Mendengar Alam Bernyanyi: Jaga Aku, Ku Jaga Kau

Memperingati hari-hari penting di Indonesia setiap tahunnya adalah salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Hari penting tersebut tidak hanya sebatas merayakan hari kemerdekaan Indonesia ataupun hari besar keagamaan saja, tapi yang tidak kalah pentingnya juga memperingati hari-hari yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup.

Sejauh yang bisa dilihat terkait dengan peringatan hari lingkungan hidup di Indonesia, yaitu Hari Menanam Pohon untuk mengajak masyarakat giat menanam, Hari Cinta Puspa dan Satwa agar peduli flora dan fauna, bahkan ada Hari Rimbawan untuk mengapresiasi para penjaga hutan. Namun tahukah kamu bahwa ternyata Indonesia baru menetapkan hari khusus untuk merayakan kekayaan hutan Indonesia dan pentingnya menjaga hutan lho!

Iyaa, tanggal 7 Agustus 2020 untuk pertama kalinya dirayakan sebagai Hari Hutan Indonesia. Tanggal tersebut dipilih sebagai momen refleksi disahkannya Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2019 mengenai Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut.

Kenapa Perlu Merayakan Hari Hutan Indonesia?

Indonesia adalah negara yang memiliki hutan hujan tropis ketiga terluas di dunia dan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. Dengan luasnya Hutan yang dimiliki, bisa dikatakan bahwa #HutanKitaSultan karena manfaatnya tidak hanya untuk kita sebagai orang Indonesia, tapi untuk keasrian dan kelestarian seluruh bumi. Julukan Zamrud Khatulistiwa yang disematkan pada kepulauan Indonesia dapat menjadi pujian dan sekaligus tanggung jawab yang kita emban. Karena perhiasan yang indah, untuk menjaganya dibutuhkan perhatian yang besar juga. 

Dengan ditetapkannya Hari Hutan Indonesia, berarti ada satu hari khusus dalam setahun yang digunakan untuk memberikan perhatian dan evaluasi apa yang telah kita perbuat kepada hutan-hutan kita di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk terus mengingatkan kita pada keindahan, kekayaan, dan kemegahan hutan Indonesia, serta manfaat yang selama ini kita nikmati. Apalagi ada lebih dari 70 juta penduduk Indonesia hidup bergantung dari hutan yang merupakan sumber makanan dan penghidupan. Karena nyatanya, Hutan lebih dari sekedar pohon!

Hutan lebih dari sekadar pohon

Hutan merupakan rumah bagi berbagai ekosistem. Hutan merupakan penyuplai oksigen Dunia, Hutan menyokong kebutuhan air untuk jutaan hektare lahan pertanian, Hutan juga yang menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah bencana banjir dan longsor. Selain itu, Hutan Hujan Tropis yang kita miliki ini seharusnya sangat melekat dengan identitas kita sebagai orang Indonesia. Karena kita memiliki hadiah terindah yang bisa dibagikan dengan seluruh umat di bumi. Tanpa hutan, Indonesia tidak akan sekaya dan seberagam seperti yang kita kenal sekarang bukan?

Hutan sebagai rumah bagi berbagai ekosistem | Design by myself

Tapi dibalik Hutan #IndonesiaBikinBangga itu, kita perlu sadar dan diingatkan selalu bahwa kini hutan Indonesia terancam.

Ancaman Nyata pada Hutan Indonesia

Dilansir dari Katadata, pada tahun 2020 Indonesia kehilangan 270.000 hektare lahan hutan primer, baik karena perluasan lahan yang terencana untuk industri maupun yang tidak terencana karena kegiatan ilegal atau kebakaran hutan yang disengaja maupun tidak disengaja. Walaupun jumlah ini terus menurun dari 4 tahun sebelumnya, namun Indonesia perlu memperkuat langkah-langkah perlindungan hutan untuk mempertahankan pencapaian positif ini.

