Tempat Wisata di Malang

Selalu ada cerita dalam setiap perjalanan. Selalu ada moment tersendiri yang bisa dinikmati dan dikenang didalam hati

Malang adalah salah satu kota di Indonesia yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal. Bagaimana tidak, Malang memiliki daya tariknya sendiri yang membuat para pelancong berdatang kesini tanpa henti. Selain karena terkenal dengan wisata Gunung Bromo, Malang juga memiliki banyak lokasi wisata yang bisa kita kunjungi loh! Selain ke Gunung, di kota ini pun kita bisa menikmati wisata pantai, curug, air tejun hingga ke kebun sayur!

Beberapa waktu lalu, aku bersama teman-teman yang awalnya strangers pergi ke kota ini. Menggunakan kereta api yang perjalanannya tergolong cukup lama, tapi aku menikmati segala perjalanan ini. Dan inilah beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi.

Brakseng

Brakseng adalah hamparan kebun pertanian yang terebentang luas! Juga dengan nuansa sejuk dan asri dipandang mata. Unik sekali bukan? Konsep per tata-letakannya pun sama seperti perkebunan teh. Disini kita bisa berjalan mengelilingi kebun pertanian ini, menjumpai sayur-sayuran yang ditanam yang terlihat segar dan menggiurkan. Selain itu, banyak spot foto menarik yang bisa dijumpai.

Coban Talun

Coban Talun adalah hulu dari Sungai Brantas yang tidak akan pernah surut walau musim kemarau datang. Debit air yang dihasilkan pun cukup deras pada saat musim kemarau. Saat musim penghujan, debit airnya akan semakin deras sehingga menambah pesona Coban Talun sendiri.

Coban Talun
Coban Talun
(Photo from Google)

Setelah puas menikmati air terjun, saatnya menikmati suasana berbeda di kebun bunga yang berada tidak jauh dari Coban Talun. Ada berbagai macam bunga dengan warna-warni yang sangat menarik. Bunga-bunga ini bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto loh!

Coban Talun
Coban Talun Garden
(Photo from Google)

Tumpak Sewu

Tumpak Sewu adalah air terjun berada di kabupaten Lumajang, dengan ketinggian 120meter. Untuk mencapai kesini, diperlukan kurang lebih waktu 2 jam dari kota Malang. Menurut info-info yang beredar, keindahan air terjun tumpak sewu ini sangat memukau. Percikannya yang menyejukkan dan debit air yang cukup deras. Air terjun ini pun mendapat julukan Niagaranya Indonesia loh! Tiket masuk ke lokasi inipun cukup murah, yaitu sebesar Rp 10.000. Untuk bisa ke lembahnya, perjalanannya masih cukup terjal. Sehingga diperlukan dresscode yang proper jika berkunjung kesini yaa!

Tumpak Sewu
Tumpak Sewu Waterfall

Goa Tetes

Tak jauh dari air terjun tumpak sewu, ada yang namanya Goa Tetes. Keduanya melintasi aliran sungai yang sama. Lokasi Goa Tetes persis tersembunyi di balik air terjun, rembesan air terjun mengalir memasuki mulut gua dan merembes diantara dinding-dinding gua, proses inilah yang menjadikan latar belakang penamaan Goa Tetes.

Goa tetes
Goa Tetes
(Photo from Google)

Pantai dan Bukit Teluk Asmara

Pantai ini sepi dan tergolong pantai baru! Disini kita akan dimanjakan dengan pemandangan teluk-teluk yang mengililingi pantai. Banyak yang menyebut: “Pantai teluk asmoro raja ampatnya Malang“ loh!

Bukit Teluk Asmara
Bukit Teluk Asmara

Pemandangan pasir putih yang membentang luas dipadukan dengan gulungan ombak yang datang menghampiri bibir pantai, membuat siapa saja betah berada berlama-lama disini untuk sekedar berenang, bermain air maupun bersantai me-refresh otak. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya sebesar Rp 10.000 dan jika kita mau naik keatas bukitnya, dikenakan biaya sebesar Rp 5000 lagi.

Bukit Teluk Asmara
Bukit Teluk Asmara

Pantai Tiga Warna

Sesuai dengan namanya, Pantai Tiga Warna memiliki gradasi dari tiga warna, yaitu biru, hijau, dan coklat kemerahan. Warna-warna tersebut berasal dari kedalaman permukaannya, biru pada sisi terdalam, hijau pada sisi terdangkal, dan coklat kemerahan pada pasir pantai putih dengan air jernih.

Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna

Untuk masuk ke kawasan Pantai ini harus mendapatkan izin Clungup Mangrove Coservation, karena Pantai ini terletak di dalam wilayah konservasi (mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung). Kita perlu melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum ke pantai ini. Dan juga diwajibkan menyewa pemandu wisata Rp 150.000 per rombongan. Tentunya sudah bisa dipastikan kalau Pantai ini sangat terjaga kebersihannya.

Nah itulah beberapa wisata yang bisa kamu kunjungi di Malang. Tentunya setiap wisata memiliki keunikannya tersendiri. Selamat ber-explore ria!

Cheers,


Jastitahn

4 thoughts on “Tempat Wisata di Malang

  1. Malang salah satu tempat favorit saya. Beberapa tahun tinggal di sana rasanya kaya sehari-hari wisata terus, karena saya tinggalnya di desa dengan view sawah dan gunung, dekat sungai juga. Saya suka model jualan bakso gerobaknya, boleh ngambil sendiri dan disediain sayuran selada banyak banget.

    Like

Leave a comment