mulut Seribu, Rote

Menyusuri keindahan Mulut Seribu yang bagaikan memasuki Labirin di Tengah Laut. Menjelajah gugusan pulau-pulau kecil dengan kapal kayu bermotor.

Tahukah kamu mengenai Labirin?
Labirin adalah merupakan tempat yang penuh dengan jalan dan lorong yang berliku-liku. Pernahkah kamu memasuki sebuah Labirin? Kalau aku pernah beberapa kali. Salah satu yang aku ingat adalah Labirin di Taman Bunga Nusantara, yang katanya menjadi salah satu Labirin terbaik di Indonesia. Aku jadi teringat dengan film maze runner yang mencari jalan keluar dari sebuah Labirin. Iyaa benar! Ketika kita memasuki sebuah Labirin, kita akan berkeliling mencari jalan keluar Labirin tersebut.

Nah, ada satu hal unik yang aku temui ketika aku berkunjung ke Rote. Aku seakan menyusuri sebuah Labirin, namun Labirin ini berada di tengah laut. Masa iya sih? Iyaaa! Namanya Mulut Seribu. Mulut Seribu adalah sebuah pantai yang memiliki gugusan pulau pulau kecil. Kita akan menyusuri pulau-pulau ini dengan menggunakan kapal kayu bermotor. Kalau dilihat dari maps, bentuk Mulut Seribu terlihat seperti ini.

Mulut Seribu
Bentuk Mulut Seribu

Pulau-pulau kecil yang terhampar di Teluk Mulut Seribu ini seakan memiliki jalan masuk dan jalan keluarnya. Seperti memasuki sebuah Labirin bukan? Nahkoda kapal harus tahu mana jalan yang harus dilalui agar tidak tersesat.

Lokasi Mulut Seribu

Mulut Seribu ini berlokasi di Daiama, Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Cek melalui google maps

Dinamakan Mulut Seribu

Menurut warga setempat, dinamakan Mulut Seribu karena tempat ini mempunyai banyak tebing dan karang di sekitarnya seperti membentuk gua dan terlihat mempunyai banyak “mulut.” Tebing dan karang ini terbentuk secara natural loh!

Sewa Kapal di Mulut Seribu

Untuk menyusuri Mulut Seribu, kita harus menyewa kapal nelayan. Biaya sewa kapalnya sendiri berkisar Rp500ribu – Rp1 juta rupiah. Kamu bisa langsung datang ke titik Mulut Seribu beach yang ada di maps, atau bisa memesan kapalnya terlebih dahulu melalui mama vins, seorang ibu yang memiliki warung di dekat berlabuhnya kapal-kapal nelayan. Bisa hubungi aku yaa kalau mau contact ibunya.

Perjalanan ke Mulut Seribu

Perjalanan ke Mulut Seribu adalah perjalanan menyusuri laut, melewati tebing-tebing yang indah yang disuguhkan dengan pemandangan batu-batu karang yang ditumbuhi oleh pepohonan. Airnya tenang dan berwarna hijau tosca. Benar-benar indah dan mempesona!

Mulut Seribu
Pesona Mulut Seribu
Mulut Seribu
Indahnya Mulut Seribu

Menjelajah Mulut Seribu ini kira-kira membutuhkan waktu 2 – 3 jam (PP). Karena ternyata kita menyusuri gugusan pulau-pulaunya ini sampai dengan pulau teratas. Ditengah perjalanan, kapal yang aku naiki menepi sebentar untuk menurunkan seorang bapak yang ikut dalam kapal kami. Ternyata, ada pulau yang dihuni oleh beberapa warga yang hanya berjumlah 8 Rumah. Unik sekali bukan? Bapak ini diturunkan, lalu Ia harus melanjutkan perjalanannya menggunakan perahu kecil. Nama pulau yang dihuninya adalah Oeinalain. Waah aku cukup amaze karena perjuangan mereka untuk bisa bertahan hidup sebesar itu. Aku kurang tau mengapa Bapak itu memilih tinggal disana karena aku tidak menanyakan secara detailnya.

Mulut Seribu
Berganti ke perahu kecil untuk menuju Oeinalain

Perjalanan terus dilanjutkan hingga akhirnya berada pada titik teratas di kawasan Mulut Seribu ini. Disini kapal bisa berhenti sejenak kalau ada tamunya yang ingin berenang ataupun kapal akan berbalik arah untuk kembali pulang. Di titik ini pun kita bisa melihat pulau yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan oleh para nelayan rumput laut. Mereka sengaja mendirikan rumah singgah dan ada beberapa perahu kecil didepannya.

Mulut Seribu
Mulut Seribu

Menjelajah Mulut Seribu ini menjadi satu hal yang sangat menyenangkan bagiku dan aku syukuri. Ternyata Indonesia memiliki alam seindah itu! Kita sebagai warga Indonesia memang sudah sepatutnya bangga dengan alam yang kita punya. Pengalaman yang sangat mengesankan untukku bisa menginjakkan kakiku ke bagian terselatan Indonesia.

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

5 thoughts on “Menjelajah Labirin Mulut Seribu, Rote

  1. Huhu…serius Mulut Seribu ini KEREN BANGET!
    Hal indah seperti ini bisa menjadi tempat wisata yang potensial ketika berkunjung ke Rote.
    Tapi aman kan ya.. si Bapak yang menyewakan perahu sudah hapal jalan melewati Teluk seribu dengan labirin yang mungkin saja buntu?
    Eh, mungkin gasih?
    Kalo liat gambarnya di peta, kaya ada yang gak ada jalan keluarnya…

    Like

  2. pantai ….. paling suka ke pantai. jadi keinget, sekadar berbagi pengalaman aja, kalo di malang juga ada pulau sempu yg sudah masuk kawasan yang dilindungi. katanya seh di sana bagus banget. saya belum pernah ke sana. Untuk bisa pergi ke sana juga harus menaiki perahu.

    Like

  3. Waaahh keren bangettt! Saya sampe beneran liat di maps lokasi mulut seribu ini. Keren banget yaa Rote ternyata! Thanks ka sudah sharing

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s