Grafik Kehilangan Hutan Primer Indonesia, 2002 – 2020 | World Resource Institute

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukkan hasil yang signifikan setiap tahunnya. Namun hasilnya masih jauh dari luas hutan yang hilang, dan tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk pulih. Oleh sebab itu, yang harus kita sadari segera adalah bahwa Memelihara Alam Adalah Tugas Kita Semua.

Aksi Menjaga Hutan Indonesia

Kita harus menyadari bahwa Hutan itu ada, dan kita adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Hutan. Menjaga Hutan Indonesia adalah tugas seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya pemerintah ataupun masyarakat adat yang tinggal di Hutan. Mari kita bergerak dan menjadi #TeamUpforImpact dalam menciptakan tempat yang nyaman untuk ditinggali. Kita bisa melakukan hal-hal sederhana yang bisa berdampak.

1. Mengurangi Penggunaan Kertas

Beralih ke E-Paper | Design by myself

Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah mengurangi penggunaan kertas. Pandemi yang terjadi belakangan ini, membuat kita memanfaatkan teknologi dalam mencatat segala hal. Dengan menekan produksi penggunaan kertas yang berasal dari pepohonan dan hutan, hutan akan menjadi tetap terjaga kelestariannya.

2. Mengikuti Aksi Peduli Hutan

Menanam Mangrove | Dokumen Pribadi

Kita bisa mengikuti aksi nyata untuk melindungi hutan, misalnya menanam mangrove. Sudah banyak komunitas peduli hutan dan lingkungan yang mengadakan kegiatan ini secara berkala. Dengan bergabung dan bersama-sama melakukan penanaman mangrove, kita bisa turut serta menjaga hutan untuk tetap lestari.

Baca juga: Lawan Perubahan Iklim

3. Berkampanye di Media Sosial

Berkampanye di Media Sosial | Design by myself

Kita tidak perlu menjadi artis ataupun selebgram untuk menyebarkan hal baik. Selama yang kita bagikan adalah narasi positif yang bermanfaat dan memberi inspirasi, kita bisa memulainya dari sosial media. Dengan melakukan hal ini, kita berkontribusi dalam menyebarkan dan meningkatkan awareness untuk menjaga hutan kepada masyarakat.

4. Mendengarkan lagu #DengarAlamBernyanyi

Mendengarkan Lagu #DengarAlamBernyanyi | Design by myself

Hal termudah yang bisa kita lakukan adalah mendengarkan lagu “Dengar Alam Bernyanyi” karya Laleilmanino bersama Chicco Jerikho, Hivi! & Sheila Dara. Lagu ini adalah sebuah lagu yang menyuarakan optimisme bahwa kita semua memegang kendali dalam menjaga alam. Dengan mendengarkan lagu ini di platform musik seperti Spotify dan Apple Music, maka kita turut berkontribusi dalam perlindungan hutan Indonesia lho!

Penutup

Menjaga Hutan Indonesia dan keanekaragaman hayati yang ada didalamnya adalah hal yang sangat penting. Hal ini menjadi salah satu solusi untuk pembangunan bekelanjutan mulai dari perubahan iklim, kesehatan, ketahanan pangan dan air, serta mata pencaharian yang berkelanjutan.

Tidak ada kata terlambat untuk masyarakat, khususnya anak muda bergerak untuk menyelamatkan bumi. Mari bersama-sama Jaga dan Lindungi Hutan Indonesia #UntukmuBumiku dengan tindakan nyata. Salam lestari!

“Saat kita mencintai seseorang, hal itu harus dibuktikan bukan hanya dengan kata-kata tapi juga perbuatan nyata. Sama halnya dengan mencintai Hutan Indonesia, mari kita lakukan aksi nyata yang berdampak”

Jastitahn

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

17 thoughts on “Mendengar Alam Bernyanyi: Jaga Aku, Ku Jaga Kau”

  1. Membaca tulisan ini, saya lebih terpesona pada gaya bahasa menulisnya Mba Jastitahn. Rupanya bisa sebuah tulisan artikel blog itu tetap menarik dibaca dan mengalir luwes dengan bahasa formal. Ini seperti mutiara di lautan samudera.. really appreciate your works, tetap konsisten dengan tata bahasa yang benar, di tengah alam dunia maya yang makin merusak bahasa formal dengan bahasa alay.

