Goa Kristal, Surga Tersembunyi di Nusa Tenggara Timur

Pernahkah kamu berkunjung ke sebuah Goa? Goa merupakan sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam yang beberapa bagian di dalamnya tidak menerima cahaya matahari. Biasanya goa berisi sarang kelelawar, genangan air, dan stalaktit.

Saat aku berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, tepatnya Kupang, ada sebuah Goa yang memiliki air yang jernih berwarna biru bagaikan kristal yang berkilau. Namanya Goa Kristal. Goa kristal adalah salah satu surga yang tersembunyi, yang saat ini menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi ketika berada di Kupang.

Lokasi Goa Kristal

Goa Kristal berada di Desa Bolok, Kec. Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Akses ke Goa Kristal

Akses ke Goa Kristal sebenarnya tidak sulit. Dari pusat Kota Kupang perjalanan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit berkendara. Dengan berpatokan pada Kantor Dit Polair Polda NTT di Pelabuhan Bolok, kemudian kita akan memasuki sebuah jalan kecil dan menemukan tulisan Wisata Goa Kristal pada sebelah kiri jalan. Lokasinya berada di pinggir jalan dan masih belum dibuat sarana yang lebih baik dari saat ini. Kita bisa memarkirkan kendaraan kita di depan atau di samping sebuah rumah.

Lalu, dari parkiran kita harus berjalan sekitar 500 meter untuk tiba di pintu masuk goa. Biasanya Goa Kristal ini mulai dibuka pukul 11.00 – 17.00. Karena di waktu tersebut, matahari sedang bersinar terang sehingga cahaya matahari bisa masuk kedalam Goa untuk menerangi.

Goa Kristal
Jalanan untuk Menuju Pintu Masuk Goa Kristal

Waktu tiba di Goa Kristal ini, waktu masih menunjukkan pukul 10.00, namun jangan khawatir di pintu masuk Goa Kristal ini tertera contact yang bisa dihubungi. Nantinya guidenya akan langsung datang menemani kita menuju dasar Goa dengan membawa beberapa senter.

Goa Kristal
Pintu Masuk Goa Kristal

Memasuki Goa Kristal

Di bibir Goa Kristal, terdapat tulisan Welcome To Goa Kristal. Kemudian begitu memasuki Goa Kristal ini kita harus membuka alas kaki. Hal ini dikarenakan batu-batu yang akan kita injak licin.

Goa Kristal
Welcome To Goa Kristal

Menuruni Goa Kristal hingga ke dasar sepanjang 20 – 25 meter ternyata cukup menantang dan menegangkan. Tentunya juga melewati bebatuan besar dan terjal. Guide nya memberi arahan kepada tamu yang berkunjung tentang pijakan kaki mana yang seharusnya di injak. Beberapa bebatuannya memang cukup licin, sehingga kita harus berhati-hati dan mencari pegangan tangan pada batu lainnya.

Baca juga: Goa Sarang, Sabang

Goa Kristal
Bebatuan yang dilewati untuk mencapai Goa Kristal

Begitu sampai di dasar Goa, guide langsung memasang senter pada sebuah dudukan lampu, agar air didalam goa terlihat. Dan memang airnya berwarna biru dan sangat bersih juga jernih. Airnya terasa payau (campuran air tawar dan air laut) dan katanya air di dalam goa ini tersambung hingga ke laut. Kolam airnya tidak besar, hanya sekitar panjang 10m dengan lebar 3m, dan kedalaman 10m – 15m.

Di Goa Kristal ini kita bebas untuk berfoto, berenang, melompat dari batu ataupun sekedar bermain air. Segarnyaaa!

Ketika pancaran sinar matahari masuk melalui celah-celah gua dan memantulkan cahayanya hingga dasar air, disitulah kita akan melihat kilauan warna biru yang menakjubkan bagaikan kristal. Sungguh indahnya!

Goa Kristal
Goa Kristal

Letak Goa Kristal ini berada di dalam celah Goa Karst. Kita bisa melihat pemandangan dinding-dinding goa yang dipenuhi dengan stalaktit dan ada beberapa kelelawar juga.

