Pantai Oeseli, Primadona dari Ujung Selatan Indonesia

Semakin menjelajahi setiap seluk beluk Pulau Rote hingga ke ujung selatannya, pesona dan potensi keindahan alamnya pun semakin menarik untuk ditelusuri. Dari deretan pantai selatannya Rote, terdapat sebuah pantai yang memiliki air yang tenang, Pantai Oeseli namanya. Pantai ini dikelilingi dan dihiasi oleh bebatuan karang cadas yang bertumpuk, tampak sebuah pantai berbentuk seperti teluk dengan hamparan pasir putihnya serta berair sangat jernih, bersih dan belum tercemar.

Pantai Oeseli

Tidak seperti Pantai Nemberala yang terkenal sebagai pantai untuk surfing karena memiliki gulungan ombak yang mempesona, Pantai Oeseli cenderung lebih tenang dengan ombak dan gelombang yang tidak besar sehingga sangat nyaman untuk melakukan aktivitas berenang atau sekedar bermain air. Perpaduan hamparan pasir, lautan biru, angin sepoi-sepoi, dan merdunya ombak yang menghantam karang seakan menghipnotis dan bikin betah menghabiskan waktu berlama-lama disini.

Lokasi Pantai Oeseli

Letak pantai ini berada di tepian ujung pulau, sehingga menjadikan pantai ini sedikit tersembunyi. Pantai ini terletak di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, di Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Keunikan Pantai Oeseli

1. Menjadi Pintu Masuk Telaga Nirwana

Pantai Oeseli ini sebagai pintu masuk jika kita ingin berkunjung ke Telaga Nirwana. Kita bisa menyewa kapal nelayan untuk mengantarkan ke telaga yang super cantik tersebut. 

Pantai Oeseli

2. Terdapat Kampung Merah Putih

Untuk memasuki Pantai Oeseli, kita akan melewati sebuah kampung yang disebut sebagai Kampung Merah Putih. Dinamakan Kampung Merah Putih karena kampung ini sengaja di cat dengan warna merah putih. Dari mulai rumah hingga batang pohon kelapa. Unik sekali bukan?

Kampung Merah Putih

3. Ada Pohon Jomblo

Di Pinggir Pantai Oeseli, terdapat satu pohon yang terpisah dengan pohon lainnya. Makanya dinamakan Pohon Jomblo. Penamaan pohon ini pun diberikan oleh artis Titi Kamal yang pernah datang ke pantai ini. Sejak saat itulah, pohon ini seakan menjadi spot foto bagi yang berkunjung kesini.

Fasilitas Pantai Oeseli

Di Pantai Oeseli ini tidak terdapat fasilitas penunjang apapun di sekitar kawasan pantai, hanya terdapat beberapa warung kecil di desa yang menjual minuman dan makanan ringan. Untuk penginapan juga sepertinya masih belum tersedia. Sehingga bagi yang hendak bermalam dapat menuju Nemberala karena di sana lebih banyak pilihan penginapan dengan harga yang bervariatif.

Pantai Oeseli menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi kalau kamu menapaki kaki di pulau Rote. Pantai dengan pasir putih yang belum tercemar dan ombak yang tenang membuat kita betah untuk bisa menikmati keindahannya. Selamat berlibur~

Cheers,

Jastitahn

Advertisement

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

9 thoughts on “Pantai Oeseli, Primadona dari Ujung Selatan Indonesia”

  1. Pulau Rote ternyata cantik sekali ya Kak. Dan banyak sekali pantai indah yang wajib dikunjungi. Lautnya yang benar-benar biru, pasir putih terhampar bebas. Duh, mudah2an bisa ikutan datang ke tempat-tempat eksotis seperti ini.

    Like

  2. Keren nih mbak jastitah, selalu membagikan kegiatan travelling-nya & menceritakan kisahnya secara detail.. dan biasanya akan dibagikan juga informasi utk akses menuju lokasi yg telah dikunjungin oleh Mbak Jastitah..

    Smoga semakin berkembang ya blog nya

    Like

  3. indah sekali pantainya.. entah kapan saya bakal liburan ke pantai, seumur hidup hingga usia menyentuh angka 40, saya belum pernah liburan di pantai.. wkwkwk.. mendaki gunung malah pernah, tapi sepertinya saya tidak berjodoh dengan pantai.. mahaha..

    Like

  4. Buat yang jomblo, gak usah khawatir. Pohon aja masih jomblo kok. Biar truk aja yang gandengan, gapapa. Wkwkwk

    Bening banget airnya, jadi pengen nyebur gak sih kak. Uhhh~

    Like

  5. Kok sedih ya..jadi pohon jomblo di Pinggir Pantai Oeseli..
    hehehe~
    Pantai Oeseli ini vibesnya mirip-mirip tempat syutingnya “Heart” yaak.. yang pas ketemu pasangan kura-kura.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s