    Like

  2. Salud dengan anak muda Laleilmanino memberikan apresiasinya pada bumi denagn menciptakan lagu “Mendengar Alam Bernyanyi”. Alam ini terutama alam Indonesia wajib dijaga kelestariaannya oleh kita semua agar tidak punah

    Like

  3. Gak nyangka yaa…
    Dengan mendengarkan lagu “Dengar Alam Bernyanyi” kita bisa ikut dalam melestarikan hutan di Indonesia.
    Selamat Hari Hutan.
    Semoga semua masyarakat Indonesia bisa teredukasi dengan tujuan yang sama dan pada akhirnya bersinergi dalam kebaikan menjaga hutan dengan eco lifestyle.

    Like

  4. Manusia bumi bermimpi untuk pindah ke planet lain karena bumi sudah dinilai tidak nyaman untuk ditinggali. Hal ini berkaitan dengan perubahan iklim yang ekstrim. Tapi banyak orang lupa kalau manusia adalah utama perubahan ekstrim tersebut. Biar bagaimanapun bumi adalah tempat terbaik bagi manusia, hewan, dan tumbuhan.

    Like

  5. Sebagai anak muda, memang sudah seharusnya menjaga hutan kita yang kaya ini untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya. Yuk kita sama sama jaga dan lindungi hutan kita

    Like

  6. hutan di Indonesia makin berkurang. menurut saya, salah satunya karena makin masifnya perkebunan kelapa sawit. belum lagi dampak yang ditimbulkan termasuk orang utan yang kehilangan habitatnya. Semoga pemerintah ke depannya makin aware terhadap hal ini.

    Like

  7. wah baru tau ada hari hutan indonesia. sebentar lagi pula yaa. emang harus menjaga dan melestarikan hutan kita yang kaya banget ini

    Like

  8. Ga jarang kita denger berita tentang kebakaran hutan, penggundulan hutan, dan beragam cara oknum mengeksploitasi hutan lainnya. Mereka yang pertama kali merasakan dampaknya adalah orang orang yang tinggal di sekitar hutan, tapi bagi kita yang tinggal di dekat perkotaan, seringkali kita tidak merasakan dampaknya secara langsung sehingga masih banyak yang menyepelekan tindakan-tindakan yang dapat melindungi hutan.

    Jangan sampai kita merasakan dulu dampak besarnya baru mau bergerak, mulai dari sekaarang, mulai dari diri sendiri. Sekecil apapun usaha kita pasti berarti buat lingkungan dan hutan kita.

    Like

  9. Waahh yuk mari kita sama-sama jaga dan sayangi hutan kita ini. Hutan juga merupakan salah satu sarana untuk kehidupan makhluk hidup. Penebangan hutan atau deforestasi telah mengancam beberapa ekosistem paling berharga yang hidup di bumi :(. kalau bukan kita siapa lagi

    Like

  10. wah baru tau ada lagu dengar alam bernyanyi! yuk kita berkontribusi demi mewujudkan Hutan Indonesia hijau dan terus lestari🌳

    Like

  11. Waah ku suka banget sama lagunya demgar alam bernyanyi. Baru tau kalo ternyata dengerin lagu ini ikut berkontribusi dalam perlindungan hutan Indonesia yaa. Keren! Ayo kita sama sama jaga hutan biar tetap lestari untuk generasi berikutnya

    Like

  12. Kita harus mulai banyak menyebarkan awareness tentang kepedulian masyarakat terhadap kondisi hutan kita di Indonesia

    Like

  13. Yuk kita mulai dari hal yg kecil, Seperti mengurangi pemakaian kertas, Walaupun hal kecil, tapi, berdampak besar loh untuk hutan kita #YukGoGreen 👍

    Like

  14. Hal sederhana kalo dilakukan konsisten oleh jutaan orang pasti akan memiliki dampak yang besar bagi Hutan sebagai sumber kehidupan. Sama sama jaga Hutan Indonesia biar tetap asri agar bisa dirasakan sampai cucu cicit nanti

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s