Harga Tiket Goa Kristal

Harga tiket masuk Goa Kristal sebesar Rp 5000/ orang, dan untuk guidenya adalah Rp 100.000

Fasilitas Goa Kristal

Di Goa Kristal ini belum memiliki fasilitas apapun yang memadai. Bahkan warung pun tidak ada. Untuk mandi pun, kita masih harus menumpang ke rumah yang dijadikan sebagai tempat parkir.

Penutup

Goa Kristal menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi jika berkunjung ke Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dengan kilauan birunya dan segarnya air di Goa Kristal ini, membuatku bahagia dan bersyukur bisa datang kesini. Semoga wisata Goa Kristal ini bisa mulai dan harus diperhatikan lagi oleh pemerintah setempat. Yuk rencanakan liburanmu kesini. Selamat berlibur~

Cheers,

Jastitahn

19 thoughts on “Goa Kristal, Surga Tersembunyi di Nusa Tenggara Timur

  1. Ya ampun, indahnya. Senang banget ya bisa berkunjung ke Goa Kristal di Kupang Nusa Tenggara Timur. Saya belum pernah ke Kupang. Ternyata banyak tempat wisata menarik di sana ya.

    Like

  2. Whoa!! Waktu ke Kupang, aku cuma main di pinggir pantai. Sayang banget gak sempat mampir ke Goa Kristal ini. Beneran airnya biru jernih gitu loh*

    Btw itu fee guide’a mahal juga ya? Apa karena akses masuknya yang sulit atau jarak tempuh kah??

    Like

  3. Letak kemajuan dari pariwisata ini ada di tangan pemerintah yaa..
    Dan unik sekali cara memasuki tempat wisata Goa Kristal. Dengan menghubungi no WA yang sudah dicantumkan. Karena kalau sendiri dan gak paham medan juga sangat membahayakan pengunjung yaa..

    Like

  4. semoga nantinya goa Kristal bisa dikembangkan lagi saran dan prasarananya. Sayang banget kalo ga ada kemajuan ke depan. Dilihat dari akses jalan memang-memang benar-benar tidak mendukung.

    Like

  5. Wow keren banget ya Goa Kristal di Kupang. Airnya jernih dan biru. Sekarang ini sulit ya mendapatkan air biru. Sayangnya disini belum ada fasilitas memadai. Semoga kedepannya ada perhatian dari pemerintah setempat ya

    Like

  6. Keren goa nya.. airnya jernih bgt & kayanya bagus nih kalo jd spot foto 😀

    Cuma sayang ya fasilitas pendukung masih blum dilengkapin, tp bagusnya malah jd lebih natural & gk dirusak pengunjung sih kondisi goa nya..

    Makasih ceritanya ya mbak jastitah

    Like

  7. Cantik sekali. Saya belum pernah ke goa, tapi lihat-lihat di film-film banyak goa yang menyeramkan. Tapi yang ini cantik banget ya airnya apalagi kena cahaya matahari… waaah… masyaAllah

    Like

  8. Menarik sekali tiap menyimak kisah perjalanan org lain ke suatu tempat. Apalagi saya sendiri belum pernah kesana. Bagus banget ya airnya. Walaupun effort kesana lumayan juga kayaknya ya. Tapi terlihat seru. Semoga bs berkunjung kesana suatu saat.

    Like

  9. takjub sama airnya.. bagus baget biru jernih, apa lagi pas lihat contur di bawah airnya yang bebatuan, keren banget sih.

    Like

  10. Hmmm.. apakah ini tempat Count Monte Christo menemukan harta karun peninggalan bajak laut spanyol? atau jangan-jangan tempat Jack Sparrow menyembunyikan harta karun yang terkena kutukan.. hahaha…

    Like

  11. Wah keren ini Goa, dari foto2 nya sih cantik banget, namun memang mungkin belum dikembangkan secara maksimal untuk obyek wisata ya, semoga ke depannya bisa lebih berkembang.

    Like

    1. Belum pernah ke kupang, makan kupang sih udah (bercanda). 🤭
      Lokasinya keren, nyempil dan air e juernih. Mirip sama sumber air di NZ. Apalagi kalau tempatnya sunyi, jadi berasa tenang. 😇

      Like

Leave a comment