Wulenpari, Wisata Pinggir Kali yang Asri dan Menyejukkan

Jogjakarta memang tak pernah ada habisnya untuk menyuguhkan destinasi wisata yang bikin pengunjung dari dalam maupun luar kota tertarik untuk datang. Salah satunya adalah Wulenpari – sebuah destinasi wisata di Gunung Kidul yang menyediakan resto, homestay, menyusuri kali dengan perahu, dan lainnya 

Lokasi Wulenpari

Tempat wisata ini terletak di Jelok, Beji, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Kurang lebih berjarak 26 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1-1,5 jam berkendara.

Sesampainya disini, untuk bisa ke restonya kita harus melewati jembatan gantung terlebih dahulu, yang kemudian dilanjut dengan jalan kaki sejauh 300m, melewati pinggiran Kali Oya, dan pepohonan di kanan kiri.

Terciptanya Wulenpari

Waktu nanya ke mas yang ada di resto, ternyata terciptanya Wulenpari ini karena banjir pada November 2018. Lalu masyarakat disini melakukan gerakan revitalisasi Kali Oya yang menanam pohon pada bantaran sungai, dilanjut dengan memperbaiki dan membuat jembatan baru, beberapa camp, rumah untuk tempat berkumpul. Yang kemudian secara perlahan membuat Wulenpari ini, dengan mengedepankan potensi yang dimiliki namun tetap mengikuti perkembangan zaman. Nah beberapa aktifitas yang bisa kita lakukan disini, yaitu:

  • Menyusuri Kali Oya dengan Perahu

Lokasi wisata Wulenpari bersampingan langsung dengan Kali Oya. Kita hanya perlu membayar Rp15.000 per orang, untuk dapat menyusuri Kali Oya menggunakan perahu.

Selama menyusuri Kali Oya ini, kita dimanjakan dengan keindahan perbukitan hutan jati, tapi sayangnya karena musim hujan, airnya coklat 😦 padahal bagus sekali kalau warnanya hijau. 

  • Kuliner Pedesaan

Kita bisa menikmati berbagai menu makanan dan minuman tradisional khas Jawa yang manis, gurih, dan pedas karena rempah-rempahnya. Ditambah dengan viewnya pun mendukung, rasanya asyik banget!

Harganya pun cukup terjangkau. Untuk minumannya mulai dari harga dari Rp7.000 saja. Sedangkan makanan dimulai dari Rp15.000.

Untuk bangunan disini berkonsep vernakular, yaitu konsep desain bangunan yang mengadopsi unsur tradisi lokal dan kondisi lingkungan setempat seperti unsur budaya, sosial ekonomi, kondisi iklim, hingga penggunaan material.

Baca juga: Jembarati – Hidden Resto in Yogyakarta

  • Homestay

Disini juga tersedia homestay yang dibuat dengan model klasik tradisional. Tentunya akan membuat pengalamanmu di Wulenpari menjadi lebih menyenangkan. Harganya masih terbilang murah, kata mas nya disana, harga per malamnya mulai dari 400ribu hingga 1,5 juta.

  • Seni Tradisional

Katanya kalau berkunjung di akhir pekan, kita akan disambut dengan alunan musik tradisional yang syahdu. Dan bisa ikutan bermain alat musiknya.

Mengunjungi Wulenpari ini cukup seru! Selain banyak aktivitas yang bisa dilakukan, suasana disini pun cukup nyaman. Menikmati alam terbuka bersama dengan orang-orang tersayang, dengan suasana asri disekitarnya membuat perjalanan semakin syahdu. Selamat berlibur~


Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

19 thoughts on “Wulenpari, Wisata Pinggir Kali yang Asri dan Menyejukkan”

  1. wah, malah sudah sampai wulen pari. saya yang rumah tidak jauh dari sini saja sudah lama sekali ke wulen parinya.

    salam
    jarwadi

    Like

  2. Keren,, jadi kepincut pngen ke jogja. Kata tmen² yg dlu sutudy di sana, biaya hdup nya murah ya mbak,, udh gtu banyak plihan kuliner lagi.. hehe.. smg suatu saat bsa berkunjung,, aamiin

    Like

  3. Hiiii.. jdi rindu yogya. Kalo udah kesana sekali suka ketagihan, karena saking banyaknya tempat yang ingin dikunjungi..

    Btw ini nuansa tempatnya pedesaan bgt, teduh rasanya yaaa

    Like

    1. Yogya emang selalu punya cerita yaa kak 😀 apalagi skrng banyak banget wisata yang bagus-bagus. Jadi pengen didatengin satu-satu tapi terkendala dengan waktu xixie Kalo di wulenpari ini iyaa teduh sekali.. nyaman juga tentunya

      Like

  4. wiii main kesitu bisa merasakan suasana tradisional jawa yaa. mudah-mudahan bisa kesana suatu saat haha ☺

    Like

  5. Keren wow.. jd pengen jalan2 & healing..

    Keinget bgt klo sya suka bgt jalan & menikmati pemandangan alam sekitar 👏👏

    Artikel & blog nya keren.. smoga semakin berkembang

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s